Kesejahteraan Sosial, Universitas Islam Negeri

Ilmu Kesejahteraan Sosial UIN Sunan Kalijaga (Syidan)

Ilmu Kesejahteraan Sosial UIN Sunan Kalijaga (Syidan)

Halo sobat intipers! Aku Dhea Mursyidan Al Aulia dari Ilmu Kesejahteraan Sosial UIN Sunan Kalijaga angkatan 2018. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial UIN Sunan Kalijaga seperti apa?

Jurusan ilmu kesejahteraan sosial itu membantu penyandang masalah kesejahteraan sosial, sekitar 27 penyandang masalah kesejahteraan sosial untuk erfungsi sosial, jadi ga cuma perihal ekonomi, kita bisa melihat sosial, budaya dan lain sebagainya, jadi berfungsi sosial itu bagaimana individu bisa melakukan aktivitas sebagai mana mestinya, misal kita melihat gelandangan di jalan, mereka dari segi fungsi sosialnya masih kurang, karena mereka tidak bisa melakukan aktivitas yang positif pada pribadinya. Terus jurusan ini, memandang bahwa individu tidak hanya punya masalah tapi mereka punya potensi lebih berdaya sosial, kemudian bisa lebh berfungsi sosial. Kebanyakan jurusan ini belum dikenal masyarakat, karena kalo aku ditanya jurusan apa, mereka belum pada tau jurusan ilmu kesejahteraan sosial. Tapi kalo dari definisinya sendiri, kesejahteraan sosial ini bisa di ibaratkan dokter sosial, karena kebanyakan masalah itu lebih pada jiwa atau mental.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini 

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial UIN Sunan Kalijaga?

Kesejahteraan sosial bagi aku pribadi, dulu sebagai cadangan, karena di pilihan SBMPTN pilihan ke 3, tapi setelah masuk, langsung sesuai dengan pasionku yang lebih ke masyarakat. Sesuai sama ekspektasi, program studi ini bisa di terapkan di kehidupan. 

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Mata kuliah hampir mirip dengan psikologi, misalnya ada konseling, psikoterapi, dan sebagainya, tapi di kesejahteraan sosial ga cuma mepelajari dari sisi individu, tapi bisa di lihat dari segi keluarga, kebijakan pemerintah, itu dinamakan mikro, mezzo dan makro, itu yang khas, kita memandang individu melihat dari cakupan yang lebih luas. Dari pengalaman saya, mata kuliah yang paling menarik lebih pada kewirausahaan sosial, kita ga cuma belajar konseling pada PMKS, trus kita dengan kewirausahaan sosial bukan hanya mendapatkan profit, kita bisa menyikapi sosial masyarakat di sekitar kita, jadi punya usaha yang bisa berdampak pada sisi sosial dari sekitar.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Mata kuliah pilihan atau konsentrasi cakupannya banyak, ada sekitar 10 atau 12, cakupannya ada anak, lansia, koreksional atau penjara, gender, kemiskinan, dan banyak lagi. Mulai dari semester 5 sampai 6. Aku sendiri milih dari sisi CSR atau industri, terus kemiskinan, pekerja sosial anak. Jadi dipilih 5 dari 10 sampai 12. Semster 7 kita magang, praktek pekerja sosial, kita belajar mikro, mezzo dan makro. Sedangkan semestr 8 lebih pada skripsi. Skripsi seusai dengan mata kuliah pilihan sebelumnya.

Apa jalur masuk yang ada di jurusan kamu?

Ada 3, pertama SNMPTN, SBMPTN, dan mandiri. Saya lewat jalur SBMPTN, di UIN dari mandiri ada tes sendiri, ciri khas kalo mandiri ada tes bahasa arabnya. Informasi lebih lengkap lihat di website resminya. Angakatan aku ada sekitar 80 dan kebawahnya nambah lagi jadi 120 mahasiswa.

Ada tips buat mahasiswa baru Ilmu Kesejahteraan Sosial UIN Sunan Kalijaga?

Kita harus fokus sama apa yang ada sekarang, pelajari apa yang udah di berikan sama dosen, jangan cuma di perkuliahan, ilmu sosial itu ga cuma berada di lingkungan perkuliahaan tapi kita harus menerapkan dalam kehidupan, misal kita bisa mempraktekan apa yang kita dapatkan. Kita bisa belajar di masyarakat bukan hanya di kampus.

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Prospek kerjanya luas, ga Cuma di dinas sosial tapi kebanyakan mengira di sebuah panti, lembaga kesejahteraan sosial, alumni sendiri di dinas sosial, lembaga sosial. Sisi dari luar lembaga bisa di perusahaan NGO, wirausahawan sosial misalnya kita punya usaha yang memperdayakan masyarakat sekitar

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disni

Apa rencana dan harapan kamu setelah lulus?

Tahun kemarin mulai buka bisnis, ketika luulus nanti aku punya backingan kedepan, nanti di susun dengan pendaftaean cpns bisa mendaftar, aku lebih pada PNS preneur.

Kode konten: C481

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *