Hukum, Universitas Indonesia

Ilmu Hukum UI (Shamira)

Ilmu Hukum UI (Shamira)

Hallo sobat Intipers! Aku Syarifah Shamira Alhabsyi dari program studi Ilmu Hukum UI angkatan 2018. Kali ini aku akan sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan program studi/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi intipers yang ingin bertanya maupun diskusi bisa tinggalkan pertanyaan di kolom komentar ya. Kalau sempat akan dibalas dan jawabannya akan otomatis masuk ke email kalian kok. Pastikan sebelum bertanya kalian baca dulu artikel ini sampai selesai ya.

Secara umum program studi program studi Ilmu Hukum UI seperti apa?

Prodi Ilmu Hukum secara garis besar mempelajari tentang implementasi Undang-Undang atau peraturan di kehidupan sehari-hari. Jadi bukan hanya menghafal pasal saja, tetapi mengetahui kapan penggunaan undang-undang tersebut.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info program studi dan masuk perguruan tinggi follow instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 program studi per bulan. Klik Disini

Apa yang jadi alasan masuk program studi Ilmu Hukum UI?

Klik Gambar Di Bawah Jika punya masalah pribadi atau masalah kuliah yang ingin dikonsultasikan bersama mahasiswa Akhir Psikologi

intipkuliahcivi-min

Aku pribadi pengen jadi Notaris maka dari itu ambil Program Studi Hukum.

Apa saja jalur masuk di Universitas Indonesia?

Waktu tahun 2018 masuk ke UI, Program Studi Ilmu Hukum dibagi menjadi tiga yaitu Reguler, Paralel dan Kelas Internasional. Untuk jalur masuknya sendiri dibagi menjadi tiga yaitu SNMPTN, SBMPTN dan SIMAK UI. Nah aku diterima melalui jalur SNMPTN, waktu itu komponen penilaian bukan cuma dari nilai Rapor semester 1 sampai 5 tapi ada essay yang harus dibuat. Essay tersebut berisikan alasan kenapa kita mengambil jurusan Ilmu Hukum.

Adakah mata kuliah dan tugas khusus di Program Studi Ilmu Hukum?

Untuk semester 1 sampai 3 kita masih mempelajari Dasar-Dasar Ilmu Hukum, Analisis, ataupun mempelajari Asas-Asas Dasar. Sedangkan Semester 5 sampai 7 nantinya akan banyak praktek tentang Hukum Pidana, Hukum Perdata, dan Hukum Tata Usaha Negara. Nantinya kita akan belajar bagaimana tata cara peradilan dari mulai masuknya gugatan sampai dengan putusan.

Klik Gambar Di Bawah Jika Tertarik Masuk Grup Whatsapp untuk info konsultasi jurusan, info TO online, live jurusan, dsb.

iklan-wa-min

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di program studi ini?

Di Program Studi Ilmu Hukum UI ada 14 peminatan. Diantaranya yaitu Hukum Perdata, Hukum Pidana, Hukum Lingkungan, Hukum Ekonomi, Hukum Internasional dan masih banyak lainnya. Peminatan ini diambil ketika semester 3 sampai 5. Untuk aku sendiri mengambil peminatan hukum perdata.

Lihat vlog dari ribuan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Ada tips untuk mahasiswa baru program studi Ilmu Hukum UI?

Untuk Intipers yang sekarang mengambil kuliah Prodi Ilmu Hukum tips dari aku yaitu cari tau cara belajar kalian, karena nantinya akan banyak sekali tugas. Di Ilmu Hukum UI ada yang namanya PIR (Person In Realtion) yang berisi 3 sampai dengan 4 mahasiswa. Nah kalau PIR kita orang-orang yang semagat belajarnya, akan ngebantu kita buat semangat juga.

Bagaimana prospek kerja program studi ini?

Lulusan Ilmu Hukum banyak yang menjadi Dosen, Arbiter (orang yang menyelesaikan sengketa antar negara). Selain menjadi Hakim, Jaksa, Pengacara, alumni Ilmu Hukum juga bisa menjadi Konsultan, Notaris dan menjadi Legal Trafter di DPR.

Konten : C800

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published.

Lost your password? Please enter your email address. You will receive mail with link to set new password.