Kesehatan Masyarakat, Universitas Andalas

Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas (Mutiara)

Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas (Mutiara)

Hello sobat intipers! Salam kenal. Aku Mutiara Devica dari jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas angkatan 2016.  Alhamdulillah saat ini aku telah menyelesaikan kuliah. Aku akan membagikan pengalamanku selama berkuliah kepada sobat intipers. So, tunggu apa lagi hayuk intip keseruan pengalamanku sobat intipers.

Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Apa Sih Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat?

Dalam bidang kesehatan upaya kesehatan terbagi menjadi empat yaitu upaya promotif, upaya preventif, upaya kuratif dan upaya rehabilitatif Sobat intipers, dari keempat upaya kesehatan tersebut ilmu kesehatan masyarakat berfokus pada upaya promotif dan upaya preventif. Tujuannya adalah untuk menurunkan angka kesakitan serta angka kematian dari suatu penyakit.

promo-web

Nah sobat intipers, mahasiswa kesmas sering memberikan informasi serta seruan atau ajakan kepada masyarakat untuk selalu berpola hidup bersih dan sehat serta selalu menjaga kesehatan dengan begitu mahasiswa kesmas memiliki wawasan yang luas disamping itu juga dapat mengasah public speaking. Kemampuan lain yang dapat dimiliki oleh mahasiswa kesmas adalah membuat media promosi baik itu media cetak maupun media elektronik yang digunakan untuk kegiatan penyuluhan, isi atau pesan yang disampaikan melalui media tersebut harus dirancang oleh mahasiswa kesmas sehingga mengasah kemampuan untuk berpikir kritis.

Ada Beberapa Konsentrasi dalam Ilmu Kesehatan Masyarakat

Sobat intipers, jurusan ilmu kesehatan masyarakat di Universitas Andalas terbagi menjadi lima konsentrasi. Aku bakalan ngebahas satu persatu konsentrasi yang ada buat sobat intipers.

  1. Administrasi Kebijakan Kesehatan (AKK)

Konsentrasi yang mempelajari serangkaian aktivitas atau proses penyelenggaraan dimulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pemantauan, dan evaluasi. Merancang pedoman pelaksaaan kegiatan dalam upaya peningkatan derajat kesehatan masyarakat.

  1. Epidemiologi dan Biostatistik

Konsentrasi yang mempelajari tentang distribusi dan frekuensi penyebaran penyakit berdasarkan orang, tempat, dan waktu. Lalu dilakukan pendataan dan analisis penyakit untuk menjadi dasar dilakukannya penanggulangan penyakit. Dalam kondisi pandemi saat ini ilmu epidemiologi sangat dibutuhkan untuk penentuan kebijakan yang akan dilaksanakan.

  1. Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Kesehatan Lingkungan (K3KL)

Konsentrasi yang mempelajari tentang upaya untuk menciptakan tempat kerja yang aman, sehat, dan terbebas dari berbagai bahaya dan mempelajari hubungan interaksi antara komponen lingkungan yang memiliki potensi bahaya bagi kesehatan masyarakat.

  1. Kesehatan Reproduksi

Konsentasi yang memperlajari tentang kesehatan reproduksi pada setiap daur hidup mulai dari bayi, balita, anak, remaja, dewasa serta cara melihara kesehatan sistem reproduksi agar terbebas dari berbagai penyakit.

  1. Gizi Masyarakat

Konsentrasi yang mempelajari tentang  jenis zat gizi dan zat non gizi dalam pangan, faktor penyebab langsung dan tidak langsung yang mempengaruhi status gizi yang sasarannya fokus pada setiap daur kehidupan manusia mulai dari bayi, hingga lansia serta upaya pencegahan dan penanggulangan masalah gizi buruk.

Kehidupan Mahasiswa Kesmas dan Mata Kuliah Favorit

Kegiatan pengabdian dan penyuluhan kesehatan ke masyarakat maupun sekolah merupakan salah satu agenda wajib yang dilakukan oleh mahasiswa kesmas baik itu tuntutan mata kuliah maupun kegiatan organisasi. Kuliah dengan jurusan kesmas dijamin sobat intipers gak bakalan bosan deh, minimal setiap bulannya ada aja kegiatan sehingga bisa berinteraksi dengan orang yang baru dikenal. Contoh kegiatan pengabdian di masyarakat, yaitu kegiatan gotong royong bersama membersihkan pekarangan warga, penanaman TOGA (Tanaman Obat Keluarga) serta pemberian informasi tentang manfaat dari TOGA. Kegiatan lainya yang sering dilaksanakan penyuluhan kesehatan di sekolah dengan memperagakan 6 langkah cuci tangan.

Di semester 7 kita akan melakukan PBL (Pengalaman Belajar Lapangan) di puskesmas yang telah ditentukan oleh kampus. Dalam masa PBL ini kita dituntut untuk menerapkan segala teori yang telah kita dapat selama proses pembelajaran, mencoba melihat berbagai permasalahan kesehatan yang ada di puskesmas tempat kita betugas. Dengan telah mengetahui masalah kesehatan yang ada maka kita harus menentukan masalah yang akan menjadi prioritas untuk diselesaikan. Setelah mengetahui masalah yang menjadi prioritas kita melakukan analisa terdapat masalah tersebut dengan mencari tahu penyebab dari masalah tersebut dan mencarikan jalan keluarnya. Selanjutnya dengan mengetahui pemecahan masalah kita komunikasikan kepada masyarakat pemecahan masalah tersebut untuk direalisasikan agar hal tersebut tidak menjadi sumber masalah kesehatan. Kita juga diberikan kesempatan untuk magang selama satu bulan di instansi pemerintahan atau perusahan sesuai dengan tempat yang kita pilih untuk dapat merasakan dunia kerja. Gimana sobat intipers menarik bukan jurusan kesmas?

Dosen Favoritku

Di Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas ada dua orang dosen favoritku, yaitu ibu Septia Pristi Rahmah, SKM., MKM bidang yang difokuskan adalah kualitas udara dan ibu Putri Nilam Sari, SKM., M. Kes dengan bidang yang difokuskan adalah pengaruh perubahan iklim dengan kesehatan masyarakat, manajemen bencana dalam kesmas. Beliau sekaligus menjadi dosen pembimbing skripsiku. Bagi sobat intipers yang ingin berkenalan dengan beliau, masuk Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat Unand adalah salah satu caranya.

Praktikum observasi di TPA

Tips Buat Maba yang Mau Jadi Mahasiswa Kesmas

Sobat intipers aku ada beberapa tips nih buat maba kesmas! Pertama, usahakan sobat intipers mengikuti organisasi yang ada di kampus karena pengalaman yang kita dapat bakalan menjadi bekal buat kita mencari pekerjaan nanti. Namun, sobat intipers harus ingat nih jangan sampai keasikan organisasi lalu kuliah jadi ketinggalan. “kuliah nomor satu, tapi organisasi tidak mau dinomor duakan”. Intinya kita harus bisa memanajemen waktu dengan baik. Kedua, carilah beasiswa untuk dapat memenuhi kebutuhan selama kuliah agar tidak memberatkan orang tua. Berbagai macam beasiswa yang ditawarkan hanya saja kita harus rajin mengakses informasi tersebut. Ketiga, ikuti perlombaan yang ada sesuai dengan minat dan bakat yang kita miliki. Mengikuti perlombaan dapat membangun rasa percaya diri dan jiwa kompetitif. Keempat, jalin hubungan yang baik dengan dosen, senior serta teman seangkatan.

Prospek Kerja Mahasiswa Kesmas

Sobat intipers, setelah lulus kita akan bergelar S.KM (Sarjana Kesehatan Masyarakat) banyak juga yang bilang Sarjana Kesayangan Mertua hehhe.. Lulusan kesmas memiliki prospek kerja, yaitu Kementerian Kesehatan, BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, perusahaan, klinik, puskesmas, rumah sakit, BNN (Badan Narkotika Nasional), Dinas Kesehatan, Dinas Lingkungan hidup, Ahli epidemiologi, ahli gizi, dosen/pengajar, peneliti.

Nah itu sedikit penjelasan dari aku mengenai jurusan ilmu kesehatan masyarakat sobat intipers. Gimana sobat intipers banyak keuntungan yang bakalan kita dapatkan bukan? Aku sangat menyarankan buat sobat intipers yang memiliki rasa ingin berkontribusi yang tinggi dan senang berinteraksi dengan banyak orang untuk masuk ke jurusan kesehatan masyarakat deh.

“Selagi ada waktu jangan pernah takut untuk berbuat baik. Kadang, tanpa kita sadari kebaikan sekecil apa pun yang kita lakukan akan berdampak bagi orang lain”. Jadi tunggu apalagi yuk masuk jurusan ilmu kesehatan masyarakat sobat intipers!

Bagi sobat intipers yang memiliki pertanyaan boleh tinggalkan di kolom komentar nanti bakalan aku bantu jawab. Thank you. Stay safe everyone!

Kode konten: X266

Komen dibawah! 10

  1. Wulan

    Kak..
    Lulus di jurusan Kesehatan masyarakat susah ya..?

  2. Nur

    Kak apa aja syarat ” masuk ke jurusan kesehatan masyarakat di unand?
    Tinggi badan berpengaruh nggak kak?

    • mutiaradevica

      Hallo Nur,
      Salam kenal ya 🙂
      kalau untuk syarat khusus buat masuk kesmas unand gaada Nur, kita cuma lolos dulu tahap ujian masuk perguruan tinggi. Untuk tinggi badan tidak dipermasalahkan Nur. Semangat ya!

  3. riorenaldiputra

    Kak saya mau nanya. Saya jurusan bahasa ingin mengambil jurusan kesehatan masyarakat nantinya. Apakah bisa kak jurusan bahasa nantinya mengikuti ujian saintek di UTBK?

  4. Aida

    Kak,mau nanya
    Insyaallah tahun ini sy mau ambil jurusan kesehatan masyarakat unand jalur sn,tp masih ragu kak,biasanya nilai minimal lulus jalur sn di jurusan kesahatan masyarakat brp kak?

    • Mutiara Devica

      Halo Aida,
      Sepengetahuan aku untuk nilai minimal lulus SNMPTN tidak mutlak setiap tahunnya dan tidak diketahui Aida, namun akan diurutkan dari nilai tertinggi hingga terendah dari nilai para pendaftar.
      Semangat ya Aida!

  5. Zuhria Ulfa

    Assalamualaikum kak,,berapa nilai minimal lulus jalur SNMPTN di jurusan kesehatan masyarakat kak

    • Mutiara Devica

      Halo Zuhria,
      Salam Kenal 🙂
      Waalaikumsalam, setau aku untuk nilai minimal jalur SNMPTN biasanya tidak diketahui Zuhria.
      Semangat ya Zuhria!

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *