Hukum

Ilmu Hukum Universitas Airlangga (Istik)

Ilmu Hukum Universitas Airlangga (Istik)

Hallo sobat intipers semuanya. Perkenalkan nama ku Istikhomah bisa di panggil istik Mahasiswa Fakultas Hukum jurusan ilmu hukum di Universitas Airlangga angkatan 2018. Disini aku ingin berbagi sedikit cerita tentang pengalaman ku berkuliah di Fakultas Hukum, yuk mari disimak ceritaku ini. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat aku balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok, pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Seperti apa sih jurusan ilmu hukum itu ?

Aku yakin pasti kalian semua sudah mengetahui gambaran sekilas tentang jurusan ini, siapa sih yang gak tau jurusan ini heheh.

Nah di jurusan ini kita diajarkan berpusat pada pratek hukum yang ada di suatu negara. Misalnya mengenai bagaimana hukum itu ditegakkan, bagaimana cara menjadi juris profesional, menjadi profesi hukum yang sesuai dengan etika hukum dan sosial. Di jurusan ini pada semester pertama nanti kalian akan diajarkan pelajaran dasarnya. Mata kuliahnya yaitu Pengantar Ilmu hukum, Pengantar Hukum Indonesia, pancasila, Kewarganegaraan,, Bahasa Indonesia, Pendidikan Agama.

Slide5

Stigma bahwa mahasiswa jurusan ilmu hukum wajib hafal dengan pasal-pasal, di jurusan ini anaknya harus pinter menghapal. Sebenarnya stigma seperti itu salah besar. Kita tidak wajib untuk hapal pasal- pasal yang ada di KUHP, BW, atau peraturan perundang-undangan lainnya. Kita di wajibkan untuk membawa dan membaca peraturan perundang – undangan tadi. Mengapa demikian? Bayangkan saja bagaimana jika nantinya kita salah menerapkan pasal kan bisa berbahaya. Bahkan dosen ku pernah bilang kita ini bukan jurusan menghapal tapi kita jurusan yang banyak membaca. Jujur ya selama aku kuliah di FH Unair empat semester ini jika ditanya hafal pasal, jawaban ku tidak. Walau begitu setidaknya kita harus hapal pasal-pasal dasar dong seperti 362 KUHP tentang pencurian. Kita wajib memehami maksud dari pasal tersebut.

Mata Kuliah di Ilmu Hukum Universitas Airlangga

Ada banyak mata kuliah yang harus kalian tempuh. Seperti Hukum Perdata, Hukum Laut, Hukum Internasiona Hukum Pidana, Hukum Tata Negara, Hukum Administrasi, Hukum Islam, Hukum Dagang, Kejahatan Terhadap Nyawa dan Harta Kekayaan, Hukum Pidana Korupsi, Etika Profesi Hukum, dan masih banyak lagi. Jangan berfikir hanya di ajarkan tentang teori, akan tetapi kita juga diajarkan tentang Pratik. Kalian pasti pernah melihat live persidangan di TV? Di situ terdapat hakim yang sedang memutus, jaksa melakukan penuntutan, pengacara yang membela kliennya. Maka ada mata kuliah khusus untuk itu, yaitu, Hukum Acara Pidana dan Perdata, Hukum Acara Peraturan Tata Usaha Negara, Hukum Acara Peradilan Agama. Wahh seruu kann.

Mata kuliah yang berkesan di Ilmu Hukum Universitas Airlangga

Dari semua mata kuliah dan dosen itu apa ada yang paling gak bisa dilupakan kak ? Of course ada, kalau aku ada di dua mata kuliah ini yang menurutku gak bisa aku lupakan kesan – kesan saat memelajarinya, yaitu mata kuliah Hukum Tata Negara dan Hukum Acara Tata Usaha Negara. Akan aku jelaskan mengapa aku memilih dua matkul itu. Untuk Hukum Tata Negara karena di matkul ini kita bisa mempelajari hal – hal yang berkaitan dengan sistem pemerintahan, lembaga – lembaga negara, konstitusi negara. Pada intinya materinya tidak jauh beda dengan materi KWN di sekolah dulu, namun yang memebedakan disini kita lebih difokuskan ke aturannya juga kita dikenalkan konstitusi tidak hanya yang ada di indonesia namun di negara – negara lainnya, dari mulai membandingkan, mencari isu- isu dan banyak lagi. Hal menarik lainnya kalian diajari untuk bisa lebih kritis memahami tentang lembaga – lembaga negara, mengetahui permasalah yang ada di dalam lembaga itu.

Untuk mata kuliah yang kedua yaitu Hukum Acara Peradilan Tata Usaha Negara atau disingkat HAPTUN. Ini adalah mata kuliah pratikum, pada awal pertemuan sampai UTS kita akan di ajarkan teorinya terlebih dahulu seperti sistem yang ada di Peradilan Tata Usaha Negara bagaimana cara mengajukan gugatan, cara mendaftarkan gugatan. Setelah UTS barulah kita pratik disini kita diharuskan menentukan sebuah kasus yang nantinya kita pratikan sidangnya, kita boleh memilih dari kasus yang sudah di putuskan atau bisa membuat sendiri, walaupun mata kuliah ini menyita banyak waktu dimana kalian di haruskan berlatih berakting persidangan membuat berkas sampai malam, namun itulah hal yang membuat kalian tidak akan melupakan mata kuliah pratik ini dan mata kuliah pratik lainnya.Keseruan lainnya adalah pada saat persidangan kalian bisa merasakan menjadi hakim, menjadi tersangka, pengacara, apalagi bila terjadi hal – hal lucu misal celana kedodoran atau pakaian hakim kebesaran.

Dosen yang tidak terlupakan

Move ke dosen paling berkesan aku ada banyak sih namun akan kusebutkan dua saja hehe, yaitu Pak Herlambang dan Pak Bagus. Untuk Pak Herlambang beliau sangat sabar dan murah senyum entah kenapa semua materi yang beliau ajarkan menjadi mudah di mengerti dan untuk Pak Bagus, dia itu dosen yang beda dari lainnya, orang nya apa adanya, awalnya terlihat galak namun sebenarnya receh abis apalagi saat bercerita kehidupan awal bertemu belahan jiwanya.

Apa aja konsentrasi dalam ilmu hukum?

Di dalam ilmu hukum sebenarnya terbagi menjadi beberapa jurusan, akan tetapi tidak semua Fakultas Hukum di indonesia sama dalam pembagian jurusannya. Karena aku kuliah di FH UNAIR maka akan ku jelaskan yang ada di sana. FH UNAIR terbagi menjadi 5 Jurusan, yaitu Hukum Internasional, Hukum Perdata, Hukum Pidana, Hukum Pemerintahan, Hukum Bisnis, Hukum Syariah.

Mari kita bedah satu – satu mengenai jurusan – jurusan tadi. Hukum Internasional adalah jurusan yang berfokus kepada ilmu hukum yang bersifat global di mulai dari hukum laut, hukum hak asasi internasional sampai pada perdagangan internasional. Kebanyakan orang yang mengambil jurusan ini nantinya menjadi seorang diplomat, Hukum Perdata lebih berfokus kepada mengenai hukum keluarga hingga hukum bisnis, Hukum Pidana nantinya lebih berfokus pada pembahasan kriminalitas, Hukum Pemerintahan nantinya akan di bagi lagi menjadi Tata Negara, Lingkungan, Administrasi, untuk Hukum Bisnis merupakan salah satu hukum yang cangkupannya luas menurutku dan pengalaman kakak ku yang juga jurusan ini di sini kita dapat mempelajari tentang kepailitan, dan hukum perkawinan.

Tips untuk Maba Ilmu Hukum Universitas Airlangga tercinta

Hunakan waktu kalian sebaik mungkin. Di dalam fakultas ini akan banyak sekali media yang dapat mengembangkan kemampuan kalian. Misalnya terdapat banyak sekali lomba seperti Moot Court baik tingkat nasional sampai pada internasional. Nantinya ada juga BSO yang sesuai dengan jurusan yang akan kalian ambil nanti seperti KPS, ACLJ ada BSO kerohanian juga. Kamu juga bisa bergabung dalam BEM fakultas. Oh iya yang belum tau tentang BEM, mirip dengan OSIS kalau kita di SMA dan SMP. Namun jangan lupakan akademi juga.

Prospek Kerja Jurusan Ilmu Hukum dan Tempat Kerja Alumni

Untuk prospek kerja bukannya mau sombong atau bagaimana sih. Kita tidak hanya bisa bekerja di lingkungan hukum saja loh. Bisa menjadi seorang pengacara, hakim, panitera, jaksa, akan tetapi kita bisa bekerja sebagai konsultan hukum, kontraktor, Bekerja di bank, legal opinion. Kemudian jika ngomongin tentang alumni, ngak usah di tanya deh, banyak alumni yang bekerja di berbagai bidang pekerjaan.

Untuk aku kedepannya

Jujur sebenarnya setelah lulus aku mau jadi seorang presenter sih. Selain itu ingin menjadi seorang blogger sambil menempuh S2. Sebenarnya banyak sih yang saya ingin kan kedepannya. Di bidang hukum saya ingin menjadi seorang konsultan untuk pemerintahan di dalam bidang lingkungan hidup. Dimana sekarang masih sangat sedikit peminat untuk bidang karir tersebut.

Kode Konten: X184

istikhomah
Mahasiswa biasa saja di fakultas hukum UNAIR angkatan 2018, yang suka menulis, hanya sekedar mahasiswa biasa saja.

Komen dibawah! 18

  1. Dewi Ayu Agustina

    Halo kak aku mau tanya aku bingung kak mau masuk jurusan manajemen atau hukum karena aku suka keduanya kak gimana yah kak buat nentuin kedepannya takut salah pilih juga 🙁

  2. Roni Hensen

    Halo kk, boleh nanya-nanya tentang bagaimana jika yang sudah lulusan 2017 ingin mendaftar di tahun 2022 atau 2023 apa masih bisa? Dan jugak kak, biaya uang pangkal nya masuk ke sana berapa ya kk untuk golongan 2, dan jika masuk dari jalur mandiri, itu tes nya bisa di bilang formalitas nya aja atau memang benar-benar harus lulus. TerimaKasih kak🙏🙏

    • istikhomah

      Untuk pendaftaran tahun 2017 tentunya hanya bisa jalur SBMPTN KK, dan ketentuannya jika tahun sebelumnya harus maksimal lulusan 3 tahun terakhir. Tapi lihat kembali kebijakan tahun 2020/2023 nanti. Atau bisa lewat jalur mandiri sih tapi tetep balik lagi lihat kebijakan kampus tujuan kk. Untuk di Unair sendiri uang pangkal bervariasi ya kk setiap tahunnya. Mungkin untuk lebih jelasnya bisa lihat di laman ini http://ppmb.unair.ac.id/id/page1/biaya-studi-sarjana-mandiri?tabmenu=front-tab-menu-studi-fee-s1&menu=Biaya%20Studi&label=Sarjana
      Ini untuk uang pangkal 2020/2021.

      • aini

        hallo kak, sebelumnya aku mau tanya² dulu aja kak
        kan aku masih kelas 10, nah aku punya niat buat masuk ke unair jurusan hukum. Kira² kalo daftar disana yang diperlukan apa aja ya kak?apakah terkait nilai kelulusan atau apa kak?
        terimakasih kak sebelumnya🙏🏼

        • Isti Khomah

          Untuk daftar di unair sendiri dek km bisa lewat jalur SNMPTN, SBMPTN, Vokasi dan jalur mandiri. Tentu saya nanti untuk daftar ke Unair menggunakan nilai raport dari semester 1-5 kalau lewat jalur SNMPTN, kalau jalur Sbmptn km harus lewat tes dahulu, kalau mandiri dan vokasi juga sama harus tes.

        • istikhomah

          Untuk daftar di unair sendiri dek km bisa lewat jalur SNMPTN, SBMPTN, Vokasi dan jalur mandiri. Tentu saya nanti untuk daftar ke Unair menggunakan nilai raport dari semester 1-5 kalau lewat jalur SNMPTN, kalau jalur Sbmptn km harus lewat tes dahulu, kalau mandiri dan vokasi juga sama harus tes.

  3. Winda

    Hallo Kak, insyaallah nanti kedepannya saya akan ambil jurusan FH juga di unair, apakah materinya sangat terikat kuat dengan PKN kak, Terimakasih

    • istikhomah

      Sebenarnya untuk pelajaran PKN terkait beberapa sih dek, mungkin diawal semester masih ada kaitannya tapi kalau udah nyampe semester lebih tinggi kaya semester 5 keatas udah ga terlalu dek. Nanti akan belajar lagi semuanya dari awal lagi kok. Btw semangat yaa untuk masuk ke FH. Aku tunggu di fakultas merah dek.

  4. istikhomah

    Sebenarnya untuk pelajaran PKN terkait beberapa sih dek, mungkin diawal semester masih ada kaitannya tapi kalau udah nyampe semester lebih tinggi kaya semester 5 keatas udah ga terlalu dek. Nanti akan belajar lagi semuanya dari awal lagi kok. Btw semangat yaa untuk masuk ke FH. Aku tunggu di fakultas merah dek.

  5. istikhomah

    Untuk daftar di unair sendiri dek km bisa lewat jalur SNMPTN, SBMPTN, Vokasi dan jalur mandiri. Tentu saya nanti untuk daftar ke Unair menggunakan nilai raport dari semester 1-5 kalau lewat jalur SNMPTN, kalau jalur Sbmptn km harus lewat tes dahulu, kalau mandiri dan vokasi juga sama harus tes.

  6. Dewi

    Hallo kak, saya dr smk administrasi perkantoran mau mendaftar ke hukum kira² bisa lolos ga ya?? Karena pengen banget dan yakin aja aku mampu dan bisa sesuailah apa yang aku harapkan selama ini. Namun apa sangat mlenceng apa tidak ya? Doain kak udah detik² pendaftaran semoga kakak balas segera. Terimakasih 🙏

    • istikhomah

      Maaf sekali dek, kk, baru sempat balas, pertanyaan km, tentu saya bisa dek. Temen kk juga ada yang dari SMK dek. Namun km kembali perhatian kuota dan saingan km di jurusan hukum di fakultas yang km minati.

    • istikhomah

      Maaf sekali dek, kk, baru sempat balas, pertanyaan km, tentu saya bisa dek. Temen kk juga ada yang dari SMK dek. Namun km kembali perhatian kuota dan saingan km di jurusan hukum di fakultas yang km minati. Jadi tetep coba ya. Semoga berhasil

  7. Faidatul Hayyin

    halo kak, aku mau tanya kalau ujian di FH nya sendiri gimana kak?apa yg bener2 harus hafalan biar bisa ngerjakan ujian atau tes atau quiz2 gitu kak?

    • istikhomah

      Engga kok dek, sebenarnya untuk hafal pasal ga wajib dek. Dosen kk dulu pernah bilang dek ke kk, kalian ga harus menghafal pasal, karena takutnya ada kesalahan dalam km menafsirkan, jadi kk ujian nya open book terbatas dek, jadi boleh lihat UU kok.

  8. istikhomah

    Maaf sekali dek, kk, baru sempat balas, pertanyaan km, tentu saya bisa dek. Temen kk juga ada yang dari SMK dek. Namun km kembali perhatian kuota dan saingan km di jurusan hukum di fakultas yang km minati.

  9. Faidatul Hayyin

    makasih banget kak udah bikin aku yakin banget milih hukum buat snmptn taun ini doain lolos ya kak :”

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *