Uncategorized, Universitas Gadjah Mada

Ilmu Hukum UGM (Enny)

Ilmu Hukum UGM (Enny)

Halo sobat intipers! Aku Enny Suryanti dari jurusan Ilmu Hukum UGM angkatan 2018. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, Jurusan Ilmu Hukum UGM itu seperti apa?

Kalau Hukum UGM sendiri semuanya berlandaskan asas, memang kalau di semester awal itu digenjot teori yang bener seperti apa. Kalau mitos, orang bilang ngafalin pasal kaya gitu gak dipaksa/dituntut untuk dihafalkan.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Seperti yang kita tau, UU, peraturan pemerintah, RKUHP, itutuh gak mungkin kita menghafalkan semua itu karena setiap tahunnya ada saja yang berubah. Dosenku pun bilang kalau hakim kalau mau mengadili, didepannya pasti ada peraturan perundang-undangan atau KUHP.

Apa yang jadi alasan masuk Jurusan Ilmu Hukum UGM?

Sebenernya ceritanya panjang banget. Dulu SMP sempet kepikiran untuk ambil hukum, pas SMA aku pengen lebih ke ekonomi, bisnis, dan aku bilang ke orang tua pengen ekonomi. Aku sebenernya mikir lagi karena aku kan MIPA, nanti harus belajar IPS. Kemudian aku berpikir pengen ambil arsitektur aja, terus orangtua lebih menyarankan ke hukum, dan teman-teman juga bilang aku lebih cocok ke hukum karena berani ngomong dan lain-lain.

Kemudian aku simpan pilihan hukum pilihan kedua, dan alhamdulillaah keterima nya di pilihan kedua. Darisitu aku berpikir bahwasannya pilihan aku belum tentu lebih baik, dan tuhan merencanakan yang lebih baik, dan aku juga bersyukur keterima di jurusan ini, daripada di jurusan dan universitas lain.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Kalau di hukum itu dari awal banget, kalian akan dikenalkan dasar kewarganegaraan, pancasila, ilmu hukum itu gimana, jadi kalau kalian yang lintas akan cepat menyesuaikan. Jadi yang berat-berat di semester atas.

Kalau mata kuliah yang khas itu PLKH, kaya kalian itu akan diajarkan simulasi sidang. Jadi wajib PLKH pidana, sama PLKH perdata, nanti kalian akan dikasih tugas buat membuat berkas perkara yang tebel, tapi itu kalian gak bikin sendiri jadi ada kelompoknya. Jadi paling enggak satu kelompok itu ada 18 orang, nanti kalian ada kelompok PLKH buat berkas perkara sama simulasi sidangnya sekali. Untuk PLKH yang lainnya pilihan, tapi untuk PLKH pidana dan sidang itu wajib.

Untuk bikin berkas perkara itu semester 5&6, jadi belum simulasi sidang karena masih online mata kuliahnya, dan sepertinya tidak akan efektif.

Praktikum di jurusan Ilmu Hukum UGM?

Itu mungkin kalau PLKH pilihan, yaitu ada PLKH klinik, dan kejaksaan, nanti terjun langsung ke kejaksaan, dan PLKH agama, penyusunan dokumen perizinan, yang nanti dipilih gitu. Minimal kalian milih 5 PLKH, yang 2 itu udah terisi sama yang wajib, dan 3 milih sendiri. Kalau aku ambil penyusunan dokumen perizinan, HKI (hak kekayaan intelektual).

kunjungan kelembagaan Justicia On Tour ke Jakarta

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Jadi di fakultas hukum sendiri yaitu cuman ada ilmu hukum, dan nanti di semester 5 ada 11 pilihan departemen yang bisa kalian pilih, tapi kalian pilih salah satu yang kalian pengen fokus di situ. Ada hukum agraria, pidana, agama, adat, perdata dibagi menjadi 5: perdata biasa, dagang, pajak, ketenagakerjaan, dan ada hukum internaional. Itu gak terlalu berpengaruh ke kerja, tapi emang mahasiswa ambil konsentrasi itu karena udah tau mau jadi apa kedepannya biar lebih mendalami.

Kalau aku ambil konsentrasi pidana, aku pertama tertarik dengan pidana karena bisa jalan-jalan ke FK, karena ada mata kuliah kedokteran kehakiman, psikiatri kehakiman, eh tapi jadinya online jadi kita gak belajar kesana. Selain dua itu, ada juga mata kuliah pembaharuan hukum pidana, eksekusi pidana, hukum perlindungan anak dan perempuan, sama politik kriminal, itu lebih ke pelaksanaan pidana, terus peradilannya gimana, lebih ke pengadilannya gitu. Kalau kedokteran kehakiman kita belajar visum, dan lain-lain. Kalau online dikasih fotonya udah ngeri.

Ada berapa jalur masuk di jurusan kamu?

Aku jalur masuk SBMPTN. Aku udah percaya diri gak masuk di jurusan ke IPAan, jadi aku belajar tentang IPS dan lintas pas SBMPTN. Kalau di UGM itu ada 4 pertama SNMPTN, SBMPTN, Mandiri, PBU (penelusuran bibit unggul) nanti calon mahasiswa yang mendaftarkan, nanti PBU itu ada 4 PBUB (juara internasional, nasional, provinsi), PBU tidak mampu, nanti ada syarat-syarat tertentu. Lebih lengkapnya di website UGM.

Ada tips buat mahasiswa baru Ilmu Hukum UGM?

Untuk tips buat maba yang baru masuk, semester 1-4 itu masih kaya gak terlalu sibuk banget, dalam artian kalian masih belajar yang dasr-dasarnya. Jadi banyak-banyakin organisasi, event, lomba, itu kejar terus, karena satu ciri kalau soshum itu CV nya, terutama hukum berlomba-lomba buat menuhin CV. Banyak-banyakin magang, karena di hukum UGM itu enggak diwajibin terserah kalian. Kebetulan aku udah dapet 2 magang, kayanya aku pengen cari lagi karena masih selow. Harus ada yang kamu tonjolkan selain IPK, karena saingan kamu itu banyak nanti di kerjaan.

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Kalau ngomongin prospek kerja, anak hukum itu dimana aja. Kamu bisa masuk kementrian, di HRD juga butuh hukum, kedinasan, itulah alasan masuk hukum peminatnya banyak banget. Bisa ke duta besar, pemerintahan. Salah satu alumninya gubernur jawa tengah, pak Ganjar. 

Apa harapan dan rencana setelah lulus?

Kalau rencana kedepannya skripsi sambil magang, karena magang penting. Setelah lulus insya allah aku pengen ke kementrian-kementrian, kalau memungkinkan pengen nyambi pelatihan-pelatihan advokat.

 

Q&A

  1. Objek penelitian skripsi di ilmu hukum itu bisa nanti meliputi apa aja?

Tergantung kalian ngambilnya konsentrasi apa. Kalau aku sendiri kepikirannya bagian pelaksanaan pidana, jadi nanti aku bakal lebih ke penegak hukum penuntut hukumnya. Kalau objeknya banyak banget, tadi yang 11 aku sebutkan. Bahkan ada yang bener-bener ketimpangan, dan bahas, tanya-tanya ke akademisi dan ke ahlinya. Jadi banyak banget sih.

  1. Kak untuk ingin menjadi pengacara, sebaiknya ambil konsentrasi apa?

Pidana, karena yang sesuainya tuh lebih ke pidana sih karena kalian akan diajarkan pelaksanaan, pembaharuan seperti apa. Kalau lawyer yang khusus bisnis itu mungkin ke pidana, jadi lawyer itu kan banyak ya. Tapi utamanya itu pidana.

  1. Gimana caranya bagi waktu belajar, organisasi dan lain-lain?

Untuk waktu organisasi dan belajar itu, kalau aku sendiri kalau ada ujian, responsi, itu aku belajarnya malem, kalau siang aku bener-bener full in buat organisasi, buat ketemu sam aorang, karena aku suka ketemu sama orang, sharing-sharing. Kalau aku sih menyesuaikan. Kenapa aku bisa tidur 3-5 jam itu karena ikutan organisasi dan kuliah tetep jalan. Kalau kuliah itu belajar buat manajemen waktu.

  1. Apa tantangannya selama kuliah ilmu hukum?

Sebenernya tantangannya itu, kayaknya aku belum menemukan tantangan seberat itu. Tantangan nilai mungkin sama temen. Kalau untuk fokus kuliahnya sih belum menemukan tantangan yang berat. Kalau tantangan mungkin pas PLKH, skripsi.

Kode konten: C628

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *