Hukum, Universitas Gadjah Mada

Ilmu Hukum Universitas Gajah Mada (Aisyah)

Ilmu Hukum Universitas Gajah Mada (Aisyah)

Halo sobat intipers! Aku Amaliah Aisyah Nursyahbani Kamaru dari Ilmu Hukum Universitas Gajah Mada angkatan 2018. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Ilmu Hukum Universitas Gajah Mada seperti apa?

Ilmu hukum dunia yang mempelajari hukum dnegan arti luas, hukumkan ada dimana-mana. Untuk di UGM terkenal dengan teori dan asas-asanya gitu, kalo di univeristas tetangga dia lebih ke praktek, UGM  lebih ke dasar teori, asas dan kemudian ke prakteknya juga. walaupun mahasiwa hukum itu banyak tapi tenang aja karena semua bidang membutuhkan hukum.

unisa

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini 

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Ilmu Hukum Universitas Gajah Mada?

Aku dulu anak IPA, awalnya mau kedokteran, biasanya orientasi anak IPA kan adalah kedokteran, nah tapi aku berubah pikiran karena melihat orang tuaku yang bekerja di profesi hukum, nah jadi aku ingin meneruskan pekerjaan papa ku, kemudian aku menggambil hukum UGM, kenapa kalian pengen ngambil hukum UGM atau fakultas yang kalian pengenin itu dari keinginan kalian yang pertama, kemudian orang tua pastinya, orientasi pekerjaan kalian. Tapi kalo aku kemauan ku mengikuti orang tua.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Hukum itu banyak teori dan anggap aja dokter banyak materi, pemikiran orang ke hukum itu terlalu santai nah itu benar, tapi khusus di hukum itu mau jadi mahasiswa seperti apa, kalian mau sibuk, kalian bisa terjun di organisasi dan lomba-lomba, nah uniknya di hukum itu kalian harus pintar-pintar manaje diri kita, terus kemudian melatih diri kita, jadi ada mata kuliah yang diberikan, tapi selebihnya harus kita yang cari, kaya dilomba ada peradilan semu, tanpa kita mengikuti lombapun sebenaranya di fakultas Hukum UGM itu ada wadahnya PLKH namanya, itu kamu jadi hakim jaksa pengacara tau apapun itu, kamu berlomba jadi sidang.

Nah sekarang kaya yang lagi heboh itu kasus perceraian, itukan di pengadilan agama kita pecahkan permasalahannya, nah misalnya aku jadi hakim, yang lain jadi jaksa, pengacara dan sebagainya, selain itu ada kontrak drafting, debat, dan banyak banget. Kalo dihukum semua lini masa perlombaan ada. Mata kuliahnya banyak dan luas. Kalo mata kuliah yang menurut aku paling menarik lebih ke hukum persaingan usaha, investasi sama hukum perseroan, karena aku fokus ke dagang, bisnis. Tapi untuk yang lain kesukaannya beda. 

pmb2-min

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Ada banyak, salah satunya hukum bisnis kalo dulu namanya hukum dagang tapi udah berubah nama jadi hukum bisnis, selain itu ada hukum pidana, kemudian ada hukum perdata, itu lebih luas dibandingkan hukum bisnis, kemudian ada hukum administrasi negara, ada tata negara, kemudian ada hukum internasional bagi yang mau jadi diplomat, tanpa belajar di HI pun kalian bisa belajar dan jadi diplomat, kemudian ada lingkungan, ada konsetrasi adat, ada konsetrasi islam, dan ada satu lagi hukum ketenagakerjaan. Konsentrasi bisa diambil dari semester 5.

Apa jalur masuk yang ada di jurusan kamu?

Untuk masuk UGM itu SNM, SBM, UTUL. UTUL itu kebagi dua, ada UTUL 1 dan 2, UTUL 1 kita tes hasilnya kita keterima apa ga, UTUL 2 itu berdasarkan nilai dari UTUL 1, selian itu ada proses masuk lewat penilaian akademik, jadi kalian itu masukin nilai-nilai raport atau perolehan penghargaan lomba, kemudian ada yang non akademis misalnya kalian suka ikut lomba tari, temen ku ada yang suka lomba tari dan duta bahasa jawa tengah nah dia masuk tuh di FH UGM lewat non akademik. Kemudian ada jalur kemitraan, jadi ada 6 jalurnya. Informasi lebih lengkapnya di ugm.ac.id. Aku mau kasih saran juga nih, misalnya kalian mau ngambil UGM, SMB pilihan pertama, kemudian ngambil UTUL lagi, itu bisa kasih peluang, kemungkinan nama kalian itu udah ada di data universitas, setidaknya kalian punya point plus, terlihat gigih.

Ada tips buat mahasiswa baru Ilmu Hukum Universitas Gajah Mada?

Ada yang pernah bilang di hukum UGM itu kalian ga akan bisa hidup kalo ga ada gang, tapi menurut ku ga berlaku untuk semua itu, dan sekarang dilihat kamu berprestasi apa ga, kamu dikenal ini orang yang pintar, aktif di organisasi. Jadi untuk mahasiswa baru kalian harus punya banyak kenalan, harus ikut lomba, organisasi, jadi semua seimbang. Hukum mahasiswanya banyak, kita harus punya point plus dibandingkan orang lain.

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Lebih banyak di birokrat yang kerja di pemerintahan, tapi ga menutup kemungkinan kita bisa jadi lawyer, bisa jadi hakim, jaksa, notaris. Banyak selain itu ada diplomat, kurator, penilai, kalian juga bisa masuk di bagian HRD perusahaan, setiap perusahaan perlu orang hukum, dan kalo kalian ga kerja dan punya keahlian kalian bisa diminta dfraftingnya untuk kawan-kawan.

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Apa rencana dan harapan kamu setelah lulus?

Orientasi mau S2 langsung, aku mau jadi penilai publik. S2 mau ambil manajemen, karena hukum itu sangat diperlukan di penilaian publik, hukum sangat berpeluang dimanapun.

Q&A

  • Ka boleh dong dikasih Tips untuk yang pengen lintas jurusan?

Tips ku, mau ga mau doa dan ridho orang tua itu sangat mempengaruhi. Kalo bisa kalian berkonsultasi dengan orang  tua, apalagi ibu karena doanya mustajab. Kamu anak IPA ke IPS banyak kemungkinan, SBMPTN ngambil sesuai jurusan mu, kalian mandirinya bisa ngambil IPC ngambil IPA dan IPS, kalo di UTUL jam 7-9 kamu tes IPA dulu, satu jam kemudian psikotes, dari jam 12-14.30 tes IPS. Kalian boleh les, kalo udah mepet kalian belajar kompilasi soal, belajar di rumah dengan video literasi.

Kode konten: C290

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *