Hukum

Ilmu Hukum Universitas Bangka Belitung (Delviero)

Ilmu Hukum Universitas Bangka Belitung (Delviero)

Hai guys. Perkenalkan nama saya adalah Delviero Naufal. Saya sekarang sedang menempuh kuliah di Fakultas hukum jurusan Ilmu hukum Universitas Bangka Belitung semester 6. Di sini aku akan berbagi pengalaman aku selama kuliah 6 semester di jurusan Hukum.

Ilmu Hukum Universitas Bangka Belitung?

Sesuai namanya di jurusan hukum kalian akan balajar bagaimana menyikapi tindakan kriminal, kebijakan publik, bahkan hukum inernasional. Waw.. sangat terdengar menyeramkan ya? Tenang guys. Karna gak seseram yang kalian bayangkan kok!

Memang di dalam hukum kita akan belajar menganalisis khasus suatu tindaan kriminal tetapi kita menganalisisnya dengan metode hukum. Seperti menganalisis tentang pencurian, pernah gak sih kalian berpikir mengapa seseorang dapat mencuri? Pasti kamu akan langsung menilai jika perbuatan yang tidak terpuji dan merugikan orang lain. Coba sekarang kita singkirkan asumsi itu. Ada banyak alasan seseorang mencuri salah satunya adalah faktor ekonomi. Nah jadi mahasiswa hukum di tuntut selain kritis dengan pasal yang dilanggar pelaku juga harus menganalisis mengapa pelaku melakukan pencurian. Memutuskan perkara selain berkaca pada Undang-Undang juga berkaca pada masa lalu pelaku. Seperti apa latar belakang kejahatannya dan bagaimana nasib istri dan anaknya jika kepala keluarga mereka dijatuhkan hukuman yang lama. Hal inilah yang harus menjadi acuan seorag hakim.

Slide5

Di jurusan hukum kalian akan berhadapan dengan beberapa kitab. Contohnya adalah (Kitab Undang-Undang Hukum Pidana) KUHP. Kitab ini mengatur tentang segala tindak kriminal yang berhubungan dengan hukum pidana, contohnya adalah pencurian, pencemaran nama baik, dan kejahatan lainnya.

Dan satu alhi adalah (Kitab Undang – Undang Hukum Perdata (KUHPER). Nah kalau kitab yang satu ini mengatur tentang hutang piutang, mengatur tentang perlindungan konsumen ketika jual beli. Seperti kamu yang sering belanja online, hak kamu di lindungi di kitab ini dan juga hutang piutang. Nah kitab ini mengatur tetang hal hal perdata. Oh iya semua kitab yang aku jelaskan tadi adalah produk belanda sejak jaman penjajahan dulu dan masih di pakai di indonesia sampai sekarang. Maka dari itu sudah sepatutnya kita memakai dan mempunyai kitab sendiri untuk mengatur hukum di indonesia.

Apa saja mata kuliah di jurusan hukum ? dan apa aja sih tugas khas nya ?

Ada banyak sekali yang di belajari di hukum, jika kalian baru masuk jurusan hukum maka mata kuliahnya masih bersifat ringan seperti pancasila, kewarganegaraan, Pengantar Ilmu Hukum, Pengantar Hukum Indonesia dan lainnya. Di sini kalian akan mengenal apa itu hukum, bagainmana penerapan hukum apakah sudah adil atau belum dan lain sebagainya.

Nah, di semester 2 mulai tuh kalian akan bertemu dengan mata kuliah hukum pidana dan hukum perdata seperti yang aku bahas di atas. Kalau aku sendiri mata kuliah yang paling di favoritkan adalah hukum internasional dan hukum tata negara. Hukum internasional akan belajar tentang berdiplomasi dengan negara lain, apa saja hukum internasional yang ada dan menganalisis khasus. Contohnya seseorang melakukan tindakan kejahatan di luar negeri apakah hukumannya memakai hukum indonesia atau hukum negara tempat pealku melakukan kejahatan. Waah pasti seru kan! Kalian juga akan belajar tentang pengadilan internasional. Nah untuk hukum tata negara sendiri kalian akan belajar mengenai Undang-Undang Dasar, membuat Undang-Undang dan lembaga negara seperti Mahkamah Konstitusi, DPR, MPR dan lainnya, nah yang ini cocok buat kalian yang ingin menjadi anggota dewan seperti DPR ketika lulus nanti.

Tugas perkuliahan prodi Ilmu Hukum Universitas Bangka Belitung

Untuk tugasnya sendiri jika kalian masih di semester satu atau dua sering banget di kasih tusag untuk buat makalah seputar hukum baik itu individu maupun kelompok, barulah jika kalian di semester 3 kalian akan mendapatkan tugas untuk ke lapangan seperti melakukan riset di kejaksaan ataupun pengadilan dan membuat laporannya dalam bentuk makalah juga, seru banget jika kita langsung belajar ke instansinya karena kita bisa belajar banyak hal dari narasumber kita yang mana hal tersebut tidak kita dapatkan di kelas, memang seperti kebanyakan orang bilang ilmu yang kita pelajari di kelas hanya 30% penerapnnya terpakai di dunia masyarakat, oleh karena itulah tugas riset ke lapangan langsung seperti instansi tadi sangatlah penting.

Apa aja sih konsentrasi (kelompok keahlian ) di jurusan hukum ?

Konsentrasi atau kelompok keahlian baru bisa kalian ambil jika kalian sudah semester 5, untuk kelompok keahliannya sendiri yaitu ada Hukum Pidana, Hukum Perdata, Hukum tata negara dan Hukum Internasional.

Hukum pidana di khususkan buat kamu yang ingin berkarir sebagai pengacara, hakim, jaksa, polisi. Di sini kamu akan belajar tentang hal-hal ang berhubungan tentang hukum pidana seperti pencurian, pengaturan hukuman yang di jatuhkan tata cara beracara di persidangan dll. Hukum perdata di khususkan untuk kamu yang ingin menjadi notaris, pembuat akta tanah dll. Di dini kamu akan belajar membuat perjanjian , hutang piutang,pengaturan jual beli tanah dll.
Hukum tata negara di khususkan untuk kamu yang ingin menjadi anggota dewan seperti DPR, MPR dan perancang undang-undang.
Dan hukum internasional di sipkan untuk kamu yang ingin menjadi diploma, duta besar.

Perbanyaklah organisasi, literasi

Nah buat kamu mahasiswa baru hukum atau yang ingin kuliah di hukum perbanyaklah literasi dan aktiflah di organisasi. Seperti aku yang sekarang menjabat sebagai ketua kajian hukum perhimpunan mahasiswa hukum indonesia cabang bangka, ada banyak organisasi yang bisa di ikuti. Seperti aku yang aktif di lembaga dakwah kampus dan menjadi wakil ketua pusat informasi hukum, aku juga mentor Asistensi Agama islam bagi mahasiswa baru loh, jadi sudah terbiasa berbagi kisah pengalaman dengan mahasiswa baru. Hal ini lah yang akan menjadi pelajaran bagaimana belajar dengan tim dan di bawah tekanan dan juga melatih publik speaking mu. Kuliah dengan IPK besar memang penting tapi alngkah lebih baiknya di ikuti dengan pengalaman organisasi.

Harapan setelah lulus

Harapan saya ketika lulus adalah akan menjadi Menteri Hukum dan Ham, Doakan ya,hehhe, tapi itu masih panjang dan harus terus di asah agar kemampuan kajian hukumnya dan ilmu hukumnya terus bertambah. Untuk kalian yang beranggapan bahwa lulusan hukum Cuma menjadi hakim dan pengacara salah ya karna lulusan hukum bisa hampir ke semua bidang loh, lah kok bisa ? karena di hukum mempelajari banyak hal dan juga seyogyanya semua hal itu pasti ada hukum yang mengatur, di situlah di butuhkan lulusan hukum, jadi kamu jangan takut bersaing ya. Untuk kalian yang ingin bertanya seputar kuliah di jurusan hukum ke aku boleh banget kok. Sekian dari pengalamanku dan terimakasih.

Kode Konten: X193

Komen dibawah! 1

  1. Sellin

    Assalamualaikum kak, berapa skor yg diperoleh agar bisa msuk ke jurusan hukum di Universitas Bangka Belitung.
    Terimakasih.

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *