Hukum, Universitas Brawijaya

Ilmu Hukum Universitas Brawijaya (Dina)

Ilmu Hukum Universitas Brawijaya (Dina)

Halo sobat intipers! Aku Dina Mila Prasasti dari Ilmu Hukum Universitas Brawijaya angkatan 2018. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat aku balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok, pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya. Kalian juga bisa nonton versi videonya melalui link berikut. Klik Disini

Secara umum, jurusan Ilmu Hukum Universitas Brawijaya itu seperti apa?

Kalau kita masuk ilmu hukum kita belajar tentang sistem hukum yang berkaitan sama kegiatan masyarakat ataupun bisnis. Kita juga dituntut untuk berpikir logis dan kritis pastinya. Kita belajar perundang-undangan, hampir semua mata kuliah itu ada patokan perundang-undangan. Tapi kita gak harus hafal kok. Cukup tahu dan paham juga gapapa. Beberapa mata kuliah malah waktu ujiannya boleh open UU biar ga salah menafsirkan.

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Ilmu Hukum Universitas Brawijaya?

Alasannya itu bener-bener mempertimbangkan skill, pengalaman sama peluang kerja. Aku itu tertarik ke Psikologi, Sastra Indonesia sama Hukum. Dulu aku sering ikut lomba debat sama pelatihan bahasa gitu jadi aku lebih condong ke Sastra Indonesia sama Hukum. Terus aku pertimbangin juga mana yang sekiranya bisa aku jadikan hobi sama mana yang perlu belajar lebih lagi, akhirnya ambil Hukum. Itu dulu SBMPTN aku semua milih Hukum. Pertama, FH UGM, terus FH UB sama FH UNS.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Mata kuliah itu banyak, tapi untuk maba yang bener-bener harus wajib lulus itu ada matkul Ilmu Negara, Pengantar Ilmu Hukum sama Pengantar Hukum Indonesia yang ada di semester 1. Di FH UB semester 1 masih dipaketkan semua mata kuliahnya. Jadi nanti masuk ke FH UB bakal dapet pemetaan mata kuliah jadi pas udah milih itu udah tahu alurnya seperti apa. Setelah semester 1, tetep harus KRS-an sendiri, rebutan kelas sama banyak banget mahasiswa.

Semester 4 kemarin saya nekat ambil Praktik Peradilan Pidana, yang seharusnya diambil sama yang semester 5-6. Biasanya kita nonton sidang ke pengadilan, nah di mata kuliah ini tuh kita mempraktikkan. Kalau seumpama offline, gak daring itu kita bisa di ruang sidang. Ada ruangan khususnya di FH UB, pake pakaiannya juga, ada skripnya juga. Tapi karena kemarin online jadi mau gak mau kita latihan dan diskusi lewat zoom. Nah itu seru banget! Kadang kita juga diminta buat nonton sidang ke pengadilan gitu.

Paling berkesan itu Hukum Laut Internasional, karena kita belajar tentang zona laut laut teritorial, ZEE, laut bebas. Dosen-dosennya juga baik dan enak pas ngejelasinnya. Seru aja, dijelasin tentang alur kapal di Indonesia, perlindungan kalau kapal induk jalan gitu.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di Ilmu Hukum Universitas Brawijaya?

Ada 8 konsentrasi yang bisa dipilih setelah mengontrak mata kuliah Keterampilan Hukum biasanya di semester 6 atau 7 udah bisa. ada Hukum keperdataan, Hukum ekonomi dan bisnis, Hukum perburuhan, Hukum agraria, Hukum kepidanaan, Hukum adm negara, Hukum Tata negara, Hukum internasional.

Konsentrasi hukum ekonomi dan bisnis sama hukum kepidanaan biasanya yang paling banyak peminatnya biasanya itu. Aku sendiri rencananya mau pilih hukum ekonomi dan bisnis atau hukum internasional.

Apa saja jalur masuk untuk jurusan ini?

Ada beberapa jalur, SNMPTN, UTBK dan UM terus ada seleksi alih program juga untuk yang dari program vokasi ke FH. Terus ada seleksi program khusus disabilitas karena UB ini kampus ramah disabilitas. Info lebih lanjut temen-temen bisa cek ke web UB, instagramnya juga ada.

Penerimaan untuk satu angkatan itu 700 orang, karena FH UB itu hanya ada satu jurusan.

Ada tips buat mahasiswa baru jurusan ini?

Sebelum itu aku mau ceritain sedikit suka duka selama kuliah di FH UB. Mulai dari ketemu banyak temen baru, terus saya kan asli Yogyakarta dan kuliah di Jawa Timur yang budayanya juga beda, yang jelas di Malang itu lebih dingin daripada Yogyakarta. Itu dulu waktu ospek di kampus itu setelah subuh itu harus udah ada di gerbang dengan suhu yang 12-15 derajat. Kalau di Hukum itu kalau kitanya mau rajin atau setidaknya gak males-malaesan itu bakal ngikutinnya enak, tapi kalau nyepelein dan menunda itu malah bener-bener jadi menghambat. Kemarin itu aku sempet ambil mata kuliah yang ngitung, jadi di FH itu ada hitungannya tapi enggak yang berat berat sih. Kita disuruh bikin soal dan penyelesaiannya sendiri, soalnya itu semakin ke sini semakin naik jumlahnya dari 10 sampai 100 soal. Makanya kalau nunda jadi bakal kewalahan.

Tips buat kalian yang awal masuk FH UB. Seperti yang kita tahu daya tampung FH UB kan banyak banget dan dari berbagai daerah. Jadi, perlu penyesuaian diri dan memilah teman biar gak sampai salah pergaulan. Di semester awal itu dosen masih baik ngasih nilainya, kitanya jangan sampai menyepelekan atau skip kelas. Kita harus menghargai dosen. Intinya, yang penting rajin sih gak neko-neko. Di FH itu banyak waktu luang, gak ada nulis laporan praktikum gitu.

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Peluang kerjanya itu banyak karena setiap aspek dalam kehidupan masyarakat itu bersinggungan sama hukum. Prospek kerjanya itu bisa jadi notaris, politisi, petugas imigrasi, BUMN/BUMS yang ngurusin kontrak atau perjanjian, jadi aktivis, dosen juga bisa. Penting buat perbanyak kenalan dan relasi sama orang-orang hebat.

Apa rencana dan harapan kamu setelah lulus?

Harapannya pengen lulus tepat waktu dan cumlaude. Aamin. Pengen sekalian lulus S2, jadi pengen sekalian nyoba Fast Track. Jadi di FH UB itu pas semester 6 kita bisa ngelanjutin ke S2, jadi lulus tuh bisa langsung lulus S2. Biaya S2 ini dapet potongan 50%, jadi meringankan. Opsi lainnya setelah lulus FH UB, pengen lanjutan MKn di UGM atau nyaris beasiswa di luar negeri.

Kode Konten: C130

Komen dibawah! 1

  1. Tsalsa

    Kalo boleh tau, apa saja hal yang penting banget di persiapkan biar lulus FH UB jalur Sbmptn 2021 ini kak??

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *