Keperawatan, Universitas Muhammadiyah

Ilmu Keperawatan UMM (Tegar)

Ilmu Keperawatan UMM (Tegar)

Hallo Intipers, perkenalkan namaku Satria Tegar Prakasa, sering dipanggil Tegar. Sekarang aku sedang kuliah di jurusan Ilmu Keperawatan UMM atau Universitas Muhammadiyah Malang . Nah sekarang aku ingin sharing pengalaman-pengalaman nih yang sudah aku lalui selama 6 semester selama kuliah di jurusan Ilmu Keperawatan.

Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya. Yuk simak pengalaman saya.

Apa aja sih yang dipelajari di jurusan S-1 Ilmu Keperawatan UMM?

Sesuai namanya, sebenarnya Ilmu Keperawatan dan S1 Keperawatan maknanya sama kok hehe :). Jadi seperti yang kalian tahu bidang studi ini mengajarkan kita tentang lebih dalam hal hal yang berkaitan dan apa itu keperawatan, nah sekaligus menyiapkan kita untuk menjadi seorang perawat. Umumnya sendiri, beberapa masyarakat percaya bahwa dokter dan perawat hampir sama, akan tetapi sejatinya sangat berbeda. Tugas utama dokter yaitu curing (Hal-hal yang berkaitan tentang pengobatan dan mengobati pasien), sedangkan tugas perawat adalah caring yaitu mengembalikan dan merawat fisik dan mental pasien yang mengidap suatu penyakit agar sehat kembali.

promo-web

Selain itu, ilmu keperawatan sangatlah luas dan memiliki tantangan tersendiri. Kita juga mempelajari jenis-jenis penyakit, bagaimana meningkatkan kemampuan problem solving (pemecahan masalah) dengan cepat dan benar, kemampuan komunikasi, berpikir kritis dan bekerja secara tim. Perawat juga tidak berada di rumah sakit melulu lho, sebagai contoh relawan bencana pun juga membutuhkan tenaga perawat. Disana perawat juga berusaha membantu agar pasien yang terkena bencana bisa kembali kondisi semula secara lebih cepat karena berada pada kondisi status gawat darurat. Oleh karena itu tidak masalah kok jika temen-temen lebih memilih keperawatan karena pada faktanya dalam 10 tahun kedepan, perawat termasuk profesi yang sangat dibutuhkan.

Apa aja yang khas dari jurusan Ilmu Keperawatan UMM?

Sebenarnya secara umum keperawatan mengajarkan tentang bagaimana perawat merawat pasien sampai dari sakit menjadi sehat kembali. Akan tetapi, pertama-tama kita harus memahami ilmu keperawatan dasar. Bagaimana sejarah perawat itu terbentuk sampai sekarang, bagaimana cara meningkatkan mental kita saat bertemu pasien secara langsung, bagaimana cara berkomunikasi yang baik dan benar, dan lain sebagainya. Kemudian, di kampusku yang paling khas dari jurusan ini adalah adanya mata kuliah Blok dan Non-Blok.

Nah dari mata kuliah tersebut dibagi menjadi mata kuliah lagi. Menurutku definisinya dari mata kuliah Blok yaitu matkul yang mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan dunia keperawatan secara langsung kepada pasien. Non-Blok yaitu matkul yang berkaitan dengan keperawatan tetapi tidak secara langsung kepada pasien tersebut seperti keselamatan kerja perawat, sistem informasi keperawatan, dan sebagainya. Kemudian yang paling khas yaitu OSCE, dengan adanya ujian ini, kemampuan praktik kita sangat dipertimbangkan oleh penguji karena nilainya cukup besar. Rata-rata mahasiswa menganggap tes ini yang paling deg deg an.

Mata kuliah dan dosen yang paling favorit?

Menurutku pribadi ada 3 mata kuliah yang paling aku minati yang pertama adalah Keperawatan Gerontik. Disini merupakan bagian keperawatan yang berfokus pada seseorang/pasien yang sudah dewasa akhir maupun lansia. Alasan menjadi favoritku karena merawat lansia itu gampang gampang susah, di mata kuliah ini juga aku mempelajari beberapa pelayanan khusus bagaimana caranya agar kita bisa memodifikasi mental mereka yang sering berubah apabila mengidap suatu penyakit. Yang kedua adalah Keperawatan Medikal Bedah, aku sangat suka dengan matkul ini karena berkaitan dengan anatomi tubuh manusia dan juga disini aku mempelajari perjalanan bagaimana cara penyakit mulai beraksi dari awal sampai penyakit itu sendiri muncul. Terakhir adalah mata kuliah Bahasa Inggris Perawat Profesional, kok bahasa inggris? yap meskipun bahasa inggris identik dengan jurusan bahasa inggris, faktanya bahasa inggris dalam dunia keperawatan sangat penting lho. Untuk dosen favorit di kampusku justru semuanya favorit karena masing-masing dosen punya karakter masing-masing.

Konsentrasi di Ilmu Keperawatan UMM?

Selama kuliah di S1 Keperawatan, ada beberapa konsentrasi yang harus kita pelajari. Apa sajakah itu? Nah berikut ini saya share beberapa konsentrasi yang ada di jurusan Ilmu Keperawatan UMM.

  • Gerontik : Mempelajari bagaimana cara merawat lansia, penyakit-penyakit yang sering dialami lansia dan cara melakukan manajemen saat lansia mengidap suatu penyakit.
  • Anak : Mempelajari konsep dasar keperawatan anak, prinsip keperawatan anak dan beberapa fase umur anak dan bagaimana cara manajemennya.
  • Departemen Dasar : Fokus pada ilmu yang membentuk pemahaman paradigma, teori-teori keperawatan, dan konsep pertumbuhan dan perkembangan manusia sekaligus profesi keperawatan.
  • Departemen Jiwa : Disini bukan berarti kita hanya fokus ke pasien dengan gangguan jiwa aja lho, akan tetapi bagaimana perawat meningkatkan sampai mempertahankan perilaku pasien agar membaik juga. Termasuk bagaimana cara perawat agar pasien kita tidak stres misalnya.
  • Departemen KGD : Kalian akan dipaksa berpikir dan melakukan tindakan yang cepat dan benar kepada pasien yang mengalami sakit yang dapat mengancam kehidupan pasien. Umumnya sering bertugas di ruang UGD.
  • Departemen Maternitas : Mempelajari banyak hal seperti sistem reproduksi manusia lebih dalam, kehamilan, melahirkan, bahkan setelah melahirkan.
  • Departemen Komunitas & Keluarga : Mempelajari pelayanan menyeluruh dengan keluarga dan masyarakat sebagai sasaran kalian. Karena ini berhadapan dengan banyak orang terutama komunitas, maka kerja sama tim sangat diperlukan disini.
  • Departemen Keperawatan Medikal Bedah : Mempelajari fisiologi dan patofisiologi manusia secara menyeluruh, tindakan-tindakan ke pasien.. Biasanya disini mempelajari penyakit yang lebih luas dan kompleks

Biasanya ketika kalian menjalani skripsi atau tugas akhir, konsentrasi di atas sangat mempengaruhi karena disitu kalian akan memilih konsentrasi yang kalian minati.

Ketika jadi pengurus seminar international health conferences 2019

Tips-tips untuk maba Ilmu Keperawatan

Nah terbayang bukan? Eeits tunggu dulu! kali ini aku juga punya beberapa tips agar kalian bisa kuliah dengan tenang, nyaman dan aman.

  • Manajemen Waktu : Sebagian dari kalian mungkin ada yang terlihat tabu dengan manajemen waktu, padahal faktanya dalam dunia kesehatan manajemen waktu adalah hal yang sangat penting, jika kalian meremehkan hal ini, maka beberapa tugas kalian akan keteteran bahkan ilmu yang kalian akan dapat tidak maksimal.
  • Carilah Teman yang lebih Giat : Sesuai namanya, kita harus dekati beberapa temen kita yang mungkin lebih pintar atau lebih giat. Faktanya, lingkungan sangat berpengaruh dengan cara kita belajar lho. So, jika sudah kalian dekati coba untuk ajak belajar bareng pasti kalian akan lebih termotivasi.
  • Ikuti Kegiatan/Organisasi yang Sesuai: Ketika kalian kuliah, saranku jangan cuma kuliah pulang kuliah pulang. Karena dengan kalian mengikuti organisasi, kalian bisa ngembangin potensi yang ada dalam diri kalian seperti sarana latihan jika kalian ingin menguasai public speaking, jadi MC, dan lain-lain kalian bisa mengembangkan itu sembari kuliah.

Prospek Kerja Sebagai Ners?

So, jika nantinya kalian udah lulus profesi Ners, kalian bisa melewati tahap untuk STR (Surat Tanda Registrasi), yaitu untuk menentukan apakah kalian layak menjadi perawat dan sekaligus agar kalian bisa bekerja di rumah sakit dan tes tersebut berupa uji kompetensi. Hal itu juga menjadi bukti tertulis yang diberikan pemerintah bagi kalian yang sudah memenuhi standar kompetensi berdasarkan ujian tadi temen-temen. Jika sudah berhasil melewati tahap tersebut kalian bisa melamar pekerjaan ke rumah sakit yang membuka lowongan. Apabila kalian ingin punya tantangan lebih, kalian juga bisa mendaftar program kerja profesi perawat di luar negeri lho.

Harapan dan Rencana Setelah Lulus?

Untuk rencananya sendiri setelah lulus kuliah, tentunya aku harus ke jenjang profesi Ners dulu agar bisa memenuhi syarat menjadi perawat yang layak terpenuhi. Dan disini aku punya harapan dan cita-cita menjadi perawat di rumah sakit Jepang. Aamiiin Ya Rabbal Alamiin…..

Terima kasih sudah membaca ceritaku di atas.

Kode konten: X362

Komen dibawah! 4

  1. Review Jurusan & Pengalaman Kuliah > Keperawatan Unpad (Helpika)

    […] Ilmu Keperawatan Universitas Muhammadiyah Malang (Tegar) […]

  2. Liviaa

    Di jurusan ilmu keperawatan ada yg lulusan SMK kak? Rata” SMA yaa?

  3. Anisa Purnama

    Untuk jurusan keperawatan ini mengikuti tes atau tidak? Terimakasih kak, saya harap kakak bisa membalas secepatnya:)

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *