Ilmu Hukum, Universitas Swadaya Gunung Djati

Ilmu Hukum Universitas Swadaya Gunung Djati (Ali)

Halo sobat intipers! Perkenalkan aku Ali dari Ilmu Hukum Universitas Swadaya Gunung Djati angkatan 2020. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliahku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau berdiskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan di balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, Ilmu Hukum Universitas Swadaya Gunung Djati seperti apa?             

Jadi prodi saya ilmu hukum mungkin teman-teman sudah tidak asing dengan prodi ini, karena Negara Indonesia sendiri merupakan Negara hukum jadi teman-teman sudah paham mengenai jurusan Hukum. Hukum sendiri adalah seperangkat aturan yang dibuat secara memaksa agar masyarakat atau warga Negara itu tunduk dan patuh terhadap hukum itu sendiri. Tujuannya ada tiga poin pertama untuk menciptakan keadilan, kepastian hukum dan kemanfaatan hukum. Namun banyak masyarakat awam menilai hukum kita tumpul diatas dan tajam di bawah dimana keadilan ini tajam menghukum orang bawah dan tumpul bagi orang yang diatas. Banyak yang menginginkan bahwa seorang koruptor harusnya di hukum mati saja, namun dikembalikan kepada Hak Asasi Manusia, jadi menurut UUD RI 1999 tentang Hak Asasi Manusia itu seperangkat aturan yang melekat kepada manusia yang perlu untuk dihormati dan dijunjung tinggi oleh Negara. Jadi stigma seperti ini perlu untuk diperbaharui dan kita tidak bisa mengintervensi keputusan dari peradilan itu sendiri.

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Ilmu Hukum Universitas Swadaya Gunung Djati?

Alasannya simple pertama karena saya tidak ingin bertemu dengan pelajaran matematika karena jujur saya gak basic di bidang matematika dan nilainya selalu buruk. Jadi dari fenomena tersebut saya memutuskan untuk memilih mata kuliah yang tidak ada hubungannya matematika. Di semester awal saya merasa aman, namun ketika masuk di semester akhir saya bertemu dengan ilmu matematika yaitu berkaitan dengan hukum ahli waris dan membahas mengenai matematika dasar.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Klik Gambar Di Bawah Jika punya masalah pribadi atau masalah kuliah yang ingin dikonsultasikan bersama mahasiswa Akhir Psikologi

intipkuliahcivi-min

Jadi mata kuliahnya itu semuanya masih umum di semester pertama ada bahasa inggris, Bahasa Indonesia, pengantar ilmu hukum. Selanjutnya di semester dua ada hukum perdata, namun dari kegiatan itu semuanya masih dilakukan secara umum. Untuk kegiatan yang berbeda dan tidak ada di fakultas lain adalah persemu dimana kegiatan ini.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Di jurusan saya ada yang namanya mata kuliah konsentrasi hanya ada dua mata kuliah konsentrasi yang pertama mata kuliah hukum pidana dan hukum perdata. Kalau hukum pidana itu mengatur seperti apa mungkin udah banyak yang tahu implementasinya seperti apa, tapi kalau hukum perdata itu mengatur tentang ahli waris, hukum pertanahan, surat menyurat dan sebagainya. Untuk mata kuliah konsentrasi di mulai di semester lima ke atas.

Apa saja jalur masuk untuk jurusan ini?

Jalur masuknya itu ada PMDK, regular ada jalur prestasi bahkan jalur masuk menggunakan KIP dan hanya 500 kuota yang bisa masuk.

Klik Gambar Di Bawah Jika Tertarik Masuk Grup Whatsapp untuk info konsultasi jurusan, info TO online, live jurusan, dsb.

iklan-wa-min

Ada tips buat mahasiswa baru jurusan ini?

Tips saya buat maba yang bingung mau masuk jurusan apa coba sesuikan lagi dengan niat kita, jangan seperti saya memilih mata kuliah hanya untuk menghindari matematika. Karena kita perlu tahu tujuan kedepannya mau seperti apa, prospek kedepannya mau jadi apa, kalau udah yakin silahkan di ambil. Untuk mahasiswa yang sudah bergabung di jurusan ilmu hukum agar bisa belajar lebih giat lagi di semester awal dan juga bisa mengikuti kegiatan akademik dan non akademik dan ambil mata kuliah konsentrasi yang sesuai dengan apa yang kalian inginkan dan sesuai dengan prospek kedepannya.

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Banyak sekali prospek kerjanya, banyak alumni yang mengambil S2 hukum untuk menjadi jaksa atau hakim, bahkan dosen juga banyak yang mengambil pekerjaan sebagai pengacara. Selain menjadi dosen, mereka juga bekerja sebagai notaris, pengacara dan semua dosen itu merupakan alumni dari kampus ini. Kalaupun gak ingin menjadi notaris bisa setelah S1 langsung kerja menjadi HRD dan lain sebagainya.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info live jurusan tiap minggu, TO Online, konsultasi jurusan, dan info seputar kuliah bisa gabung ke grup wa. Klik Disini

Apa rencana dan harapan kamu setelah lulus?

Untuk semuanya doain saya agar bisa mengambil mata kuliah konsentrasi hukum perdata yang mana saya ingin menjadi seorang notaris, semoga saja saya bisa fokus dan lebih fokus belajar tentang hukum perdata.

Kode konten: C896

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published.

Lost your password? Please enter your email address. You will receive mail with link to set new password.