Ilmu Komputer, Universitas Gadjah Mada

Ilmu Komputer UGM (Dika)

Halo sobat intipers! Aku Dika Permana Putra dari Ilmu Komputer UGM angkatan 2017. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat aku balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok, pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Ilmu Komputer UGM itu seperti apa?

Kuliah ilmu komputer itu gak hanya tentang Ms. Word, Ms. Excel, dsb. Kita juga belajar tentang programming. Programing itu kaya menulis atau mengetik, memperbaiki serta memelihat kode-kode yang ada dalam komputer. Kode tersebut merupakan bahasa pemograman, yang bukan 1 aja, tapi banyak.

Biasanya banyak juga yang nanya ke aku bedanya Ilmu Komputer sama Teknik Informatika atau Sistem Informasi itu apa? Sebenernya kita sama-sama belajar tentang coding, itu yang mempelajari aktivitas atau kegiatan nulis kode program pada komputer, jadi komputer itu bisa berjalan dengan kode-kode tersebut. Di komputer itu ada yang namanya syntax, itu kaya aturan dalam komputer untuk menentukan kode program. Kalau syntaxnya salah otomatis programnya gak akan jalan. Mungkin temen-temen belum tahu ya sebenernya yang buat Instagram, twitter, dll itu anak Ilmu Komputer sebenernya.

Di UGM ada Ilmu komputer sama Teknologi Informasi. Kalau Teknologi Informasi di UGM itu masuknya ke fakultas teknik, sedangkan ilmu komputer itu masuknya fakultas MIPA. Kalau di UI masuknya fakultas ilmu komputer, jadi mereka ga ketemu sama kimia fisika, sedangkan kalau di UGM masih ketemu sama kimia fisika tapi hanya semester 1 atau 2 aja. Secara umum teknologi informasi itu fokusnya ke hardware, kalau ilmu komputer itu ke softwarenya.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Ilmu Komputer UGM?

Dulu waktu kecil bisa dibilang tertarik atau suka sama IT. Lihat komputer aja udah seneng gitu. Aku pengen mengasah lebih dalam gitu. Ekspektasiku dulu bakal bisa ngehack gitu kalau kuliah di sini, padahal dosen tuh gak ngajarin gitu. Pas kuliah itu belajar coding, dulu gak tahu apa-apa pas baru masuk, temenku ada yang udah bisa jadi aku sering nonton di youtube terus ikut tutor sampai akhirnya aku jadi lebih tahu.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari Ilmu Komputer UGM?

Saya suka praktikumnya, karena setelah praktikum gak ada laporan praktikumnya. Kemudian, kebanyakan mata kuliahnya itu menawarkan kuliah core dengan dasarnya itu science of computing untuk memecahkan masalah dari suatu algoritma. Algoritma itu kaya perhitungan yang ditulis secara berurtan.

Terus kuliah itu beda sama SMA, dosen gak akan menerangkan semua. Otomatis mahasiswa harus cari tahu sendiri, maka dari itu temen-temen ikut organisasi Hima TI, jadi bisa belajar sama kakak tingkat jadi bisa lebih pro dalam melakukan pemograman.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Konsentrasinya itu ke artificial intelligence, terus perangkat lunak atau software, seperti windows atau linu. Nanti ada lab yang bisa digunakan sama mahasiswa. Temen-temen yang gak punya laptop pun difasilitasi sama lab di UGM.

Apa saja jalur masuk untuk jurusan ini?

Ada IUP itu jalur internasional, belajarnya juga pake bahasa Inggris, biayanya lumayan mahal dengan UKT setiap semester kurang lebih 25jt.

Ada juga SNMPTN, SBMPTN, UTUL UGM sama jalur prestasi PBU-B atau penelusuran bibit unggul berprestasi, ada juga PBU kemitraan itu untuk putra putri daerah yang punya komitmen tinggi untuk membangun daerah, PBU-TM untuk yang tidak mampu. Info lengkapnya bisa akses di um.ugm.ac.id.

Kuota penerimaan tahun ini 25 orang dengan peminatnya sekitar 400 orang. Memang terbatas tapi jangan pesimis asal kita yakin bisa masuk jurusan ini.

Lihat vlog dari ribuan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Ada tips buat mahasiswa baru jurusan ini?

Mahasiswa itu biasanya dituntut untuk belajar sendiri, biasanya saya dan temen-temen belajar bareng. Kita juga ikut organisasi yang mendukung kuliah kita, seperti himpunan yang mana senior atau temen itu bisa ngajarin kita. Jangan malu bertanya ketika kita kurang paham.

 

Kunjungan Hima ke ITB

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Biasanya perusahaan start-up, e-commerce, bisa juga di instansi pemerintahan seperti kementrian, BI, pemda, dll. Bisa juga di BUMN, seperti Pertamina, BNI, Telkom, dll. Kalau di perusahaan swasta itu bisa di Astra, Unilever, dll atau bisa juga kalau mau buat start-up sendiri.

Apa rencana dan harapan kamu setelah lulus?

Saya pribadi pengen ke kedinasan, kalau gak TNI atau polisi seperti itu. Kalau misalnya gak keterima baru akan menekuni bidang yang linear dengan jurusan ini.

Kode Konten: C151

Komen dibawah! 11

  1. Yovy Itsnadia Zakiyatin

    Kak kenapa kok pengen lanjut ke kedinasan? Apa setelah kuliah disana kakak merasa kurang enjoy?

    • Dika Permana Putra

      Sebenernya saya enjoy” aja di kuliah, malah saya suka kuliah di ilmu komputer karena selalu dapat ilmu baru yang belum tentu aku dapatkan ketika ngga kuliah di jurusan ilmu komputer, cuman aku pengin mewujudkan impian aku saja sewaktu sma

  2. Lisda

    Kak mau tanya ni, kalo misal belum tahu apa2 tentang programming apakah cocok ya masuk ke ilkomp? Terus di ilkomp itu ada yang cewek gak kak? Terimakasihhh

    • Dika Permana Putra

      Gpp kok, orang aku aja belum tahu samsek, cocok atau tidak tergantung kamu menjalani selama kuliah kami merasa nyaman nggak dengan matkulnya, kalau bisa cari tahu dulu sama senior yang kemungkinan sedang kuliah, pelajarannya gimana aja, kalau merasa tertarik baru ambil jurusan itu, ada kok temen kuliahku juga ada tapi gak terlalu banyak, rata” cowok yang ngambil, tapi gak menutup kemungkinan kalau kamu tertarik buat ngambil jurusan ini, ambil aja karena kamu berhak buat menentukan masa depanmu sendiri, bukan orang lain, semangat!

  3. lukokpinter

    kak mau tanya. di jurusan ilmu komputer mempelajari tentang bisnis dan big data gak kak? sama kalo belum paham tentang programming sama sekali apakah bisa mengikuti pelajarannya? terima kasih

    • Dika Permana Putra

      Di ilmu komputer belajar bisnis kok ada di matkul kewirausahaan, big data itu pasti karena itu udah dasarnya yanh di pelajari di ilmu komputer, gpp kok bahkan saya aja belum tahu samsek tentang pemrograman waktu itu, dan sempet bingung juga lihat temen” udah pada paham dulu, intinya gini kalau kamu merasa belum pinter programming tanya aja ke temen yang sekiranya lebih pintar dari kamu, asalkan jangan gengsi buat tanya, kalau misalkan masih malu bisa belajar di youtube tentang dasar programming gitu pasti ada kok, malah lebih enak belajar di youtube menurutku penjelasannya jelas & mudah di pahami

  4. Danar Wasis Pambudi

    Kak, dulu ada yang dari TKJ ga ? Mau daftar tapi TKJ

  5. Intan Safira

    Kak Kalo ga terlalu bisa bahasa Inggris gimana kak?

    • Dika Permana Putra

      Gak masalah kok, wong aku juga gak jago” amat ttg bahasa inggris masih tahap belajar juga untuk menyempurnakan

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *