Hukum

Ilmu Hukum UNDIKSHA (Monica)

Ilmu Hukum UNDIKSHA (Monica)

Hello, Intipers. Perkenalkan nama saya Monica, saya mahasiswa jurusan Ilmu Hukum Universitas Pendidikan Ganesha (UNDIKSHA) angkatan 2017. Nah, disini saya ingin berbagi kepada Intipers semua tentang pengalaman kuliah saya selama 7 semester ini tentu saja di Ilmu Hukum. Yuk Intipers, simak pengalaman kuliah saya.

Apa ajasih yang dipelajari di Ilmu Hukum UNDIKSHA?

Nah, sesuai dengan namanya tentu saja kita akan mempelajari tentang Hukum. Di Ilmu Hukum ini kita akan belajar banyak hal mulai dari Hukum Perdata, Hukum Pidana, Hukum Internasional dan kawan-kawannya. Tapi jangan salah, Ilmu Hukum tidak melulu soal pasal kok, karena di Ilmu Hukum ini selain belajar secara teori kita akan terjun langsung ke lapangan atau praktik. Nah, bagian praktik ini yang paling seru dan tidak akan dilupakan seumur hidup karena ketika berpraktik kita akan menjadi seorang Hakim, Jaksa, Pengacara, dll. Kita juga akan praktik secara langsung di Pengadilan. Ilmu Hukum Undiksha menyuguhkan pembelajaran yang sangat menyenangkan dan tentu saja tidak membosankan karena setiap hari ada ilmu baru yang didapat. Ilmu Hukum Undiksha juga memberikan kapasitas pada kita untuk mengunjungi Pengadilan, Kejaksaan, Kantor Polisi, dll, untuk melihat secara langsung mekanisme kerja di masing-masing bidang tersebut.

unisa

Mata Kuliah dan Dosen Favorit Ilmu Hukum UNDIKSHA?

Ilmu Hukum Undiksha memiliki mata kuliah yang banyak sekali untuk dipelajari, seperti Hukum Kontrak, Hukum Acara Perdata, Hukum Acara Pidana, Argumentasi Hukum, Ilmu Negara, Hukum Pidana, Hukum Perdata, Hukum Internasional, dan masih banyak lagi deh. Nah, membahas mata kuliah favorit nih. Mata kuliah favorit saya ada 2. Yang pertama tentu saja Hukum Pidana, ini juga menjadi alasan saya memilih konsentrasi Hukum Pidana.Hal menarik yang dipelajari dalam Hukum Pidana ini adalah ketika berpraktik di mana kita bisa menjadi suatu profesi hukum dan juga Hukum Pidana bisa saja terjadi di sekeliling kita.

Mata kuliah kedua yang saya suka adalah Hukum Internasional. Hal menarik dari Hukum Internasional ini kita dapat mengetahui penyelesaian sengketa secara Internasional. Bagaimana suatu Negara berkonflik dan menyelesaikan perkaranya melalui ICJ (international court of justice).  Sementara, dosen favorit saya adalah Pak Aldo Rico Geraldi. Beliau merupakan dosen yang menyampaikan suatu hal yang panjang menjadi singkat namun dapat dicerna dengan baik. Beliau juga dosen yang sangat humoris sehingga membuat suasana kelas menjadi sangat menyenangkan.

Konsentrasi di Ilmu Hukum Undiksha?

Terdapat 3 konsentrasi pilihan di Ilmu Hukum Undiksha, yaitu Hukum Perdata, Hukum Pidana, dan Hukum Internasional. Setiap konsentrasi memiliki 2 mata kuliah yang ditawarkan per semesternya. Konsentrasi ini bertujuan untuk menentukkan keahlian di bidang profesi hukum yang akan diambil ketika lulus nanti. Misalkan kita mengambil Hukum Pidana, kita akan belajar tentang Tindak Pidana dan sanksinya sesuai dengan KUHP. Kita juga akan lebih mengetahui secara detail tentang Hukum Pidana.

pmb2-min

Yuk, Ikuti Organisasi/Magang di Ilmu Hukum Undiksha!

Nah, di Undiksha terdapat beberapa organisasi yang kece badai loh! Buat kalian para maba, kalian bisa mengikuti organisasi HMJ Ilmu Hukum Undiksha (Himpunan Mahasiswa Jurusan). HMJ ini sendiri berada di bawah naungan Jurusan. BEM Fakultas, BEM Universitas, UKM, Magang, dll. Di organisasi ini kalian bisa nemuin banyak hal dan menjalin pertemanan baru. Ikut berorganisasi juga memberikan kesempatan untuk kalian lebih mengembangkan diri kalian.

Prospek Kerja dan Alumni bisa Kerja dimana?

Nah, prospek kerja tentu saja sangat luas buat kalian yang sudah alumni atau baru lulus dari jurusan Ilmu Hukum, kalian bisa bekerja sebagai Jaksa, Hakim, Pengacara, Notaris, Penasihat Hukum, dan masih banyak lagi prospek kerja di bidang profesi hukum. Kalian juga bisa membuka praktik kerja sendiri, seperti Notaris bisa membuka kantor Notaris sendiri.

Apa Harapan setelah Lulus?

Harapan saya sendiri yaitu, saya ingin menjadi seorang Jaksa ketika lulus nanti. Karena ketika memilih jurusan ilmu hukum sendiri saya sudah menentukan mau kemana arah saya. semoga harapan saya bisa terwujud dan tersemogakan! semangat.

Kode konten: X333

Ica
Hi, I'm Monica but usually my family and friends call me "Ica". I'm 21st years old and I'm a middle child in my family. I'm a college student and I'm majored in Law. I like go to the beach, reading, writing some novels and go to the gym. I also into debate about Law especially Public Law. I went in Universitas Pendidikan Ganesha.

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *