Ilmu Kelautan, Universitas Padjadjaran

Ilmu Kelautan Unpad (Ghena)

Ilmu Kelautan Unpad (Ghena)

Halo intipers semuanya. Kenalin aku Rizky Ghena Oktafira, biasa dipanggil Ghena dari Jurusan Ilmu Kelautan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Unpad angkatan 2016.

Apa mitos jurusan yang ada di Ilmu Kelautan Unpad?

Ngomong-ngomong soal ilmu kelautan ini, sering banget aku ditanya kalau pas lagi pulang kampung itu “jurusan kelautan mau jadi apa? Jadi nelayan ya?” Padahal kita gak belajar tentang menangkap ikan atau menjadi nelayan ya. Jadi masih ada salah persepsi gitu ya tentang jurusan ini.

[Jika kamu tidak ingin membaca artikelnya, buka video dibawah]

Apa aja yang dipelajari di jurusan ini?

Secara umum, mempelajari ilmu-ilmu dasar kelautan, biologi kelautan, fisika kelautan dan kimia kelautan. Kebayangnya saintek banget dan banyak hitungan ya? Sebenernya bisa dibilang ga terlalu banyak juga, malah lebih banyak biologinya. Kalau tentang hitungan itu banyaknya di awal-awal semester kaya hitungan-hitungan dasar seperti statistika. Nah, kalau semakin bertambah semester hitungannya itu lebih pada penerapan dari yang sudah kita pelajari sebelumnya. Biasanya hitungan ini digunakan untuk mengolah data yang kita dapat di lapangan. Mata kuliahnya banyak dan yang paling favorit buatku itu matkul Amdal, Farmakologi Laut dan Pengkajian Stok. Mata kuliah Amdal itu Analisis Mengenai Dampak Lingkungan membahas tentang isu-isu lingkungan yang dikaitkan dengan UU yang ada di Indonesia. Kita juga mengkaji perusahaan-perusahaan Indonesia yang Amdal-nya sudah baik tapi masih ada kesalahan dalam pengolahan limbahnya.

Apa aja kegiatan lapangannya? Tantangannya terberat menurut kamu apa?

Eh iya, jurusan ini gak luput praktikum ke lapangan hampir di setiap semester. Kita disitu Bener-bener cari data dan mengaplikasikan yang kita pelajari di kelas. Asyik banget! Pengalaman aku pernah ke Pulau Untung Jawa di Kepulauan Seribu, Pangandaran dan Pulau Pari. Di samping asyiknya kuliah di jurusan ini, aku juga pernah mengalami tantangan di semester awal khususnya di mata kuliah Widya Selam yang mana kita diajarin selam dan renang, nah sedangkan aku gak bisa renang sama sekali hehe dan praktiknya itu di kolam renang yang dalamnya 2 meter. Syukurnya adalah dosennya itu tidak melihat kemampuan kita. Namun melihat itikad, usaha, dan perkembangan kita dalam belajar renang.

Biasanya tugas yang diberikan seperti apa?

Selain praktik, sama seperti mahasiswa jurusan lainnya, kita juga diberi tugas membuat paper, resume jurnal, dan presentasi. Kalau ngomong-ngomong dosen favorit, aku suka hampir semua karena setiap dosen punya kompetensinya masing-masing, ada yang hebat teorinya ada juga yang pengalaman di lapangannya sudah mumpuni.

Biasanya alumni kerjanya dimana (prospek kerja Ilmu Kelautan Unpad)?

Nah, jurusan ini bisa terbilang baru ya, didirikan tahun 2007 jadi alumninya juga belum terlalu banyak. Banyak banget dosen yang kerja menjadi dosen, di instansi pemerintahan misalnya di KKP atau LIPI, bahkan NGO seperi Green Peace dan WWF. Rencana ku ke depannya juga pengen kerja di bidang-bidang konservasi gitu.

Apa tips-tips buat adik-adik yang mau ambil jurusan ini?

Oh iya pesanku buat adik-adik yang mau masuk jurusan ini, pastiin dulu kamu kenal dengan jurusan ini ya. Maksudnya jangan sampai ketuker dengan jurusan Teknik Kelautan karena keduanya itu beda guys. Kalau ilmu kelautan itu lebih pada pengetahuan-pengetahuan tentang laut, sedangkan kalau tekniknya itu lebih mempelajari konstruksi-konstruksi. Untuk temen-temen yang sudah keterima di jurusan ilmu kelautan lebih baik belajar renang dulu ya biar nanti gak kaget kaya aku ini. Semangat!

Kode Konten: Y150

Komen dibawah! 8

  1. Salman Al Farisi

    Kalau dari sma jurusan ips bisa masuk ga min?

    • oktafiraghena

      Hai Salman, ilmu kelautan UNPAD ini termasuk ke dalam rumpun saintek dimana mata kuliah yg diajarkan pun tidak jauh2 dari pelajaran IPA semasa kita SMA. Setau saya untuk program SNMPTN tidak diperbolehkan memilih jurusan yg berbeda dgn pilihan semasa SMA (dalam hal ini jurusan SMAnya IPS lalu kemudian memilih jurusan kuliah IPA), namun untuk SBMPTN sepertinya masih bisa (maaf jika salah) hanya saja peluangnya tidak sebesar yg memang berasal dari IPA. Semoga jawaban ini cukup membantu ya. Semangat!

  2. oktafiraghena

    Hai Salman, ilmu kelautan UNPAD ini termasuk ke dalam rumpun saintek dimana mata kuliah yg diajarkan pun tidak jauh2 dari pelajaran IPA semasa kita SMA. Setau saya untuk program SNMPTN tidak diperbolehkan memilih jurusan yg berbeda dgn pilihan semasa SMA (dalam hal ini jurusan SMAnya IPS lalu kemudian memilih jurusan kuliah IPA), namun untuk SBMPTN sepertinya masih bisa (maaf jika salah) hanya saja peluangnya tidak sebesar yg memang berasal dari IPA. Semoga jawaban ini cukup membantu ya. Semangat!

  3. Putri

    Ka, kalo emang gabisa berenang gimana ya?

  4. mentari asbila

    kak waktu kakak masih semester 1 ilmu kelautan yg mata kuliahnya biologi sama fisika kayak bagaimana sih kak pelajarannya

  5. Nadia

    kak, bisa jelasin prospek kerjanya lebih lanjut nggak? soalnya aku pingin ngeyakinin ortu

  6. hani

    peminatan di ilmu kalautan unpad apa aja ya kak? pilih peminatannya itu semester berapa?

  7. Diana

    ada ngga sih kak yang mahasiswa nya punya mata minus?

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *