Ilmu Hukum, Universitas Negeri Semarang

Ilmu Hukum Unnes (Astra)

Ilmu Hukum Unnes (Astra)

Halo sobat intipers! Aku Astra Atmaja dari Ilmu Hukum Unnes angkatan 2020. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Bagaimana gambaran umum program studi Ilmu Hukum Unnes?

Secara garis besar mempelajari peraturan yang ada di Indonesia seperti KUH Pidana, KUH Perdata, hukum tata negara dan agraria dan hukum-hukum lainnya yang berada di negara Indonesia.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info live jurusan tiap minggu, TO Online, konsultasi jurusan, dan info seputar kuliah bisa gabung ke grup wa.

Apa alasan memilih jurusan Ilmu Hukum?

Karena saya suka dengan sidang-sidang, suka nonton sidang gitu sehingga tertarik masuk ilmu hukum.

Apa mata kuliah dan tugas serta praktikum yang ada di Ilmu Hukum?

Untuk mata kuliahnya sendiri sebenarnya simple ya, biasanya kalau semester 1 ada pengantar ilmu hukum dan pengantar filsafat hukum, intinya pengenalan gitu. Biasanya kita hanya menjawab pertanyaan dosen, sistemnya masih seperti SMA. Kalau semester 2 kita sudah mulai membuat paper, jurnal, makalah dan karya tulis lainnya. Disemester 3 dan 4 juga sama, kita memecahkan masalah dengan banyak praktik gitu. Matkul lainnya ada hukum perikatan, hukum tata negara, hukum pidana, hukum administrasi negara. Disemester 5,6,7 dan 8 kita akan banyak praktik siding.

intipkuliah-web1

Apa saja konsentrasi dan keahlian di Ilmu Hukum Unnes?

Ada pidana dimana didalamnya ada ilmu kriminologi. Lalu ada perdata dagang dimana mempelajari bisnis, ekonomi dan waris. Lalu ada agraria mengenai undang-undang lingkungan. Kemudian ada HTN dimana kita membahas hukum dinamis seperti sidang-sidang Mahkamah Konstitusi. Kemudian ada konsentrasi humas dimana kita mempelajari seputar masyarakat. Terakhir ada konsentrasi hukum bank.

Apa saja jalur masuk yang ada dijurusan ini?

Jalur masuknya banyak, ada SNMPTN undangan, SBMPTN tes dan Seleksi Mandiri yang menggunakan nilai rapor. Kalau ga salah ada juga loh jurusan seleksi mandiri khusus Youtuber.

Adakah tips untuk mahasiswa baru?

Untuk tipsnya kalian kencengin IPK, setelah itu jangan lupa ikut organisasi tapi jangan lupain akademik. Kadang dosen itu gamau tau, nilai kalian bisa dibikin jelek nanti kalau terlalu fokus ke organisasi dan melupakan tujuan utama berkuliah. Setelah itu, kalian kalau memilih teman itu yang aktif dan berkegiatan positif.

 

Kode konten: C977

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published.