Olahraga, Universitas Pendidikan Indonesia

Ilmu Keolahragaan UPI (Fahri)

Ilmu Keolahragaan UPI (Fahri)

Hai! Nama saya Fahri dari jurusan Ilmu Keolahragaan UPI. Pada kesempatan kali ini aku mau sharing mengenai pengalaman kuliahku. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat saya balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok, pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Apa aja yang dipelajari di jurusan Ilmu Keolahragaan UPI?

Banyak yang berpikiran kalau jurusan olahraga nantinya ujung-ujungnya jadi guru, nah kita kan non pendidikan jadi kita itu lebih luas nanti prospek setelah lulus. Banyak juga stigma katanya kalau jurusan olahraga pasti belajarnya olahraga doang, kalau di Ikor itu enggak karena kita juga belajar banyak aspek dari olahraga yang dipelajari, misalnya tentang manusianya, manajemennya juga. Oh ya, karena jurusannya non-kependidikan jadi gelarnya S, Or.

Ikor ini kita mempelajari dasar-dasar keolahragaan, mulai dari ilmu anatomi, fisiologi, biomekanik, kondisi fisik, olahraga berdasarkan jenjang umur, dan masih banyak lagi seputar keolahragaan yang pasti seru-seru. Selain teori banyak juga praktiknya. Kita akan belajar lagi banyak cabang olahraga dari 0.

Slide5

Ada 5 konsentrasi di jurusan ini yang bisa diambil di semester 4:

  1. Tenaga ahli kesehatan non medis itu fokus mempelajari olahraga kesehatan masyarakat.
  2. Asistensi penelitian yang fokus ke penelitian keolahragaan.
  3. Analisis keolahragaan fokus mempelajari teori-teori keolahragaan.
  4. Kebugaran belajar tentang kebugaran tubuh manusia untuk di fitness center
  5. Terakhir ada pembinaan kegiatan keolahrgaan itu seperti rekreasi dan outbond.

Tugas kuliahnya kaya gimana?

Tugasnya itu kita kalau misalnya di lapangan selain praktik olahraga juga banyak terjun ke masyarakat, ke klub olahraga lansia ikut ngajar di sana, meneliti anak usia dini, ke perusahaan olahraga dan pas praktisi akhir itu ada yang ke Dispora, Koni, Kemenpora. Mata kuliah teori tugasnya banyak presentasi dan membedah jurnal.

Apa mata kuliah di Ilmu Keolahragaan UPI dan dosen favorit aku?

Ada biomekanika, fisiologi, anatomi, kondisi fisik. Kalau dari praktiknya itu ada renang, atletik, pencak silat, golf, futsal, panahan dan masih banyak lagi. Favorit saya untuk sekarang itu mata kuliah Kondisi Fisik karena mempelajari kondisi fisik manusia yang baik itu seperti apa yang fit gitu untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Kalau dosen favorit itu Pak Iman karena ilmunya cukup luas dan sangat bermanfaat bagi kita.

Apa tantangan terbesar kuliah di jurusan ini menurutku?

Tantangan untuk mahasiswa olahraga itu menjaga kondisi fisik karena aktivitasnya banyak kalau gak dibarengi dengan makan dan istirahat yang cukup gak akan baik juga buat tubuh. Jadi harus pinter-pinter juga.

Prospek kerja Ilmu Keolahragaan UPI / alumni kerja dimana aja?

Di data prodi sendiri alumni udah menyebar, bisa jadi PNS di Dispora, Menpora, Koni, di Dinas Kesehatan. Jadi fitness center jadi personal trainer, di ranah gizi juga ada dan melanjutkan ke TNI/Polri juga ada.

Tips buat kamu yang mau masuk jurusan ini?

Jangan males belajar tentang manusia, mulai dari bagian tubuh, fungsi tubuh dan gimana kerjanaya. Jangan males cari info tentang dunia keolahragaan dan olahraga juga biar ga keteteran buat nanti praktiknya.

Harapan dan rencana setelah lulus?

Ingin memperdalam di ilmu manusianya karena merasa lebih bermanfaat ke depannya.

Kode Konten: Y198

Komen dibawah! 5

  1. Haidar

    Ka apa bisa jadi atlet juga kah?,ada yang sudah menjadi atlet kah di UPI ka?

    Kayanya seru tuhh ka fisiologi dan anatomi

  2. Fachrul

    ka, apa di ikor ini bisa menjadi seorang atlet? dan pada saat kita kuliah apakah ada kemungkinan tawaran job yang berhubungan langsung dengan ikor ini?

  3. Putri ilfah nauliyah

    Ka, kira kira nilai kita buat bisa masuk Ikor tu kisaran berapa sii

  4. michael scofield

    kak kalau saat ppl nya itu ngajar di sekolah” apa gimanaa??

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *