Hukum

Ilmu Hukum Universitas Pendidikan Ganesha (Lukas)

Ilmu Hukum Universitas Pendidikan Ganesha (Lukas)

Hallo teman-teman, Perkenalkan nama saya Lukas Norman Kbarek, saya Mahasiswa jurusan Ilmu Hukum Universitas Pendidikan Ganesha Bali yang mengambil konsentrasi Hukum Internasional dan merupakan Angkatan 2016. yuk, saya ajak mengenali program studi Ilmu Hukum Undiksha.

Semenjak Kapan Undiksha memiliki program studi Ilmu Hukum? Bukannya itu Universitas Kependidikan ya? 

Teman-teman, ini merupakan pertanyaan yang banyak muncul tentang jurusan di universitas saya. baik, sayapun tidak bisa menyalahkan teman-teman, karena Jurusan Ilmu Hukum merupakan salah satu jurusan nonkependidikan di Universitas Pendidikan Ganesha yang baru dibuka pada Tahun 2014, sehingga saya merupakan mahasiswa angkatan ke-3. Meski baru berdiri jurusan kami sudah menjadi jurusan favorite di Undiksha, karena setiap tahunnya peminatnya terus bertambah. Meski terbilang masih sangat baru dan muda, jurusan ini sudah terakreditasi B dan juga memiliki banyak prestasi lomba, teman-teman.

unisa

Susah tidak mengambil jurusan ilmu hukum Undiksha kak? Apa saja yang bakal di Pelajari di Jurusan Hukum, Wajibkah sebagai Anak Hukum Menghafal Undang-Undang?

Setelah melewati 7 semester saya sangat sadar bahwa sebenarnya susah atau tidak jurusan ini, ditentukan sama sejauh mana kita menaruh minat untuk jurusan ini. Secara General, jurusan hukum bukan jurusan yang sulit, tetapi juga bukan jurusan yang gampang. Mengapa demikian? Karena hukum sangat berhubungan dengan setiap aspek kehidupan. Sehingga nilai utama yang didasarkan dalam setiap kita berbicara sebagai mahasiswa hukum adalah etika dan dasar kita berbicara. Mungkin kalau secara teknis dalam proses pembelajaran akan mudah, tetapi dalam memahami setiap pesan dalam sebuah aturan, menggunakan logika dan memberikan interpretasi bukan perkara yang mudah. Tapi disinilah sebenarnya letak dari sesuatu yang menarik saya menjadi anak hukum.

Secara umum kita belajar tentang semua jenis aturan hukum. Biasanya di semester awal kita akan diberikan banyak pengantar. Tentang Ilmu Hukum maupun pengantar tentang Hukum positif atau Hukum yang saat ini sedang berlaku di Indonesia. Kita juga akan diajari tentang filsafat hukum, sosilogi hukum, logika hukum, argumentasi hukum, dan berbagai jenis keilmuan yang memiliki relevansi dengan hukum. Hukum sendiri memiliki pengertian yang luas, sehingga tidak ada defenisi dari hukum yang baku. Hukum itu merupakan sekumpulan aturan baik yang tertulis maupun tidak tertulis yang dibuat oleh suatu lembaga yang berwenang, berisikan larangan-larangan, perintah-perintah, yang memiliki sanksi apabila dilanggar.

Jadi, tidak ada satu orangpun yang bisa menghafalkan Undang-Undang yang ada di Indonesia. Karena sangat banyak aturan hukum tertulis dan berbeda-beda setiap bidangnya. Terdapat puluhan, ratusan bahkan ribuan pasal dalam satu Peraturan perundang-undangan. Jadi, tidak wajib ya teman-teman.

pmb2-min

Apakah Ilmu Hukum Undiksha memiliki konsentrasi?

Kami memiliki 4 Konsentrasi. Konsentrasi Hukum Internasional, Konsentrasi Hukum Pidana, Konsentrasi Hukum Bisnis Keperdataan dan Konsentrasi Hukum Ketatanegaraan. Teman-teman harus tau ya, bahwa konsentrasi ini membantu kita untuk berfokus pada satu bidang ilmu hukum, sehingga bisa lebih fokus. Jangan khawatir, bukan berarti kita tidak dapat mempelajari yang lain. Di Undiksha, kita akan disuruh memiliki konsentrasi melalui mata kuliah pada semester 4. Pemilihan ini pun tidak hanya sekedar diberikan kebebasan kepada mahasiswa, tetapi akan dibantu oleh pihak jurusan dengan memberika sosilisasi tentang konsentrasi yang  pilih. Di semester 1-3 teman-teman akan belajar semua bidang keilmuan hukum terutama pengantar untuk peminatan hukum. Sehingga di Semester 4 teman-teman akan lebih siap untuk menentukan konsentrasi apa yang diinginkan.

Bagaimana Proses Pembelajaran Hukum di Undiksha, Mulai dari Kuliahnya, Dosennya dan juga fasilitasnya?

Proses belajar yang berlangsung di Undiksha sangat fun. Ini sama sekali tidak melebihkan. Saya akan ceritakan sesuai dengan kondisi yang saya alami sebagai mahasiswa. Proses belajar Hukum di Undiksha, benar-benar dilakukan secara profesional begitu juga sangat interaktif. Penekanan sistem belajar pada keaktifan dari mahasiswa melalui kurikulum yang baru membuat mahasiswa yang lebih banyak bermain peran dalam proses belajar dan dosen hanya menjadi pengarah serta fasilitator.

Kalau kita sering dengar tentang dosen killer, beruntungnya di Ilmu Hukum Undiksha, kami tidak memiliki dosen killer. Dosen kami benar-benar peduli kepada setiap kami. Banyak dosen muda, yang benar-benar mengikuti perkembangan zaman sehingga selalu berusaha mengatur pola cara mengajar yang kekinian. Bukan hanya profesional dan lulusan-lulusan universitas ternama, tetapi dosen-dosen kami juga merupakan praktisi hukum, baik dari hakim, advokat notaris dan jaksa, sehingga penerimaan materi kami, dapat seimbang secara teori maupun praktis. Untuk Fasilitas kami, kami memiliki perpustakaan sendiri di Fakultas, Memiliki Ruang Peradilan Semua, Ruang Kelas yang berAC dan tentunya nyaman.

Organisasi apa saja yang bisa kita ikuti sebagai anak Hukum dan Pentingkah Berorganisasi?

Semua organisasi sangat bisa diikuti oleh anak Hukum. Organisasi di Kampus sangat banyak, namun teman-teman harus tau bahwa Sebagai jurusan baru, Mahasiswa kami sangat berperan penting dalam organisasi tidak hanya ditingkat jurusan tetapi juga universitas kita. Seperti Ketua MPM, sebagai Anggota BEM REMA menjadi beberapa ketua dalam kegiatan Ekstrakulikuler atau UKM di Kampus, dan berbagai organisasi lainnya. Kalau ditanya organisasi penting tidak bagi anak Hukum? jawaban saya adalah PENTING. Karena apa yang kita dapatkan di organisasi tidak kita dapatkan didalam kelas, dan tentunya ini sangat seru. sebagai anak hukum, sudah seharusnya berbicara didepan umum harus menjadi keahlian kita, meski itu bukan kewajiban, melalui organisasi kita benar-benar dilatih banyak hal, tentang bagaimana kita berbicara didepan umum, bagaimana inovasi kita dalam mengembangkan suatu kegiatan, dan juga tentang bagaimana cara kita menemukan solusi dalam menangani sebuah masalah.

Bagaimana Prospek Kerja buat Mahasiswa Lulusan Sarjana Hukum?

Nah, ini yang sering menjadi pertanyaan banyak siswa/i yang ingin melanjutkan studi hukum. Sebagai sarjana lulusan hukum, kita bisa bekerja dimanapun, instansi pemerintah maupun swasta. Terdapat profesi yang wajib dan hanya bisa diduduki oleh Lulusan Hukum, seperti Hakim, Jaksa, Advokat, Notaris dan PPAT serta bagian Legal. Kalau ditanyakan prospek kerja, Jurusan Ilmu Hukum adalah jurusan yang bisa di terima dimanapun. Juga memiliki profesi khusus yang tidak bisa diduduki oleh lulusan manapun, jadi jangan khawatir masalah pekerjaan ya.

Tips Untuk mahasiswa baru yang sudah di jurusan Ilmu Hukum Undiksha

  1. Harus beranikan diri untuk mencoba hal positif seperti lomba-lomba, organisasi dan berbagai kegiatan diskusi aspiratif yang membicarakan masalah hukum.
  2. Mulai untuk melatih diri ketika membuat tugas hindari sebisa mungkin penggunaan internet alias copy paste pada saat membuat tugas.
  3. Latihan di kos, rumah atau dimanapun pada saat mau presentasi, sehingga pada saat presentasi tidak lagi seperti membaca, karena saat presentasi tanpa membaca bukan hanya karena semata mengejar nilai, tetapi yang lebih penting dari pada itu adalah bagaimana kita berbicara di depan umum, melatih diri kita, untuk menyampaikan ide kita sehingga orang lain bisa memahami apa yang kita sampaikan.
  4. Jangan menunda mengerjakan tugas.
  5. Harus membuat skala prioritas, terutama dalam manajemen waktu.
  6. Membaca berbagai Literasi Hukum dan juga update dengan berbagai kasus hukum yang terjadi di Indonesia.
  7. Networking. ini bagian juga yang paling penting dari proses belajar, mencari relasi sebanyak mungkin, terutama sama kakak tingkat atau senior dijurusan sehingga hal-hal yang belum dipahami bisa ditanyakan.

Rencana dan Harapan saya setelah Lulus

Saat ini saya sedang menyelesaikan skripsi saya tentang Hukum Humaniter Internasional, membawa tulisan ini sebagai skripsi memberika saya motivasi untuk melanjutkan studi untuk program master di Luar Negeri, melanjutkan S2 yg berfokus pada bidang Hukum Hak Asasi Manusia, karena ini adalah bagian terpenting dalam kehidupan. Harapan saya studi ini bisa benar-benar memberikan saya banyak ilmu yang bisa membantu saya nantinya, pada saat kembali ke tempat asal saya PAPUA bisa memberikan perubahan dan pembangunan.

Kode Konten: X188

Lukas Norman
I'm a Student of Law Department. My Motto : "Experience is The Best Teacher" and "Sharing is Caring" I'm happy to make my day full of positive activity. I'm from Papua, Tetapi Merantau semenjak SMA memberikan banyak perubahan bagi saya terutama pola pikir dan belajar menghargai budaya orang lain.

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *