Hukum, Universitas Andalas

Ilmu Hukum Universitas Andalas (Atika)

Ilmu Hukum Universitas Andalas (Atika)

Halo Intipers. Perkenalkan nama saya Atika Afani, salah satu mahasiswa jurusan Ilmu Hukum Universitas Andalas angkatan 2019 yang saat ini sedang berada dipenghujung semester 2. Nah, disini saya ingin membagikan sedikit pengalaman kuliah saya selama 2 semester ini. Meskipun masih terbilang sebagai mahasiswa baru dan masih belum memiliki banyak pengalaman tapi mudah-mudahan hal yang sedikit itu bisa bermanfaat dan memberi motivasi bagi semuanya terutama untuk mahasiswa baru yang mau mengambil jurusan Ilmu Hukum. Okelah kalau gitu langsung aja dibaca ya semoga bermanfaat,

Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.
Check it out!

Prasangka orang-orang terhadap jurusan Ilmu Hukum Universitas Andalas

Apa yang kalian pikirkan tentang jurusan hukum pertama kali? Pasal-pasal, hakim, pengacara, debat, bahkan modis & hedonisme

Slide5

Jurusan ilmu hukum, jika kita nilai sekilas memang jurusan yang terlihat membosankan karena identik dengan pasal-pasal dan literatur-literatur yang super duper banyak, sekaligus bikin kita ngantuk karena berkaitan dengan sejarah baik Indonesia maupun dunia. Tapi jika kita cari tau lebih dalam lagi jurusan ini sangat unik dan tentunya tidak seperti apa yang dikatakan oleh orang-orang awam.

Menurut saya jurusan ini tidak hanya berisikan orang yang harus pandai bersilat lidah dan menjadi aktivis kampus. Memang mahasiswa hukum dituntut untuk bisa berbicara dan dapat mengeluarkan pendapatnya dengan baik, tapi itu semua butuh proses karena setiap orang punya karakter dan cara berifikir yang berbeda yang dapat mempengaruhi mental seseorang. Proses disini maksudnya ialah bukan untuk menunda-nunda kesempatan itu datang, tapi bagaimana kita secepatnya untuk bisa keluar dan belajar dari zona nyaman kita. Ada yang mengatakan semua kemajuan terjadi di luar zona nyaman. So, selagi bisa berubah menjadi lebih baik tunggu apa lagi.

Penghafal undang-undang. kata-kata itu sering kali dilontarkan oleh sebagian orang mengenai jurusan hukum. Apa yang dikatakan orang tersebut tidak sepenuhnya salah. Memang kita dituntut dalam mengeluarkan sebuah pendapat, kritikan dalam memecahkan suatu permasalahan harus berlandaskan dasar hukum. Tapi, saya belum pernah mendengar bahwa mahasiswa hukum dituntut untuk wajib hafal semua isi kitab undang-undang. Apalah daya hafal undang-undang diluar kepala tapi tidak bisa menganalisis dan menafsirkan maksud dari pasal itu sendiri.

Hal yang tidak kalah unik ketika kamu mendengar jurusan hukum, yaitu mahasiswanya modis dan hedonisme. Menurut saya ketika kamu masuk jurusan hukum kamu tidak akan dituntut untuk harus memakai pakaian yang  fashionable. Kalian akan dituntut untuk selalu berpakain rapi dan taat akan aturan yang ada karena mahasiswa hukum akan dibina untuk menjadi calon aparat penegak hukum yang kuadratnya akan menjadi contoh bagi orang-orang lain.

Kuliah di jurusan Ilmu Hukum Universitas Andalas belajar apa aja sih ?

Di jurusan ini kalian akan mempelajari berbagai hal mengenai legal, sosial, serta peradilan yang terjadi dimasyarakat. Kalian nanti akan mendapat kesempatan mempelajari dan mempraktekan bagaimana sih proses peradilan itu berlangsung yang biasa disebut dengan peradilan semu. Nah, pada semester 1 kuliah di jurusan ilmu hukum kalian akan mempelajari mata kuliah hukum yang sifatnya masih umum. Seperti Pengantar Ilmu Hukum, Pengantar Hukum indonesia, Ilmu Negara dll. Ketika  semester 2, nanti nya kalian akan mempelajari mata kuliah yang sudah menyajikan dan memaparkan bagian-bagian dari hukum secara umum. Seperti Hukum Pidana, Hukum Perdata, Hukum Tata Negara, Hukum Administrasi Negara, Hukum Islam serta Hukum Adat. Bentuk mata kuliah yang di ambil pada semester 3 dan seterusnya, sifatnya sudah mendalami jurusan hukum itu sendiri.

Apa aja sih konsentrasi di jurusan Ilmu Hukum Universitas Andalas itu ?

Fakultas hukum membagi bidang hukum sesuai dengan konsentrasinya. Berikut 5 di antaranya: Hukum Perdata, Hukum Tata Negara, Hukum Administrasi Negara, Hukum Pidana dan Hukum Internasional. Nah dari 5 konsentrasi tersebut, salah satu yang sedikit asing bagi kita ialah hukum perdata. Pada konsentrasi ini kalian akan belajar tentang hukum yang mengikat kontrak dan perjanjian. Disini kamu akan bertemu dengan mata kuliah seperti Hukum Keluarga, Hukum Perkawinan, Pengembangan Hukum Keperdataan, Huukum Perbankan, Contract Drafting, Hukum Ekonomi, dll

Tips bagi mahasiswa baru yang akan kuliah di jurusan ilmu hukum

Buat kalian nih mahasiswa baru yang sudah diterima di jurusan ilmu hukum. Kalian harus persiapin nih berbagai tips untuk kuliah di jurusan ilmu hukum. Pertama, kalian jangan mudah bosan ketika membaca dan memahami litelatur hukum yang sangat banyak. Semakin banyak litelatur yang kamu pahami, semakin mudah kamu akan mendalami jurusan ilmu hukum itu sendiri. Kedua, siap ditanya berbagai masalah hukum yang sedang terjadi. Nah, tips yang kedua itu sendiri juga sangat berkaitan dengan tips yang pertama yaitu pada intinya kalian harus banyak membaca litelatur dan peka serta tanggap terhadap masalah dan kasus hukum yang sedang terjadi. So, di jurusan hukum kalian jangan mudah bosan membaca yah.

Prospek kerja jurusan ilmu hukum

Jika kalian hanya beranggapan bahwa masiswa hukum itu hanya bisa menjadi pengacara, hakim pengadilan atau notaris saja, maka persepsi tersebut harus kalian ubah. Karir yang bisa di jalani oleh jurusan ilmu hukum sangatlah beragam seperti legal staf, bagian personalia / HRD, legal and Compliance risk management, jaksa, staf di kememtrian/ BUMN, dosen ilmu hukum, diplomat luar negri dan masih banyak lagi.

Perlu di ketahui jurusan ilmu hukum memang sangat banyak melahirkan lulusan sarjana hukum, untuk itu daya saing untuk memasuki dunia kerja sangatlah ketat. Nah, jadilah sarjan hukum yang unik. Unik disini maksudnya ialah orang yang dapat dikenal bukan hanya dari gelar sarjana hukum yang dia dapat tapi bagaimana dia membawa dan menjaga gelar sarjana hukum itu nanti menjadi tolak ukur dalam menjalani kehidupan dimasa sekarang dan di masa depan.

Harapan saya setelah lulus menjadi sarjana hukum

Saya selalu ingat apa yang dikatakan Najwa Sihab ketika dia menghadiri salah satu talk show.  “ sukses itu bukan populer, bukan pula kalau rating tinggi atau berhasil wawancara pejabat, tapi ketika kita apapun yang kita laukukan bisa bermanfaat bagi orang lain “.  Dari apa yang dikatakan Najwa Sihab tersebut menjadi tolak ukur dari harapan saya untuk menjadi orang yang selalu bermanfat bagi orang lain. Jangan jadikan sebuah gelar sarjana mempersempit dan menghambat kalian untuk melakukan kreatifitas dan inovasi yang lain. Jangan jadikan gelar sarjana sebagai lingkaran untuk menutup diri kalian. Jadikanlah gelar sarjana sebagai batu loncatan kalian untuk mengambil sebuah keputusan-keputusan hebat dimasa depan.

“Hukum bernilai bukan karena itu adalah hukum, melainkan karena ada kebaikan di dalamnya
 (A Law is valueable not because it is law, but because there is right in it) ”
 Henry ward Beecher

Kode konten: X346

ATIKA AFANI
Halo.🐣 Nama aku Atika Afani. Mahasiswa jurusan Ilmu Hukum Universitas Andalas angkatan 2019. Semoga apa yang aku tulis bisa bermanfaat buat kalian semua. Terima Kasih 👍 Terima Kasih

Komen dibawah! 8

  1. Nurul

    That’s cool 🔥

  2. Afdhal

    KEREN BGT KK ATIKA!! 😍

  3. chintya juwita fitri

    Tikk 💕

  4. Dea Parentina

    keren banget kak.Doaiin ya biar aku bisa nyusuk seperti kak Atika

  5. Sola putri zulfa

    Kak aku tertarik si pengen kuliah di jurusan hukum tpi aku tu anaknya agak pemalu takut di ketawain klo slh,sedangkan jurusan hukum it harus banyak bicara kan kk? Hehe Kasih tisp donk kk.

    • ATIKA AFANI

      Halo Sola 👋. Aku dulu pas SMA juga minder kayak Sola juga untuk milih jurusan Hukum pas kuliah, teman-teman aku juga nggk nyaranin aku utk pilih jurusan hukum karena aku tipe org yg pendiam bgt hehe. Setelah aku pikir2 lagi baik itu saran dari ortu maupun teman2 aku memutuskan untuk ambil jurusan hukum dan motivasi nya ya klise bgt yaitu aku harus keluar dari zona nyaman aku. Kebanyakan org ngambil jurusan kuliah pasti sesuai bakat dan minat kan Sola ?. Gini, ketika aku memutuskan utk mengambil jurusan hukum aku berkata ke diri aku bahwa skill dan pengalaman itu seiring waktu akan timbul asalkan kita mau berubah dan terus belajar, aku nggk notif bgt apa yg dikatain teman2 aku, yang penting aku yakin aku bisa dengan jalan yang aku udah pilih walaupun aku belum punya skill yg mapan disegi dunia hukum itu. Mungkin pjg bgt ya Sola hehe maaf ya. Semangat terus Sola, jgn pikirkan apa yang dikatakan org lain, karena cuma yola yang bisa dan berhak pantas atau tidaknya Sola berada dan memilih jalan yang berbeda itu, 😊

  6. Dian

    Kak aku kepingin masuk kuliah jurusan hukum tapi aku kurang dalam pembelajaran , temen temen ku pun bilang org yg bodoh dan lemah tidak mampu masuk fakultas hukum .. kata kata itu membuat ku mundur , kasih tips nya dong kak

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *