Hukum, Universitas Negeri Semarang

Ilmu Hukum Unnes / Universitas Negeri Semarang (Saras)

Ilmu Hukum Unnes / Universitas Negeri Semarang (Saras)

Halo teman teman Intip Kuliah. Perkenalkan nama saya Dhanny Saraswati, mahasiswi jurusan Ilmu Hukum, Fakultas Hukum Universitas Negeri Semarang (UNNES) angkatan 2016. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan pengalam saya selama menempuh perkuliahan selama 7 semester di jurusan Ilmu Hukum UNNES. Mari kita sima bersama sama. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat aku balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok, pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Apa yang dipelajari di Jurusan Ilmu Hukum UNNES?

Sesuai dengan nama jurusannya, dalam perkuliahan mahasiswa ilmu hukum diajarkan berbagai macam mata kuliah teori hukum. Pada awal semester akan diberikan mata kuliah dasar dasar ilmu hukum. Seperti Pengantar Ilmu Hukum, Pengantar Hukum Indonesia, dan Ilmu Negara. Pada semester 2-4 kita akan diberikan mata kuliah teori hukum yang lebih spesifik dan menyangkut berbagai aspek kehidupan masyarakat. Contohnya adalah mata kuliah Hukum Adat, Hukum Dagang, Hukum Perdata, Hukum Pidana, Hukum Tata Negara, Hukum Islam, Hukum Administrasi Negara, Hukum Agraria, Hukum dan HAM, Hukum Internasional, Hukum Lingkungan, Hukum Perikatan dan lain sebagainnya.

Pada semester 5 dan 6 mahasiswa jurusan Ilmu Hukum UNNES akan mulai mempelajari cara melaksanakan simulasi persidangan. Persidangan Perkara Perdata, Perkara Pidana, Perkara Tata Usaha maupun Sidang Mahkamah Konstitusi. Mahasiswa akan belajar secara langsung untuk menyusun berkas persidangan dari awal sampai akhir. Juga melakukan evaluasi dari berkas sidang tersebut dalam bentuk simulasi persidangan di ruang praktek sidang yang telah diatur seperti ruang persidangan yang sesungguhnya. Dalam hal ini mahasiswa akan mempelajari hukum acara atau hukum secara formil.

Mata Kuliah Asyik dan Dosen Idola Semua Mahasiswa

Ada banyak sekali mata kuliah yang dipelajari. Diantarannya, Pengantar Ilmu Hukum, Pengantar Hukum Indonesia, Ilmu Negara, Hukum Pidana, Hukum Perdata, Bentuk Bentuk Tindak Pidana, Hukum Pidana Khusus, Penitensier, Hukum Acara Mahkamah Konstitusi, Praktek Peradilan Pidana, Praktek Peradilan Perdata, Praktek Peradilan Tata Usaha Negara dan masih banyak lagi. Mata kuliah favorit saya adalah mata kuliah yang mewajibkan mahasiswa untuk melaksanakan praktek simulasi sidang yaitu mata kuliah Hukum Acara Mahkamah Konstitusi, Praktek Peradilan Perdata, Praktek Peradilan Pidana dan Prkatek Peradilan Tata Usaha Negara.

Dalam mata kuliah tersebut mahasiswa akan belajar bagaimana menyusun berkas persidangan untuk digunakan dalam praktek persidangan. Sebagai contoh untuk mata kuliah Praktek Peradilan Pidana, mahasiswa diminta untuk menyusun berkas perkara persidangan yang biasanya berkaitan dengan perkara perkara pidana meliputi tindak kejahatan dan kriminal contohnya pembunuhan, pemerkosaan, permapokan dan lain sebagainnya. Setelah berkas persidangan disusun sedemikian rupa, maka mahasiswa yang telah membentuk kelompok akan membagi peran sesuai dengan alur persidangan yang sesungguhnya di pengadilan negeri. Ada yang berperan sebagai hakim, jaksa, penuntut umum, terdakwa dan juga saksi. Sma halnya dengan mata kuliah praktek peradilan yang lain, hanya saja untuk praktek peradilan perdata, kasus yang diperkarakan dalam persidangan akan mneyangkut persoalan perdata misalnya permohonan ganti nama, wanprestasi, dan lain sebagainnya.

schooters

Dosen favorit saya adalah Bapak Laga Sugairto, pengampu mata kuliah Hukum Acara Mahkamah Konstitusi. Beliau adalah salah satu dosen yang berpengalaman di luar kampus. Beliau banyak sekali menghasilkan karya berupa jurnal dan artikel yang telah banyak dipublikasikan. Cara beliau mengajar ialah memberikan contoh kasus yang nyata di masyarakat. Hal itu kami lebih mudah memahami materi perkuliahan dan mempertajam analisis kami sebagai mahasiswa hukum.

Konsentrasi di Jurusan Ilmu Hukum UNNES

Konsentrasi di Fakultas Hukum UNNES ada tiga yaitu Pidana, Perdata dan HTN-HAN. Mahasiswa diwajibkan memilih konsentrasi saat semester 5. Perdata ada dua bagian yaitu Perdata Dagang dan Perdata Agraria. Konsentarsi Pidana fokus dalam mempelajari Pidana. Dalam hal ini Hukum Pidana merupakan keseluruhan dari peraturan peraturan yang menentukan perbuatan apa yang dilarang dan termasuk ke dalam tindak pidana serta menentukan hukuman apa yang dapat dijatuhkan terhadap yang melakukannya. Beberapa tambahan mata kuliah yang menjadi pendalaman jurusan pidana contohnya mata kuliah Hukum Pidana Anak, Hukum Pidana Interansional, Sistem Peradilan Pidana, dan sebagainnya.

Konsentrasi Perdata akan mempelajari Hukum Perdata secara mendalam. Hukum perdata merupakan ketentuan yang mengatur hak dan kepentingan antar individu dalam masyarakat. Hukum Perdata Dagang akan menempuh mata kuliah tambahan berupa Hukum Investasi, Hukum Pasar Modal, Hukum Perbankan dan Hukum Perlindungan Konsumen.

Konsentrasi HTN-HAN akan fokus mempelajari hukum yang mendefinisikan hubungan antara berbagai lembaga di dalam suatu negara, yaitu eksekutif, legislatif dan yudikatif. Untuk Konsentasi HTN-HAN akan mempelejari mata kuliah konsentrasi berupa Hukum Keuangan Negara, Hukum Konstitusi, Hukum Kesehatan dan Hukum Politik.

Tips-Tips Untuk Mahasiswa Baru Jurusan Ilmu Hukum UNNES

Untuk dapat memahami teori teori ilmu hukum, maka setiap mahasiswa harus memiliki minat baca yang tinggi. Tanpa memiliki minat baca yang tinggi, akan sulit berkembang secara pemahaman dan pengetahuan. Selain memiliki minat baca yang tinggi, mahasiswa hukum wajib untuk mengikuti perkembangan terbaru mengenai aturan aturan hukum terbaru serta isu-isu hukum yang muncul di masyarakat. Sering sering mengikuti acara acara diskusi mengenai hukum dan bertukar pikiran dengan dosen atau teman teman yang lebih luas wawasannya. Baca juga artikelku tentang Seleksi Beasiswa Unggulan Kemendikbud. Klik disini ya

Yuk Asah Softskill dengan mengikuti organisasi !

Menjalani kuliah saja tanpa mengikuti kegiatan positif lainnya pasti hambar. Tips dari saya selanjutnya adalah selain menjalani perkuliahan jangan lupa untuk mengikuti seperti organisasi kemahasiswaan atau unit kegiatan mahasiswa (UKM) yang sesuai dengan passionmu. Untuk organisasi kemahasiswaan di Fakultas Hukum UNNES ada Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM). Untuk UKM di Fakultas Hukum UNNES ada berbagai macam bidang misalnya kepenulisan ilmiah yaitu Lex Scientia, Kerohanian Islam yaitu KIFH,  Praktek Peradilan Persidangan yaitu UKM Unit Peradilan Semu dan lainsebagainnya. Dalam organisasi dan UKM tersebut kita dapat mengasah softskill kita dengan mengikuti kepanitiaan dan belajar menjadi pemimpin. Hal tersebut akan sangat berguna saat kita memasuki dunia kerja nantinnya.

Prospek Kerja dan Persebaran Alumni

Sepengetahuan saya, alumni FH UNNES sebagian besar telah bekerja di berbagai sektor yang berkaitan dengan Hukum. Ada yang menjadi dosen, pengacara, hakim, jaksa dan lain sebagainnya. Dari beberapa yang telah mengkonfirmasi pekerjaan mereka setelah lulus, yaitu diantarannya berkarir sebagai Notaris, Hakim, Jakasa, Staff Kedutaan Besar RI untuk New York dan Kepala Departemen Hubungan Industri di PT Mayora Tbk dan sebagainnya. Bagi alumuni yang berminat untuk berkarir sebagai advokat atau pengacara, setelah lulus dapat menempuh Pendidikan Profesi Advokat dan setelah itu dapat mengikuti magang terlebih dahulu di kantor advokat sebelum merintis untuk mendirikan kantor advokat sendiri.

Harapan dan Rencana Setelah Lulus

Setelah lulus nanti saya berencana untuk berkarir di perusahaan BUMN dan mecoba untuk menekuni posisi HRD. Karena saya tertarik untuk mendalami sistem ketenagakerjaan secara luas yang menjadi kewenangan bagi seorang HRD dalam suatu perusahaan. Semasa kuliah, saya cukup tertarik dengan mata kuliah Hukum Ketenagakerjaan yang mempelajari seluk beluk sistem ketenagakerjaan meliputi hak dan kewajiban pekerja di Indonesia. Apabila saya dapat berkakir sebagai HRD saya akan mendapatkan kesempatan untuk mengaplikasikan ilmu yang telah saya pelajari saat kuliah. Sambil berkarir nantinya saya juga akan menambah keilmuan saya dengan menempuh pendidikan magister ilmu hukum. Semoga harapan saya untuk dapat mengamalkan ilmu saya di masyarakat dapat terwujud dengan baik.

Kode Konten: X145

Komen dibawah! 8

  1. NN

    Kak, mau nanya kalo disuruh milih antara perdata dagang sama agraria pilih yang mana? Dan alasannya kenapa?

  2. Abib

    Kak, nanti klo milih konsentrasi perdata, apakah disuruh milih lagi untuk agraria atau perdagangan ?

  3. battecomrade

    HTN-HAN apa tu kak?

  4. Muhalifah

    Hallo kak,mau tanya nilai rata-rata. Untuk masuk ilmu hukum unes berapa ya kk?

  5. notyourtype

    permisi ka, mau tanya buku buku pendamping buat anak hukum unnes apa aja ya ka? kebetulan saya maba fh unnes

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *