Ilmu Kelautan, Universitas Bangka Belitung

Ilmu Kelautan Universitas Bangka Belitung (Eka)

Halo sobat intipers! Aku Eka Sofiatun dari Ilmu Kelautan Universitas Bangka Belitung angkatan 2020. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Bagaimana gambaran umum program studi Ilmu Kelautan Universitas Bangka Belitung?

Ilmu kelautan mempelajari fenomena dan sumber daya yang ada dilaut agar bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin, namun dengan meminimalisir dampak negatif yang ditimbulkan.

Klik Gambar Di Bawah Jika punya masalah pribadi atau masalah kuliah yang ingin dikonsultasikan bersama mahasiswa Akhir Psikologi

intipkuliahcivi-min

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info live jurusan tiap minggu, TO Online, konsultasi jurusan, dan info seputar kuliah bisa gabung ke grup wa.

Apa alasan memilih jurusan Ilmu Kelautan?

Aku merupakan siswa gap year. Aku lulusan tahun 2019, tapi karena satu dan lain hal aku ga langsung lanjut kuliah. Ditahun 2020 aku memberanikan diri untuk ikut UTBK lagi. Waktu itu lagi pandemi kan. Dulu sebetulnya aku mau jadi dokter. UTBK-SBMPTN itu ada 2 pilihan kan, aku ambil prodi kedokteran dan ilmu kelautan. Tapi awalnya aku sama sekali gatau tentang ilmu kelautan. Setelah mencari tau sedikit tentang ilmu kelautan, aku ngerasa kayanya jurusan ini cocok deh untuk aku. Waktu itu orang tuaku belum tau juga tentang ilmu kelautan. Setelah aku bilang ke mama papa kalau aku lulus di ilmu kelautan, mama papaku bingung dan bertanya-tanya sebenarnya ilmu kelautan itu jurusan yang bagaimana sih?. Jadi bisa dibilang aku masuk jurusan ini dengan ketidaksengajaan. Tapi setelah aku jalani ternyata aku sadar ini kesempatan dari Tuhan yang gaboleh aku sia-siakan.

Klik Gambar Di Bawah Jika Tertarik Masuk Grup Whatsapp untuk info konsultasi jurusan, info TO online, live jurusan, dsb.

iklan-wa-min

Aku sedikit cerita ya. Angkatanku itu angkatan pandemi. Kita Cuma ada 1 kelas, awalnya jumlah mahasiswanya 40an. Setelah menjalani beberapa semester yang bertahan tinggal 30an orang dan yang mengejutkannya lagi sekarang malah lebih banyak perempuannya. Padahal awalnya lebih banyak laki-laki. Jadi ilmu kelautan gacuma cocok untuk laki-laki aja ya.

Apa mata kuliah khas atau tugas yang ada di Ilmu Kelautan?

Ilmu kelautan masuk kedalam rumpun ilmu sains. Kita belajar matematika, fisika, kimia dan biologi juga. Cuma kita belajar dasarnya aja. Untuk mata kuliah ilmu kelautannya kita belajar gelombang, arus, pasang surut dan jenis-jenis biota dilaut. Aku tipe yang getarlalu suka banyak materi dikelas. Nah ilmu kelautan cocok banget buat aku. Jadi kita praktikumnya selalu keluar seperti kelaut atau kepantai. Kuliah bisa kita jalani sambil refreshing. Kita gacuma belajar monoton dari buku saja. Kita juga belajar berenang sambil liat-liat ikan. Belajar sambil lihat pemandangan itu seru banget. Kita juga belajar asal-usul pembentukan laut di bumi. Kita juga belajar tentang cuaca. Selain itu kita akan mempelajar software terkait ilmu kelautan, misalnya bagaimana cara kita bikin peta distribusi laut. Kita juga belajar pengolahan tata ruang pesisir pantai, rehabilitasi, konservasi, AMDAL hingga hukum laut.

Apa saja konsentrasi dan keahlian di Ilmu Kelautan Universitas Bangka Belitung?

Di Ilmu Kelautan UBB sendiri ada 4 konsentrasi yaitu pemodelan, pemetaan, oseanografi dan biologi. Pemodelan belajar tentang mengkaji apa yang terjadi diwaktu lampau dan masa yang mendatang pada laut. Pemetaan belajar seusatu yang dikaji berupa bidang datar atau dimensi tiga. Oseanografi belajar laut itu sendiri. Biologi belajar tentang terumbu karang, megabentos, lamun dan biota laut lainnya.

Apa saja jalur masuk yang ada dijurusan ini?

Dijurusan aku ada 3 jalur masuk yaitu ada SNMPTN, UTBK SBMPTN dan mandiri. Temen-temen kalo mau masuk ilmu kelautan bisa masuk lewat jalur-jalur ini ya. Kuota mahasiswa yang diterima juga berbeda-beda, tahun lalu ada 2 kelas yang dibuka dan mungkin saja tahun-tahun kedepan akan ditambah kuotanya. Karena jurusan ini benar benar membutuhkan banyak lulusan yang komprehensif dan ahli dibidang kelautan.

Adakah tips untuk calon mahasiswa baru?

Aku sedikit cerita ya. Disini semester 1 ada mata kuliah wajib widya renang. Semester 2 ada mata kuliaj selam dasar dan semester 3 ada selam ilmiah. Di ketiga semester awal itu kita banyak banget kegiatan dikolam. Sebelum kita berneang pun kita harus pemanasan dilapang agar tidak kram atau cidera. Itu tuh bener-bener ngagetin buat aku karena kegiatan fisiknya banyak sekali. Kita praktikum juga biasanya jauh dari UBB. Jadi kita belum ada kolam sendiri dari kampus, kita memakai kolam dari provinsi. Untuk kesana kita biasanya naik bis selama 1 jam.

Kalau temen-temen takut karena gabisa renang, jangan khawatir. Kita akan diajari renang dari dasar sekali mulai dari cara bernafas, mengayuh kaki dan lainnya. Renang ini adalah pondasi kita, kalau kita gabisa renang kita gaakan bisa melakukan praktikum atau kegiatan lapang lainnya. Aku juga jujur ganyangka bisa sampai titik ini, karena awalnya aku takut, sama seperti ketakutan orang-orang lain kalau mau masuk ilmu kelautan. Pas renang bener-bener sulit diawal buat aku, aku takut tenggelam, takut gabisa aja deh pokoknya. Aku inget pernah disuruh ambil nilai renang sepanjang 200 m, aku berusaha tenang dan percaya diri dan alhamdulillah bisa dan lancar renangnya. Selain itu kita harus tetap semangat, pantang menyerah dan sering latihan.

Untuk urusan lain misal kalian gangerti sama matkulnya, itu gapapa banget. Temenku banyak yang dari SMK jurusan akuntansi, perkantoran, dan jurusan lain yang kalau masuk sini harus adaptasi lagi dari awal. Tapi karena lingkungan mendukung akhirnya semua problem itu bisa diatasi.

Prospek kerja dan alumni jurusan Ilmu Kelautan seperti apa?

Ini pertanyaan yang sering aku temui ya. Perspektif masayarakat tuh pasti bilang lulusan ilmu kelautan akan jadi nelayan. Padahal ngga sama sekali, kita kan belajar ilmunya, bukan diajari bagaimana cara menjadi nelayan. Title kita nantinya S.Si (sarjana sains). Kita bisa kerja di kementerian, bisa juga jadi PNS. Beberapa tahun terakhir banyak permintaan kerja dengan background ilmu kelautan. Kalau temen-temen mau jadi influencer dengan konten seputar ilmu kelautan juga bisa. Kita juga bisa jadi pengusaha, misalnya membuat tambak ikan atau tambak udang. Menjadi diver atau penyelam juga tentu saja bisa. No worry juga kalau temen-temen gamau kerja dilapang, temen-temen bisa kerja jadi ahli software.

Saya rasa karena ilmu kelautan ini belum banyak orang tau, jadi ilmu kelautan sering disepelekan. Indonesia ini dikelilingi laut, kita akan bergntung pada laut, akan banyak peran yang dapat dilakukan oleh mahasiswa ilmu kelautan dimasa mendatang.

Rencana dan harapan setelah lulus?

Setelah lulus saya berharap ilmu yang saya pelajari bisa bermanfaat bagi diri sendiri maupun masyarakat. Saya juga ingin menjadi orang yang berkontribusi dibidang rehabilitasi dan konservasi, menjaga dan melestarikan laut siupaya anak cucu nanti bisa menikmati laut itu sendiri. Laut itu adalah paru-paru dunia karena sebagian besar karbondioksida diserap oleh alga dilaut dan digunakan oleh terumbu karang untuk makan mereka. Saya pengen melestarikan hal ini.

Q&A

  1. Apakah saat kita praktikum kelaut nanti ada resiko bertemu hewan berbahaya seperti hiu misalnya?

Jadi sebelum dibawa kelaut pasti kampus akan melakukan pembekalan, hal-hal apa saja yang gaboleh dilakukna selama praktikum dilaut. Kita gaboleh sampai meneteskan darah kita dilaut. karena jika hal itu terjadi, hewan seperti hiu akan mendekat. Indera penciuman mereka sensitive sekali. Kita juga gabisa pakai perhiasan mencolok seperti emas karena ditakutkan nanti kita dikejar barracuda. Kita juga gaboleh megang hewan dengan corak menarik dilaut karena hal itu berbahaya. Ada ular laut, terumbu karang api, ubur-ubur dan hewan bercorak menarik tapi berbahaya lainnya. Saya belum pernah ketemu hiu sih, jangan sampai hal itu terjadi. Tapi kalau didaerah perairan seperti Raja Ampat maka kalian akan menemukan hiu. Tentunya hiunya sudah jinak ya. Kalau di Bangka Belitung sendiri alhamdulillah saya belum pernah bertemu hiu.

  1. Software apa saja yang diperlukan untuk mata kuliah dijurusan ini?

Saya baru belajar 2 software yaitu ArcGIS dan NV. Kalau kalian ga menguasai software ini ga masalah karena ketika praktikum atau mengerjakan tugas nanti kita akan dibagi menjadi beberapa tim.

Dijurusan ilmu kelautan kalau kalian mau beli laptop saya sarankan beli yang memiliki spek kuat dan besar karena software yang digunakan cukup berat.

Kode konten: C933

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published.

Lost your password? Please enter your email address. You will receive mail with link to set new password.