Ilmu Keolahragaan, Universitas Pendidikan Indonesia

Ilmu Keolahragaan UPI (Calvin)

Ilmu Keolahragaan UPI (Calvin)

UPHai teman-teman intipers selamat datang di profil saya yah. Perkenalkan nama saya calvin chandra, teman-teman bisa panggil saya kelvin. Saya kuliah di jurusan ilmu keolahragaan UPI angkatan 2014 dan alhamdulilah saya telah lulus tepat waktu dengan predikat cum laude di tahun 2018. Sekarang saya bekerja sebagai PNS di jabatan analis keolahragan DISPORA Kab Bandung Barat. Yuk simak pengalaman saya di jurusan ilmu keolahragaan yang katanya jurusan para atlet berprestasi.

Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Apa yang dipelajari di Ilmu Keolahragaan?

Dilihat dari namanya ilmu keolahragaan sudah pasti akan mempelajari tentang dunia olahraga. Pada awal-awal semester kita akan memperlari kecabangan olahraga yang umum dijumpai. Seperti atletik, renang, sepakbola, basket, tenis, badminton, pencak silat dll. Walaupun nanti kita tidak bisa menguasai sepenuhnya. Minimal mengerti cabang olahraga tersebut sehingga ketika terjun dimasyakat kita bisa membantu seperti penyelenggaraan olahraga, menjadi wasit atau pelatih olahraga.  Jadi tidak heran mahasiswa baru nanti kulitnya gelap-gelap karena di lapangan terus.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Selain kecabangan olahraga, kita juga mempelajari materi-materi dasar yang menunjang olahraga, seperti anatomi dasar, ilmu gizi dasar, fisiologi dasar dll. Kemudian di semester pertengahan materi akan lebih banyak dari pada kecabangan olahraga dan materinya lebih mendalam, seperti sosiologi olahraga, fisiologi olahraga, psikologi olahraga, biomekanika olahraga, industri olahraga dll. Selanjutnya di semester akhir bagian pengaplikasian di lapangan seperti program KKN dan PPL/magang kemudian yang terakhir skripsi. Jika di lihat-lihat jurusan ilmu keolahragaan adalah gabungan dari berbagai jurusan yang di terapkan pada olahraga.

Apa bedanya PJKR, Kepelatihan dan Ilmu keolahragaan UPI?

Terkadang masyarakat menganggap bahwa jurusan olahraga itu cuma satu, padahal tidak. Di UPI, FPOK menaungi prodi Keperawatan, Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (PJKR), Pendidikan Kepelatihan Olahraga (PKO), Ilmu keolahragaan (IKOR) dan prodi baru yaitu Kondisi Fisik Olahraga. Kita bahas ketiga prodi yang saya singgung sebelumnya yaitu PJKR, PKO dan IKOR. Jika dilihat apa yang di pelajari paada masing2 prodi ini, PJKR lebih mendalami materi pendidikan jasmani seperti cara mengajar siswa untuk disekolah karena output nya  adalah menjadi guru olahraga. Kemudian di PKO lebih mendalami materi kepelatihan seperti cara membuat program latihan karena output nya adalah menjadi pelatih olahraga profesional. Selanjutnya di ilmu keolahragaan itu agak unik, karena ilmu keolahragaan adalah dasar ilmu dari jurusan-jurusan sebelumnya. Jadi di ilmu keolahragaan kita juga akan mendapatkan materi PJKR dan juga PKO sehingga out put dari ilmu keolahragaan lebih luas.

schooters

Ciri khas dan keseruan ilmu keolahragaan UPI

Di FPOK UPI ada masa bimbingan (mabim) dari para senior untuk mahasiswa baru. Itu selama kurang lebih satu tahun. Selama masa bimbingan itu biasanya para mahasiwa baru ini harus mencukur rambutnya sampai botak dan memakai kemeja kotak-kotak. Kesannya seperti senioritas sih namun di situ mahasiswa baru ini dididik agar selalu kompak dan bermental kuat. Dengan itu maka akan terjalin pertemanan yang solid antara teman sebaya dan para senior. Berbeda dengan jurusan lain non FPOK yang masa bimbingannya hanya beberapa bulan bahkan tidak ada sama sekali yang menurut saya kurang seru aja sih.

Pada jurusan olahraga yang ada di FPOK memiliki pakaian khas untuk praktek lapangan atau kecabangan olahraga. Namanya “baju kebangsaan”. Pakaian tersebut terdiri dari, untuk pria kaos lekbong putih dan celana hitam pendek. Untuk wanita bagi yang tidak berhijab menggunakan kaos lengan pendek putih dan celana hitam pendek dan bagi yang berhijab menggukan kaos panjang putih dan celana hitam putih.

Ketika kita sedang mempelajari mata kuliah kecabangan olahraga, biasanya dosen menyuruh kita bertanding dengan klub/tim olahraga di luar kota. Contohnya sedang ada mata kuliah kecabangan sepakbola, jadi kita disuruh bertanding dengan klub sepakbola di luar kota. Jadi kita sambil kuliah sekalian jalan-jalan juga keluar kota, seru kan.

Mahasiswa-masiswa di FPOK di kenal dengan mahasiswanya yang jarang kuliah, bukan karena sering bolos. Melainkan karena kebanyak mahasiswanya adalah atlet olahraga. Mereka biasanya meminta dispensasi kepada dosen ketika ada pertandingan di luarkota atau luar negeri mewakili daerahnya masing-masing bahkan ada yang mewakili indonesia. Keren kan punya teman atlet berprestasi, yang biasanya jika menang dan dapet bonus merekaa akan meneraktir teman-teman kuliahnya

Tips untuk mahasiswa baru yang mau ke ilmu keolahragaan

Penerimaan mahasiswa baru di UPI ada 3 seperti PTN lainnya, ada jalur SNMPTN, SBMPTN, dan jalur mandiri. Untuk teman-teman yang sebelumnya atlet berprestasi akan di mudahkan lolos jurusan ilmu keolahragaan. Saya sarankan daftar lewat jalur SNMPTN terlebih dahulu, biasanya di suruh melampirkan piagam prestasi dan membuat video cabang olahraga masing-masing.  jika SNMPTN gagal teman-teman bisa lewat jalur SBMPTN dengan melewati tes terlebih dahulu, tes tertulis, tes kesehatan dan tes fisik. Saya tidak menyaranakan untuk jalur mandiri karena mahal.

Setelah teman-teman lolos dan masuk jurusan ilmu keolahragaan, teman-teman ikuti aja kegiatan masa bimbingan dengan senior-senior tercinta seperti yang saya jelaskan sebelumnya. Jangan di bawa baper yah, toh ga akan ada perlakuan fisik juga. Selanjutnya teman-teman ikuti kegiatan kuliah dengan serius, jika mau lulus cumlaude sebisa mungkin teman-teman dapet nilai A di setiap mata kuliah. Oh jangan lupa selain aktif di kegiatan mata kuliah, teman-teman sebisa mungkin aktif di organisasi kampus, seperti di himpunan mahasiswa, Badan eksekutif mahasiswa dll. Itu penting banget untuk teman-teman melatih softskill dan publik speaking. Jika teman-teman adalah atlet, dan ada pertandingan yang mengharuskan meninggalkan kegiatan kuliah, secepat mungkin membuat surat dispensasi. Kalau tidak, bisa-bisa di kira alfa. Jika absen kurang dari 80% teman-teman bisa gagal di mata kuliah tersebut dan mengulang di semester selanjutnya.

Lihat vlog dari ribuan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Prospek kerja jurusan ini

Seperti yang disinggung sebelumnya jurusan ilmu keolahragaan memiliki prospek kerja yang cukup luas. Secara garis besar, dilihat dari senior dan teman-teman saya kebanyakan menjadi instruktur di gym, di hotel, klub renang dan pelatih olahraga. Selain itu ada juga yang jadi pegawai di pemerintahan seperti di KEMENPORA dan DISPORA. Ada juga yang menjadi guru namun karena ilmu keolahragaan adalah jurusan non pendidikan sebisa mungkin teman-teman mengambil pendidikan profesi guru (PPG) selama 1 atau 2 tahun. Tidak sedikit juga alumni yang membuat usaha sendiri, seperti membuat klub renang, membuat lapangan futsal, membuat start up personal trainer online dll. Selain yang berkaitan dengan olahraga, ada juga loh alumni  yang berkarier di luar jurusannya. Ada yang jadi pegawai BPJS, pegawai bank, TNI dan POLRI.

Harapan dan rencana setelah lulus

Alhamdulilah saya sudah lulus dan salah satu harapan saya menjadi PNS telah tercapai. Saya masih memiliki harapan dan rencana yang lain. Saya akan fokus berkarier di PNS ini sampai ke jabatan tertinggi agar saya bisa membuat kebijakan-kebijakan olahraga yang bisa memajukan olahraga. Minimal di daerah sendiri dan maksimal sampai skala nasional. Selain itu saya ingin membuat industri olahraga sendiri sehingga membuka lowongan kerja untuk lulusan ilmu keolahragaan yang akan datang.

Kode konten: X464

Calvin Chandra
hallo nama saya calvin chandra saya adalah lulusan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) jurusan ilmu keolahragaan dan sekarang sedang bekerja sebagai PNS di DISPORA Kabupaten Bandung Barat, Jawa barat. untuk teman-teman yang mau mengetahui jurusan-jurusan olahraga dan prospek kerjanya silahkan kunjungi profil saya, terima kasih

Komen dibawah! 1

  1. michael scofield

    kak kalau ppl ikor itu mengajar di sekolah” atau bagaimanaa??

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *