Keperawatan, Universitas Padjadjaran

Ilmu Keperawatan Unpad (Rohman)

Ilmu Keperawatan Unpad (Rohman)

Mata Air Indonesia, Begitulah aku menyebut diriku untuk menggapai mimpiku. Mahasiswa bernama Rohman Hikmat Universitas Padjadjaran angkatan 2017. Saya akan membagikan pengalaman perkuliahan yang telah saya lalui selama enam semester di Fakultas Keperawatan. Semoga bisa menjadi manfaat yang luar biasa untuk seluruh pembaca, mari kita sama-sama belajar untuk menjadi pembelajar yang hebat. Saya juga merupakan penerima 4 beasiswa yaitu Beasiswa Bidikmisi, Beasiswa Etos, Beasiswa Bintang Mandiri, dan Beasiswa Cinta Kata.

Apa itu Keperawatan Unpad?

Apa yang pertama kali kamu pikirkan tentang jurusan Keperawatan? mungkin beberapa terbersit asisten dokter, pembantu dokter, dan lain-lain. Sebagai calon perawat kita adalah mitra dari tenaga kesehatan yang lain untuk sama-sama meningkatkan drajat kesehatan masyarakat. Sekali lagi, perawat bukanlah pembantu dokter, semua tenaga medis adalah setara karena fokus kita adalah mencapai derajat kesehatan pasien setinggi-tingginya.

BELAJAR APA SAJA DI KEPERAWATAN UNPAD?

Jurusan Keperawatan akan mempelajari banyak hal karena kita terbagi menjadi beberapa keahlian/spesifikasi yaitu keperawatan dasar, keperawatan anak, keperawatan medikal bedah, keperawatan kritis, keperawatan gawat darurat dan bencana, keperawatan jiwa, dan keperawatan komunitas. Jurusan keperawatan akan melihat secara luas manusia, dan harus menyadari bahwa manusia adalah makhluk yang unik. Hal tersebut menyebabkan intervensi yang diberikan kepada klien kita berbeda. Singkatnya, belajar di keperawatan akan dimulai dari Anatomi dan Fisiologi, lalu lanjut ke masalah dan diagnosis keperawatan, lalu kita akan mempelajari intervensi yang akan diberikan kepada klien. Tidak hanya perihal menyembuhkan klien, tapi kita harus melihat sisi psikologis dan keunikan klien pula. Sehingga saat menangani klien, kita dituntut untuk memperhatikan kenyamanan, kecemasan, dan sisi psikologis klien untuk mencapai kesehatan yang optimal.

Sebagai orang ekstrovert dan suka berkomunikasi dengan banyak orang, aku pribadi sangat menyukai mata kuliah Keperawatan Jiwa dan Komunikasi Keperawatan. Dua mata kuliah tersebut berfokus pada kenyamanan klien karena melalui lingkungan yang nyaman kita akan membangun mental positif untuk mencapai kualitas perawatan yang optimal. Buat kamu yang suka komunikasi, suka bergaul dengan orang lain, semangat jika harus berada di lingkungan yang banyak orang. Pasti bahagia mengikuti perkuliahan di Keperawatan Jiwa dan Komunikasi Keperawatan.

BAGAIMANA SISTEM PERKULIAHAN DI KEPERAWATAN?

Sistem perkuliahan di Keperawatan ada 3 yaitu lecture, tutor, praktikum. Lecture merupakan kelas besar di mana kita akan diskusi terkait dengan banyak materi mengenai keperawatan. Tutorial merupakan kelas kecil sekitar 10-15 orang untuk membahas kasus atau membahas materi tertentu yang dibimbing oleh dosen tutor agar fokus memahami setiap materi. Selanjutnya yaitu praktikum yang terbagi menjadi praktikum lapangan dan praktikum laboratorium. Praktikum ini kita akan terjun langsung ke masyarakat, ke laboratorium, dan ke rumah sakit. Sehingga praktikum lapangan ini kita harus berhadapan langsung dengan klien secara langsung.

schooters

Spesifikasi Apa Saja di Keperawatan?

Sebelumnya aku sudah singgung tadi di mata kuliah yang ada di Keperawatan. Karena kita berfokus pada manusia sejak dari dalam kandungan sampai meninggal. Maka banyak sekali  spesifikasi di Fakultas Keperawatan. Namun kita akan mempelajari semuanya, karena untuk S1 itu belum dispesifikasi pada kekhususan tertentu sehingga kita harus menguasai semuanya. Jurusan Keperawatan juga ada mata kuliah yang menjadi prasyarat untuk menempuh mata kuliah berikutnya. Sehingga kita harus fokus di setiap mata perkuliahan karena setiap mata kuliah akan berkesinambungan. adapun spesifikasi di jurusan Keperawatan yaitu :
1. Keperawatan Medikal Bedah, berfokus pada penangan masalah keperawatan di bidang organ dalam.

2. Keperawatan Kritis, berfokus pada masalah keperawatan yang kritis.

3. Keperawatan Maternitas, berfokus pada masalah keperawatan pada perjalanan ibu hamil.

4. Keperawatan Anak, berfokus pada bayi baru lahir dan perkembangannya selama anak-anak.

5. Keperawatan Jiwa, berfokus pada kondisi masalah keperawatan psikologis klien

6. Keperawatan Komunitas, berfokus pada masalah keperawatan keluarga dan gerontik. Di sini kita terjun langsung kepada masyarakat.

7. Keperawatan Dasar, berfokus pada dasar-dasar ilmu keperawatan yang harus dikuasai.

8. Keperawatan Gawat Darurat dan Bencana, berfokus pada masalah keperawatan yang gawat darurat dan kebencanaan yang terjadi.

TIPS DAN TRIK UNTUK MAHASISWA BARU DI JURUSAN KEPERAWATAN UNPAD?

Bicara tentang keperawatan, maka kita berbicara tentang manusia dan segala permasalahannya. Oleh karena itu, kita harus memiliki sifat caring dan empati kepada setiap orang. Melalui kedua sifat tersebut, kita akan memahami manusia dan bisa bediskusi dengan dosen terkait masalah-masalah yang terjadi pada manusia sehingga memengaruhi kondisi kesehatan manusia tersebut. Tips lainnya adalah kita harus memiliki atittude yang baik, karena perawat itu terjun langsung ke klien. sehingga kita harus membuat nyaman klien agar dapat membentuk lingkungan yang aman dan nyaman. Pasien adalah manusia yang harus dihormati dan dijaga privasinya, sehingga kemampuan memahami kita harus lebih tinggi dibanding profesi lain.

ORGANISASI DI JURUSAN ILMU KEPERAWATAN UNPAD?

Banyak sekali organisasi yang ada di Jurusan Keperawatan. Bagi kamu yang suka terjun langsung ke mahasiswa, maka bisa masuk sebagai eksekutor di Badan Eksekutif Mahasiswa kalau di SMA itu disebut OSIS. Untuk kamu yang suka menjadi legislator bida masuk ke Badan Perwakilan Mahasiswa. Banyak juga pengembangan diri lain di Keperawatan seperti Paduan suara mahasiswa, Protokoler, Penolong Kebencanaan, Keagamaan, Angklung, Seni Tari, Keolahragaan, dan Fotografi. Jadi untuk kamu yang ingin masuk ke Keperawatan, jangan risau karena banyak sekali pembelajaran yang bisa kamu lalui di Keperawatan.

PROSPEK KERJA DI ILMU KEPERAWATAN UNPAD?

Sebagian besar anak Keperawatan bekerja sebagai perawat di Rumah Sakit tertentu. Banyak pula yang bekerja selain perawat, ada yang menjadi tenaga kesehatan di BUMN, ada yang menjadi pengusaha, dan banyak lainnya. Karena kuliah di keperawatan, akan banyak skill yang didapatkan sehingga buat kamu yang memiliki passion lain bisa dikembangkan melalui perkuliahan di Keperawatan.

RENCANA DAN HARAPAN SETELAH LULUS?

Aku merupakan orang yang memiliki passion yang lain selain di bidang keperawatan. setelah lulus S1, aku akan melanjutkan ke profesi ners. Harapannya bisa langsung melanjutkan pendidikan ke S2 karena jujur aku bercita-cita menjadi dosen. Aku ingin melanjutkan S2 di Monash University jika berkesempatan untuk berkuliah di luar negeri, jika harus S2 di dalam negeri maka aku melanjutkan di Universitas Indonesia, Universitas Airlangga, dan Universitas Padjadjaran. Selain itu, aku pun ingin mengembangkan komunitasku yang berfokus pada literasi yaitu @startnow.idn.

Kode Konten: X163

Komen dibawah! 2

  1. Lala

    Assalamu’alaikum kak. Apakah setelah wisuda udah bisa langsung kerja? Kalau farmasi kan harus ambil apoteker dulu kan kak? Kalau keperawatan bagaimana kak?

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *