Hukum

Ilmu Hukum Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Hana)

Ilmu Hukum Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Hana)

Halo sobat intipers! Aku Hana Yunita M. dari Ilmu Hukum Universitas Muhammadiyah Sidoarjo angkatan 2019. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Ilmu Hukum Universitas Muhammadiyah Sidoarjo seperti apa?

Ilmu hukum di Universitas Muhammadiyah Sidoarjo kurang lebih sama dengan yang di universitas lainnya. Kita sebagai mahasiswa hukum itu belajar tentang perundang-undangan, peraturan, perintah dan larangan yang dibuat pemerintah untuk mengatur tata tertib masyarakat. Hukum itu sangkut pautnya banyak banget, mulai dari berkaitan dengan masyarakat, bisnis, dan kepemerintahan. Sebagai mahasiswa hukum kita dituntut untuk teliti, logis, berpikir kritis dan selalu update isu-isu terbaru. Paling penting kita juga dituntut untuk bisa nyelesaian sebuah permasalahan kalau ada kasus. 

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Kalau ada persepsi tentang mahasiswa hukum harus hafal semua undang-undang itu enggak ya. Kita gak dituntut untuk hafal semua, kita sedikitnya itu memahami arti sebuah undang-undang dan pahami isinya. 

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Ilmu Hukum Universitas Muhammadiyah Sidoarjo?

Waktu itu tuh aku pilih 2 jurusan, ilmu hukum sama administrasi publik. Di situ aku bingung menempatkan pilihannya, jadi aku konsultasi ke guru les aku. Beliau mengatakan pilihan pertama itu ilmu hukum, karena waktu aku lulus SMA itu lagi banyak isu hukum yang terjadi, juga penasaran sih proses pengadilan dan ilmu pemerintahan itu gimana. Sebelumnya juga aku Bush riset dulu, jurusan ilmu hukum itu sebenernya kaya gimana, apa aja mata kuliahnya, tugasnya kaya gimana, dll. 

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Mata kuliahnya banyak ya pastinya. Mulai dari semester 1 itu dasarnya dulu, ada mata kuliah pengantar ilmu hukum, pengantar hukum Indonesia, hukum internasional, hukum adat, dan banyak lagi. Semakin meningkatnya semester bakalan semakin menjurus mata kuliahnya. Ada hukum acara pidana, hukum perdata, hukum acara mahkamah konstitusi, logika dan argumentasi hukum, politik perundang-undangan juga. 

schooters

Ada praktikumnya itu di semester 6, mata kuliah peradilan semu. Di situ belajar teorinya dulu, habis itu ada praktik seolah-olah kita melakukan persidangan. Mulai dari masuk persidangannya, tata cara ngetok palu, tata cara bacain surat keputusan. Itu praktikum di ilmu hukum dan jadi yang paling seru sih. Kita juga punya ruangan sendiri untuk praktik peradilan semua. 

Tugas-tugasnya itu semester 1 dan 2 kaya buat makalah, setelah semester 3 dan 4 tugasnya udah mulai buat surat gugatan, surat jawaban gugatan. Jadi udah mulai praktik buat surat, kaya surat putusan, surat pembuktian. Nah, karena kemarin masih online kuliahnya jadi bacain suratnya masih di depan kamera. Kalau kuliah offline itu biasanya dibacakan di depan kelas. 

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Kalau di kita, konsentrasinya itu ada pas waktu mau skripsian. Jadi sebelum skripsi, kita bisa milih hukum perdata, pidana sama hukum administrasi negara. Kalau hukum perdata itu mengatur hak sesama individual. Hukum pidana itu mengatur individu sama negara. Kalau hukum administrasi negara itu mengatur kaya pemerintahan, pengajuan undang-undang. 

Jalur masuknya ada apa aja?

Ada jalur reguler, jalur prestasi, jalur bidikmisi, KIP Kuliah sama kerja sama. Jalur reguler itu melalui tes masuk dulu gitu. Sedangkan, jalur prestasi itu bisa pakai nilai rapot sama sertifikat selama waktu SMA. Jalur kerja sama itu kalau ada kerja sama antara universitas sama pihak lembaga tertentu. Info lengkapnya bisa dicek di pmb.umsi.ac.id. Peneriman mahasiswa baru itu biasanya 150 orang kurang lebih di satu angkatan, terbagi menjadi kelas pagi dan kelas malam. 

Lihat vlog dari ribuan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Ada tips buat mahasiswa baru Ilmu Hukum Universitas Muhammadiyah Sidoarjo?

Sebelum pilih jurusan itu baiknya riset dulu tentang jurusan yang akan kita pilih. Jadi harus bener-bener tahu mata kuliahnya apa aja, prospek kerjanya apa aja. Takutnya itu waktu kuliah di semester 1 dan 2 kita masih nyantai-nyantai banget, pas udah di semester selanjutnya tuntutan semakin besar, kita malah jadi males-malesan karena ngerasa salah jurusan. 

Pas udah masuk di sebuah jurusan itu ya kita gak boleh masih kebawa sama dunia sekolah, karena udah berbeda. Di sini kita dituntut untuk mandiri banget, kalau ada perlu ke dosen harus komunikasi sendiri, kalau ngumpulin tugas gak bisa nungguin temen gitu. Kita lebih harus banyak mengeksplorasi diri untuk menjali relasi jadi jalinan pertemanan di luar jurusan kita itu banyak dan bisa mengasah kemampuan diri kita.

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Prospek kerjanya luas banget lingkupnya. Bisa kerja di bisnis, perusahaan, jadi HRD juga. Umumnya bisa jadi hakim, jaksa, aktivis, panelis, kerja di lembaga bantuan hukum, dan masih banyak lainnya. 

Kode konten: C539

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *