Kesehatan Masyarakat, Universitas Nusa Cendana

Ilmu Kesehatan Masyarakat UNDANA (Reply)

Ilmu Kesehatan Masyarakat UNDANA (Reply)

Halo sobat Intipers ! Salam Sehat, Perkenalkan saya Reply Radja Kodo, mahasiswa Prodi Ilmu Kesehatan Masyarakat UNDANA Kupang (Universitas Nusa Cendana) angkatan 2017.  Pada kesempatan kali ini, saya akan membagikan pengalaman saya selama 7  semester berkuliah di Jurusan/Prodi Ilmu  Kesehatan Masyarakat Undana Kupang. Penasaran dengan prodi/jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat Undana Kupang? Yuk, simak pengalaman saya dibawah ini.

Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Apa itu Ilmu Kesehatan Masyarakat?

Banyak yang beranggapan kalau Kesehatan Masyarakat atau biasa disingkat Kesmas  ‘sama’ seperti perawat ataupun tenaga kesehatan lain yang bersifat ngobatan. Kalau teman-teman ada yang beranggapan demikian berarti masih kurang tepat, mari kita kenalan lebih lanjut dengan Kesmas.

Slide5

Dalam dunia ilmu kesehatan dikenal beberapa istilah, seperti  promotif (promosi / pendidikan kesehatan), preventif ( pencegahan ), kuratif (pengobatan), dan rehabilitasi (rehabilitasi / pemulihan). Nah, Kesehatan Masyarakat atau Kesmas ini termasuk promotif dan preventif, sedangkan kuratif merupakan bidangnya kedokteran, keperawatan, kebidanan, dan tenaga kesehatan lainnya yang bersifat pengobatan, dan rehabilitative contoh seperti fisioterapi. Peran kesmas bukan perawatan melainkan menjadi pendidik kesehatan ( promosi kesehatan ) dan mencegah orang jatuh sakit ( preventif ). Jadi, Kesehatan Masyarakat (Public Health) adalah ilmu dan seni untuk mencegah penyakit, memperpanjang hidup, dan meningkatkan kesehatan fisik dan mental.

Dalam Ilmu kesehatan masyarakat, kamu  tidak hanya mempelajari ilmu-ilmu kesehatan saja, tetapi kamu juga akan mempelajari ilmu sosial-budaya bahkan ekonomi yang masih berkaitan dengan dunia kesehatan. Selain itu, di jurusan kesehatan masyarakat juga kamu tidak hanya belajar teori di dalam kelas karena untuk beberapa mata kuliah kamu diharuskan untuk terjun langsung ke lapangan dengan memberikan penyuluhan kepada masyarakat atau belajar di dalam laboratorium.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Program Studi Ilmu Kesehatan masyarakat UNDANA

Program Studi Ilmu  Kesehatan Masyarakat Undana merupakan salah satu Program Studi  yang ada di Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Nusa Cendana (UNDANA) yang terletak di Kota Kupang –NTT. Tujuan akhir dari Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat  adalah untuk menghasilkan lulusan yang memilki kompetensi dan kemampuan dalam mengidentifikasi masalah kesehatan masyarakat, memecahkan masalah kesehatan masyarakat dan mengimplementasikan intervensi kesehatan masyarakat.

Mitos dan Asumsi Yang Salah Mengenai Kesehatan Masyarakat

Masih banyak masyarakat awam yang menganggap kesehatan masyarakat sama dengan kedokteran dan perawat maupun kesehatan lainnya yang berperan dalam kuratif yang bisa mengobati orang sakit. Padahal Kesehatan masyarakat itu berhubungan dengan orang sehat dan tidak melakukan pengobatan.

Asumsi yang salah tentang jurusan ini juga yang berkembang di masyarakat yang mana lulusan dari kesehatan masyarakat dianggap hanya dapat bekerja di Puskesmas saja, namun pada kenyataannya tidak begitu teman-teman. Setiap lulusan SKM (Sarjana Kesehatan Masyarakat) dapat bekerja di instansi mana pun bahkan di Kementerian Kesehatan sekalipun juga bisa. Karena pada dasarnya setiap instansi memerlukan tenaga kesehatan masyarakat untuk dapat memberikan upaya pencegahan yang optimal agar derajat kesehatan masyarakat dapat meningkat.

Apa Saja yang Dipelajari di Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat UNDANA ?

Mata kuliah di jurusan Kesehatan Masyarakat cukup kompleks dan meliputi segala aspek kehidupan, karena sejatinya kesehatan merupakan kebutuhan dasar setiap manusia. Tanpa kesehatan, berbagai aspek kehidupan akan terganggu baik dari ekonomi, pendidikan, dan sebagainya.

Selama kamu berkuliah di jurusan Kesehatan Masyarakat UNDANA, mata kuliah akan dibagi menjadi dua garis besar yaitu mata kuliah umum (MKU) dan mata kuliah dasar (MKD). Mata kuliah umum yang akan kamu dapatkan antara lain, Bahasa Indonesia, Pendidikan Pancasila, Pendidikan Kewarganegaraan, Pendidikan Agama. Sedangkan untuk mata kuliah dasar, ada banyak sekali mata kuliah yang akan kamu pelajari selama belajar kesehatan masyarakat dan berbeda di setiap semesternya.

Pada semester 1 kamu akan mempelajari mata kuliah seperti Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Kimia Kesehatan, Fisika, Biologi, Agama, Kewarganegaraan dan lainnya. Di semester 2, kamu akan menemukan banyak mata kuliah dasar, seperti Dasar Ilmu Kesehatan Masyarakat, Dasar Epidemiologi, Dasar Kesehatan Lingkungan, Dasar Gizi Kesmas, Dasar Promosi Kesehatan, Dasar K3, Dasar Administrasi Kebijakan Kesehatan (AKK), Dasar Biomedik (yang akan kamu jumpai sampai semester 3), dan masih banyak lagi. Di semester 3 – 4, mata kuliahnya semakin beragam, seperti Manajemen Bencana, Biostatistik Deskriptif & Biostatistik Inferensial, Manajemen Data Kesehatan, Epidemiologi Penyakit Menular dan Tidak Menular, Sistem Informasi Kesehatan, dan masih banyak lagi. Jadi, semakin tinggi semester maka tingkat kesulitannya tentu semakin tinggi pula, namun, jumlah mata kuliah yang akan diambil akan semakin sedikit mengikuti peminatannya nanti di semester 5.

Tugas-Tugas

Untuk tugas  yang biasanya diberikan dosen tentunya tidak jauh-jauh dari pembuatan Makalah dan presentasi menggunakan Microsoft Powerpoint. Kamu akan akrab dengan tugas me-review atau me-resume jurnal kesehatan. Baik jurnal nasional maupun jurnal internasional. Selain tugas pembuatan makalah, ada tugas membuat media edukasi dan promosi kesehatan. Seperti poster, video animasi, ataupun film pendek seputar kesehatan.

Tugas paling khas di Prodi Kesehatan Masyarakat yaitu terjun langsung ke lapangan bertemu masyarakat dan belajar cara mengobservasi suatu permasalahan kesehatan. Kita belajar public speaking dengan melakukan penyuluhan. Kita bisa berkontribusi dalam menentukan arah kebijakan yang tepat dalam mengatasi permasalahan kesehatan di suatu daerah yang dituju. Tugas lapangan atau praktikum itu di kenal dengan Praktik Belajar Lapangan atau PBL. Di Fakultas Kesehatan Masyarakat UNDANA (FKM UNDANA), PBL di gelar 2 kali, yaitu PBL 1 biasa dilakukan pada semester 5, dan PBL dilaksanakan di semester 6. Dimana pada PBL 1 mahasiswa melakukan identifikasi masalah dan melakukan  intervensi. Sedangkan pada PBL 2 yaitu melakukan evaluasi pada program PBL 1.

Hal yang paling berkesan ialah PBL di masyarakat yang mana praktikumnya terjun langsung ke masyarakat, mendata dan menemukan masalah kesehatan kemudian di intervensi lewat strategi promkes dan program kesehatan. Tak jarang juga melakukan penyuluhan atau konseling kesehatan ke warga dan sekolah, juga melatih kader posyandu. Dan terakhir pada semester 7 ada Magang.

Apa Mata Kuliah Favorit ?

Adapun mata kuliah favorit saya yaitu Manajemen Perencanaan dan Evaluasi Kesehatan. Didalam mata kuliah ini, kita mempelajari bagaimana merencanakan, melaksanakan hingga mengevaluasi sebuah program kesehatan. Alasan saya menjadikan mata kuliah ini menjadi pilihan favorit karena Mata kuliah Perencanaan dan Evaluasi itu sangat penting dalam kesehatan masyarakat untuk merancang dan merencanakan sebuah kegiatan atau program yang efektif, karena tanpa perencanaan maka sebuah program akan sia-sia.

Apa Saja Konsentrasi dalam Ilmu Kesehatan Masyarakat UNDANA ?

Ilmu Kesehatan Masyarakat UNDANA dibagi kedalam 5 Peminatan, yaitu Kesehatan Lingkungan (Kesling), Epidemiologi dan Biostatistika,  Kesehatan dan Keselamatan kerja (K3), Gizi Kesehatan Masyarakat (Gizi/GKM), Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku (PKIP), Administrasi dan Kebijakan Kesehatan (AKK).

  1. Epidemiologi dan Biostatistika Berfokus pada analisis sifat dan penyebaran berbagai masalah kesehatan dalam suatu penduduk serta mempelajari sebab timbulnya masalah. Kemudian diinterpretasikan dalam data statistik untuk tujuan pencegahan maupun penanggulangan. Di FKM UNDANA, peminatan epidemiologi dan biostatistika digabung meskipun di beberapa kampus di Indonesia memilih untuk memisahkan dua peminatan ini. Seperti julukannya, Epidemiologi dijuluki sebagai Mother of Public Health karena hampir seluruh pembelajaran dan konsentrasi di bidang kesehatan masyarakat tidak terlepas dari epidemiologi.
  2. Administrasi dan Kebijakan Kesehatan (AKK): Berfokus pada serangkaian proses menyangkut perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengawasan, pengkoordinasian dan penilaian terhadap berbagai upaya kesehatan demi terciptanya keadaan sehat. Hampir seluruh mahasiswa peminatan AKK adalah perempuan dengan gaya yang lebih necis (Bersih dan rapi) dibandingkan dengan mahasiswi peminatan lainnya. Hal ini cukup wajar karena hasil output dari lulusan AKK ini akan lebih diprioritaskan untuk bekerja di kantor instansi pemerintah dibandingkan kerja lapangan. Buat kamu yang bercita-cita bekerja di BPJS Kesehatan, Dinas Kesehatan, Perusahaan Asuransi, dan sebagainya, kamu bisa nih masuk peminatan ini.
  3. Kesehatan Lingkungan dan Keselamatan Kerja (Kesling): Berfokus pada upaya untuk memperbaiki dan mengoptimalkan lingkungan hidup maupun lingkungan kerja manusia agar terhindar dari penyakit akibat kerja. Sekaligus mendukung terwujudnya kesehatan yang optimum. Di FKM UNDANA, Kesling dan K3 digabung jadi 1 peminatan. Pada peminatan ini kamu akan mempelajari cara menyehatkan lingkungan dan mencegah terjadinya suatu penyakit akibat paparan bahan-bahan yang ada di lingkungan sekitar. Jika kamu tipe orang yang senang berpetualang dan tidak takut kotor, maka peminatan ini akan sangat cocok untuk kamu. Dan pada Pada bagian K3, kamu akan mempelajari semua mata kuliah yang bersangkutan dengan dunia kerja. Seperti Penyakit Akibat Kerja, Dasar Toksikologi di tempat kerja, Psikologi Industri, dan sebagainya
  4. Gizi Kesehatan Masyarakat (GKM): Berfokus pada upaya preventif dan promotif untuk mencegah terjadinya gangguan gizi pada kelompok masyarakat.
  5. Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku (PKIP): Berfokus pada upaya untuk membantu individu dan masyarakat dalam meningkatkan kemampuan dan keterampilannya mengontrol berbagai faktor yang berpengaruh pada kesehatan, sehingga dapat meningkatkan derajat kesehatannya. Peminatan ini sangat cocok untuk kamu yang tertarik di bidang promosi dan edukasi kesehatan. Karena di sinilah kamu akan belajar cara mengomunikasikan informasi kesehatan dan pencegahan penyakit kepada masyarakat dengan baik. Kamu juga akan mempelajari metode pengambilan data di masyarakat dan akan lebih banyak mata kuliah praktik yang berhubungan dengan promosi kesehatan. Mata kuliah yang dipelajari di peminatan promosi kesehatan antara lain, Promosi Kesehatan Daerah Pesisir, Promosi Kesehatan Jiwa, dan masih banyak lagi.

Jalur Masuk dan Biaya Kuliah di Kesehatan Masyarakat UNDANA

Untuk masuk di Kesehatan Masyarakat UNDANA bisa melalui 3 jalur, yaitu SNMPTN, SBMPTN, dan Jalur Mandiri. Jalur Mandiri dibuka berdasarkan keputusan Rektor Universitas Undana. Seleksi Jalur Mandiri adalah seleksi ujian tertulis yang dilaksanakan secara mandiri oleh Undana. Untuk Calon peserta Jalur Mandiri Undana bisa melakukan pendaftaran secara online melalui situs resmi www.undana.ac.id.

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Tips-tips untuk Maba di Prodi atau Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat UNDANA

Sebagai mahasiswa baru program studi Kesehatan Masyarakat, tidak ada hal khusus yang harus kamu persiapkan. Namun, alangkah lebih baik jika kamu sering membaca literatur seputar kesehatan.. Ini akan membantu menyelesaikan tugas kuliahmu. Selain itu, sering-seringlah melatih public speaking sejak awal. Ini agar kamu tidak merasa grogi dan takut ketika berbicara di depan masyarakat untuk penyuluhan.

Tips lainnya, yaitu kamu harus memiliki pemikiran yang kritis, kreatif, dan inovatif. Terlebih untuk membuat suatu program kesehatan baru untuk menyelesaikan permasalahan kesehatan di suatu tempat. Tips lainnya, yaitu kamu harus menjalin komunikasi dan relasi yang baik.Baik itu dengan sesama teman, kakak tingkat, dan juga dosen agar semakin banyak informasi yang kamu ketahui seputar dunia kesehatan. Jangan lupa untuk terus belajar ya teman-teman.

Tidak cepat puas dengan pelajaran yang didapatkan di dalam kelas, Banyak bertanya ke dosen dan senior, mengikuti organisasi senat mahasiswa Kesmas ataupun menjadi enumerator penelitian kesehatan masyarakat untuk meningkatkan kemampuan hardskill maupun softskill Kesehatan Masyarakat. Tantangan lainnya adalah mahasiswa Kesmas dituntut untuk berpikir analisis dan memiliki kemampuan berkomunikasi. Itu sebabnya teman-teman perlu aktif dan inisiatif, tidak cukup hanya dengan berbekal teori namun juga praktiknya agar ketika terjun ke lapangan tidak kaget dan kaku.

Kuliah Kema Bakti Mahasiswa. Pengabdian ke masyarakat

Kuliah Kema Bakti Mahasiswa. Pengabdian ke masyarakat

Prospek Kerja dan Alumni Jurusan ini?

Prospek kerja Kesehatan Masyarakat cukup luas, Kesmas bisa menjadi manajer ataupun teknisi. Kesmas bisa bekerja di Rumah Sakit & Puskesmas (Manajemen, Ahli Kesling, Gizi, KIA & KB, Promkes, Administrasi, Surveillans), Dinas Kesehatan, Dinas Lingkungan Hidup, Dinsos (Kependudukan), Disnaker (K3), Konsultan Amdal, Konsultan K3, BPJS, BNN, KemenPPPA, Kemenkes, BKKBN, KPAI, KPA, dan banyak lagi. Juga ada yang sebagai pegawai bank maupun menjadi entrepreneur.

Peluang karier bagi lulusan Kesehatan Masyarakat tidak hanya di Puskesmas, tapi berbagai industri dan organisasi swasta juga membutuhkan ahli kesehatan masyarakat, misalnya dalam bidang Quality, health, safety and Enviroment di perusahaan minyak dan gas, manufaktur, dll.

Kode Konten: X475

Reply Radja
Kuliah di Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Nusa Cendana Kupang

Komen dibawah! 4

  1. Refandro Purumbawa

    FKM UNDANA, Mantap👏🏽. Jaya selalu almamater tercinta💕

  2. Simon Lenggu

    Gimana sih ngembangin skill di FKM selain lewat organisasi? Dan coba kakak recommend organisasi (kesehatan dan non) yang baik utk ngembangin skill kesmas kita…

    Btw ini kontennya bagus bgt. Cocok ni buat common peeps dan maba atau calon maba…
    Semoga lebih banyak ya info mengenai FKM dan UKOMnya..

    • Reply Radja

      Halo kak Simon, terima kasih udah ikut berkomentar. Selain ikut organisasi, bisa juga ikut berbagai lomba untuk menambah skill kak… Btw, FKM UNDANA ada buka pendaftaran lomba Mahasiswa Berprestasi (tema: Percepatan Eliminasi Covid-19 di NTT).

      Untuk organisasi Kesmas, kak bisa ikut PAMI, baik PAMI Daerah maupun PAMI Nasional. Ada juga Generasi Berencana (GenRe). Kak bisa bergabung dengan organisasi2 itu.
      Bisa juga ikut organisasi2 agama, misalnya HMI (Islam), GMKI (Kristen) dan lainnya.

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *