Hukum, Universitas Muhammadiyah

Ilmu Hukum Universitas Muhammadiyah Surakarta (Rokhman)

Ilmu Hukum Universitas Muhammadiyah Surakarta (Rokhman)

Halo sobat intip-kuliah. Perkenalkan Saya Rokhman Adi Putera Nugraha, biasa dipanggil Rokhman. Mahasiswa Program Studi Sarjana Ilmu Hukum Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) angkatan 2017. Pada kesempatan ini saya ingin membagikan pengalaman kuliah saya kepada teman-teman yang hendak melanjutkan studi ke Ilmu Hukum atau Fakultas Hukum. Hal yang akan saya ulas tentu berdasarkan pengalaman yang telah saya lalui sampai semester 6 ini di program studi sarjana ilmu hukum UMS. Tidak berlama-lama, kuy simak pengalaman saya.

Apa Yang Dipelajari Di Ilmu Hukum Universitas Muhammadiyah Surakarta

Sebelum menjelaskan mengenai apa yang dipelajari di ilmu hukum tentu saya akan kenalkan sapaan dari anak ilmu hukum yaitu Mahasiswa FH atau mahasiswa Fakultas Hukum, mahasiswa yang bebas bergaya dengan stel pakaian masing-masing ketika berada di lingkungan kampus, tetapi tetap memperhatikan kerapian dan kesopanan. Wow… keren banget bukan?

Berbicara tentang apa yang dipelajari di FH (fakultas hukum) tentu dari namanya bisa ditebak, yakni mengenai sebuah pengetahuan tentang hukum yang tidak luput dari sebuah aturan atau norma mengenai pedoman hidup dalam berbangsa dan bernegara. Khusus di Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Surakarta terdapat 4 konsentrasi yang fokus dari masing-masing konsentrasi tersebut berbeda. Empat konsentrasi tersebut akan dibahas nanti ya.

Slide5

Intinya garis besar dari materi yang ada di fakultas hukum adalah materi tentang yang selama ini ada dalam kehidupan bernegara yaitu hukum positif (hukum yang saat ini berlaku), hukum islam (hukum dalam pandang islam), penalaran hukum (hukum yang bersifat logis), filsafat hukum (teori yang mendasari alam berpikir dalam pengetahuan ilmu hukum) serta masih banyak hukum-hukum lainnya. Luarannya adalah agar mahasiswa dapat menerapkan ilmunya (ilmu hukum) dalam kehidupan sehari-hari. Bila teman-teman hendak masuk ke fakultas hukum dapat dipastikan akan paham beberapa konsep diantaranya yang paling mendasar konsep terbentuknya negara, konsep bernegara, konsep terbentuknya hukum, konsep struktural dari sebuah aturan yang paling tinggi hingga yang rendah, konsep bahwa hukum itu mengikat, memaksa, dan bila tidak dilaksankan akan ada sanksi, serta masih banyak lagi. Teman-teman akan dapat membedakan sebuah perbuatan yang kategorinya dilarang, diperbolehkan, atau diizinkan. Pun hal ini tidak luput dari pasal-pasal yang ada dalam perundang-undangan di Indonesia.

Tetapi teman-teman jangan salah tangkap dulu. Mahasiswa fakultas hukum tidak melulu soal hafalan undang-undang, tetapi kita di fakultas hukum diwajibkan mempunyai undang-undang. Ingat, bukan menghafal.

Mata Kuliah dan Tugas Khas Yang Ada Di Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Surakarta

Perlu diketahui dalam pendidikan sarjana mempersyaratkan mahasiswanya untuk menyelesaikan 144 – 160 SKS, wow… banyak ya?

Tetapi untuk Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Surakarta mematok mahasiswa agar menyelesaikan 148 SKS untuk dapat diwisuda.

Jangan berpikir berat dulu. Perlu diketahui SKS merupakan kepanjangan dari satuan kredit semester. Tiap mata kuliah terkadang ada yang memiliki bobot 2 sks ada juga yang 4 sks. Kebanyakan 2 sks untuk di FH UMS.

ilmu hukum ums

kegiatan penanganan perkara agama kasus perceraian

Nah…, rata-rata untuk mata kuliah di fakultas hukum UMS memiliki tugas yang relatif sama. Tugasnya yaitu menganalisis sebuah kasus artinya kita mahasiswa FH harus dapat memposisikan diri seperti sosok hakim dalam sidang pengadilan. Hal ini akan sangat terasa ketika kita memperoleh mata kuliah praktik disebut mata kuliah Penanganan Perkara (PP). Di FH UMS terdiri dari Pidana, Perdata, Agama, Tata Usaha Negara, Konstitusi. Mata kuliah tersebut adalah mata kuliah wajib yang harus diambil oleh mahasiswa fakultas hukum.

Sampai sejauh ini saya baru menyelesaikan 3 PP yaitu Perdata, Agama, dan Konstitusi. Ketiga-tiganya memiliki kesan tersendiri sebab kita diminta oleh Dosen untuk membuat kelompok yang nantinya akan berperan sebagai Hakim, Panitera, Ahli, Pemohon, Kuasa Hukum, dan Saksi. Kemudian kita praktekkan seperti layaknya sebuah persidangan di pengadilan. Ini juga merupakan kolaborasi dari hasil yang kita peroleh dari mata kuliah-mata kuliah tentang pedoman beracara dalam persidangan.  Wow…, teman-teman bisa bayangin dong betapa asiknya! Ditambah lagi ada juga mata kuliah yang mengajarkan kita tentang teknik pembuatan undang-undang, teknik pembuatan kontrak, arbitrase (penyelesaian sengketa di luar pengadilan), dan masih banyak lagi.

Konsentrasi Yang Disediakan Fakultas Hukum UMS 

FH UMS memberikan 4 konsentrasi yaitu terdiri dari Pidana, Perdata, Hukum Tata Negara-Hukum Administrasi Negara, dan Hukum Islam. Empat konsentrasi tersebut tidak nampak perbedaannya dalam pengambilan  mata kuliah.

Konsentrasi yang ada di Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Surakarta akan nampak ketika mahasiswa tersebut telah mengambil skripsi. Hal ini artinya mata kuliah wajib diambil oleh mahasiswa fakultas hukum secara keseluruhan baik itu merupakan sub bab dari mata kuliah Pidana, Perdata, Hukum Tata Negara, Hukum Administrasi Negara, dan Hukum Islam. Sehingga konsentrasi ini nanti berlaku ketika telah mengambil sebuah mata kuliah yang disebut skripsi, disitu akan ada perbedaan mengenai objek dari segi permasalahan yang dibahas oleh skripsi tersebut. Misalnya pengambil skripsi konsentarsi HTN-HAN ini nanti akan berfokus pada masalah penerapan sebuah aturan perundang-undangan. Adapun Hukum Pidana konsentrasi membahas mengenai sebuah aturan mengenai sebuah hukuman. Perdata konsentrasi mengenai masalah berkaitan dengan sebuah perikatan, perjanjian, dan kesepakatan. Hukum Islam mengenai kaitanya dengan sebuah permasalahan agama baik berupa perkembangan agama Islam.

Tantangan-tantangan dan Cara Mengatasi Kesulitan Bagi Mahasiswa Baru Fakultas Hukum UMS atau Dari Universitas Selain UMS

Mengingat secara akademis teman-teman yang hendak mengambil studi lanjut ke Ilmu Hukum harus mempersiapkan diri dengan cara belajar secara dinamis dan mandiri. Belajar mengenai masalah hukum di Indonesia dengan memperdalam materi dari Pengantar Ilmu Hukum, Pengantar Hukum Indonesia, Ilmu Negara, serta Agama. Bila teman-teman sudah mempersiapkan diri dengan memperbanyak referensi belajar dengan sistem yang dinamis dan mandiri, saya rasa untuk melanjutkan studi ke ilmu hukum akan lebih siap. Tidak lupa belajar secara serius untuk mengenal Hukum Pidana, Perdata, Hukum Tata Negara-Hukum Administrasi Negara, dan Hukum Islam maka teman-teman akan dipastikan dapat memilih mata kuliah skripsi dengan sangat mudah karena telah mempersiapkan diri sejak dini. Dan tambahan ketika teman-teman sudah bermahasiswa kiranya punya timeline misalnya seperti saya. Semester 1-2 saya target untuk berorganisasi, semester 3-4 ikut kompetisi, semester 5-6 fokus skripsi, semester 7 wisuda.

Prospek Kerja dan Alumni FH UMS

Fakultas Hukum untuk prospek kerja lumayan luas. Bisa masuk di Kejaksaan, Pengadilan, atau menjadi Advokat (Kuasa Hukum), Perbankan, menjadi HRD (Human Resource Departement), Konsultan Hukum, dan masih banyak lagi. Alumni dari FH UMS tersebar di penjuru Indonesia. Ada yang menjadi Hakim, ada yang bekerja sebagai Advokat, ada juga yang bekerja di Perbankan BUMN. Saya rasa sangat luas cakupan dari Alumni FH UMS sehingga akan mudah juga bagi kita ketika setelah diwisuda hedak mau menjadi apa. Kita juga akan memperoleh banyak informasi dari Alumni FH UMS.

Rencana dan Harapan Setelah Lulus

Untuk rencana setelah lulus (wisuda) saya upayakan tetap konsisten belajar, membaca, dan menulis sebagai wujud tujuan saya berkuliah yaitu untuk ikut berpartisipasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Harapan saya setelah lulus (wisuda) rencana saya terealisasikan, selain terealisasi saya berharap untuk bisa menjadi salah satu Hakim di Indonesia.

Kode Konten: X112

 

Komen dibawah! 2

  1. Roheti

    Apa betul kuliah di Universitas Muhammadiyah ada target hapalan?

    • rokhmanadi19

      terimakasih telah bertanya, begini saudara/i Roheti dalam belajar di program studi sarjana di fakultas hukum universitas muhammadiyah Surakarta, mengenai target hafalan sepanjang saya menjadi mahasiswanya belum pernah FH UMS meminta saya untuk menghafal atau mengharuskan saya memiliki target hafalan. jelasnya menjadi mahasiswa di fakultas hukum UMS saudara/i akan diberikan pembelajaran berkaitan dengan analisis saudara/i dalam menyikapi suatu kasus dari gejala-gejala hukum.

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *