Kesehatan Masyarakat

Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Teuku Umar (Cut)

Halo sobat intipers! Aku Cut Era Farida dari Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Teuku Umar angkatan 2019. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Teuku Umar seperti apa?

Lebih prefentif dan promotif, maksudnya promotif mempromosikan gimana cara mempromosikan pencegahan suatu penyakit, preventiv itu pencegahan.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini 

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Teuku Umar?

Saya tamatan SMK Multimedia, jadi ga sinkron, jadi waktu itu saya milih kesehatan masyarakat, pertama saya mau ambil jurusan infromatika, cuman karena kemarin nilai UTBK kurang, saya bingung mau pilih apa, ya saya pilih kesehatan masyarakat, Alhamdulillah saya lolos jurusan ini, terus saya bingung, di kesehatan masyarakat ini kaya ada biomedik, lebih ke biologi, sedangkan di SMK saya ga ada belajar biologi, ko saya masuk jurusan ini, tapi setelah sekarang semester 4, ternyata gini ya kesehatan masyarakat walaupun belum sinkron karena ga belajar biolog itu.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Buat makalah, laporan, ada mata kuliah PBL 1 turun ke desa, kaya KKN di semester 4, kaya aku nih, kami melakukan PBL 1 di waktu libur, terus PBL 2 semester 5 dan di libur semester. Dulu waktu semester 2 ada mata kuliah mikrobiologi 3 SKS, 2 di ruangan dan 1 lagi di lab buat liat mikrobiologi, tapi karena sekarang beda jadi mereka ga ke lab lagi. 

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Ada 7 peminatan, ada biostatistik, epidemiologi, PKIP, kesehatan reproduksi, gizi, lingkungan dan K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja). Sekarang di Universitas Teuku Umar baru ada 5 peminatan, epidemiologi, kesehatan lingkungan, K3, PKIP sama AKK. Tahun ini udah nambah prodi Gizi jadi peminatan itu udah ga ada lagi. Penjurusan ngambilnya di semester 5, rencana saya mau ambil epidemiologi, karena waktu semester 2 ada Mata Kuliah dasar epidemiologi, nilai saya kurang jadi saya penasaran pengen belajar lebih dalam lagi.

schooters

Apa jalur masuk yang ada di jurusan kamu?

Sama ada SNMPTN, SBMPTN, sama mandiri kalo di sini SMMPT Barat. SMPTN jadwalnya sama, tapi kalo mau tau informasi lebih jauh ada di IG Universitas Teuku Umar. Kalo saya dulu lewat jalur SBMPTN, dulu saya ngambil saintek. 

Ada tips buat mahasiswa baru Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Teuku Umar?

Ini terutama buat yang ga niat dari pertama, ada yang sama kaya saya, nyesel masuk jurusan ini, padahal jurusan ini seru banget, jangan nyesel, pokoknya jalani aja.

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Banyak banget, ada di rumah sakit, kementrian lingkungan hidup, badan lingkungan daerah, manajer lingkungan, puskesmas, konsultan limbah, manajer K3 lingkungan, terus kalo di PKIP itu tenaga promosi kesehatan atau edu kesehatan, kalo epidemiologi tim survey dan analisa atau lembaga yang fokus, Litbang, BAPENAS, BKKBN, BNN.

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Apa rencana dan harapan kamu setelah lulus?

Saya mau dapat kerja yang sesuai sama jurusan dan peminatan, biar sinkron, biar menyalurkan ilmu yang saya dapatkan.

Q&A

  • Jurusan kesehatan masyarakat ini mata kuliah statistiknya banyak apa ga?

Jawab: banyak sih, tapi bukan statistik, biostatistik namanya, kalo di univ lain ada juga peminataan biostatistik atau inferensial.

  • Kesehatan masyarakat prospek kerjanya gimana dan peluag kerjanya seberapa banyak?

Jawaban: banyak banget, peluang kerjanya apalagi sekaang kesehatan masyarakat di butuhkan benget, ada di rumah sakit, kementrian lingkungan hidup, badan lingkungan daerah, manajer lingkungan, puskesmas, konsultan limbah terus dimanapun sama yang ada berhubungan edukasi kesehatan BNN, WHO sama yang fokus pada penelitian kesehatan dan banyak lagi.

Kode konten: C445

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *