Ilmu Komunikasi PSDKU, Unpad Pangandaran

Ilmu Komunikasi PSDKU Unpad Pangandaran (Nurhaliza)

Halo sobat intipers! Aku Nurhaliza dari Ilmu Komunikasi PSDKU Unpad Pangandaran angkatan 2020. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliahku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau berdiskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan di balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Ilmu Komunikasi PSDKU Unpad Pangandaran itu seperti apa?

Mungkin banyak dari teman-teman yang masih bertanya-tanya apa sebenarnya PSDKU itu, jadi PDSKU itu program studi di luar kampus utama yang dimana kampusnya itu bukan di kampus utamanya atau di jatinangor tapi di pangandaran. PSDKU itu sendiri itu di kampus garut dan pangandaran, kemudian untuk garis besar sendiri saya masih menginduk di fakultas komunikasi di jatinangor. Namun, perbedaannya di PSDKU sendiri hanya memiliki satu prodi saja yaitu komunikasi dan mungkin pandangan orang mengenai ilmu komunikasi orang-orangnya suka ngomong, percaya diri dll nyatanya tidak semua seperti itu kita semua disini juga masih belajar.

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Ilmu Komunikasi PSDKU Unpad Pangandaran?

Alasan aku pilih ilmu komunikasi sejujurnya karena aku melihat minat aku dimana, karena kuliah kita harus melihat minat kita dimana. Setelah aku cari tahu ternyata aku orangnya suka ngobrol dan komunikasi, akhirnya aku tertarik dengan jurusan ilmu komunikasi. Tapi sejujurnya aku kampus ini tidak ada di list PTN yang aku minati, karena jujur ilmu komunikasi Unpad itu berat banget malah jadi insecure duluan. Alasan lain kenapa pilih Ilmu Komunikasi karena SOSHUM dan menghindari ilmu Matematikanya, nyatanya itu zonk karena nanti ada mata kuliah statistika

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Di setiap jurusan tentunya punya tugas khas di prodinya masing-masing, dan kebetulan di jurusan ilmu komunikasi sendiri tugas khasnya itu di mata kuliah public speaking dimana disana kita belajar tentang cara berbicara yang benar, presentasi yang besar dan cara menyelesaikan masalah saat akan berpresentasi di depan audience. Dan di mata kuliah ini menurut saya adalah mata kuliah yang sangat seru karena kita melatih kepercayaan diri, pemecahan masalah dll. Ada juga mata kuliah fotografi, psikologi komunikasi dan penulisan kreatif.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Di fakultas ilmu komunikasi itu setiap prodinya punya konsentrasinya sendiri ada ilmu perpustakaan, humas dan lain-lain. Tapi kalau di kampus aku sendiri itu mungkin lebih mencakup ke semua konsentrasi di jurusan komunikasi kita belajar jurnalistik, humas, PR dan lain-lain jadi kita adalah satu gabungan prodi-prodi yang lain yang ada di jurusan komunikasi.

intipkuliah-web1

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info live jurusan tiap minggu, TO Online, konsultasi jurusan, dan info seputar kuliah bisa gabung ke grup wa. Klik Disini

Apa saja jalur masuk untuk jurusan ini?

Jalur masuk itu ada banyak banget ada SNMPTN, SNUP atau seleksi mandiri, SBMPTN, UTBK SNMPTN, Internasional dan ada jalur sarjana mandiri terapan.

Ada tips buat mahasiswa baru jurusan ini?

Tipsnya untuk teman-teman yang pertama kalian harus yakin sama jurusan yang akan kalian ambil, karena itu penting banget kalau kalian udah yakin kalian akan menjalani kegiatan tersebut dengan bersungguh-sungguh. Jangan sampai kalian ambil jurusan ini karena udah gak ada pilihan lain. Untuk teman-teman juga jangan menganggap apa yang kalian lalui di jurusan ini sesuatu yang sulit, karena namanya belajar hal apa yang awalnya kita tidak tahu akhirnya kita bisa tahu.

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Ilmu komunikasi sendiri ranahnya luas, kita bisa jadi youtuber, presenter, wartawan ataupun bekerja di bidang tertentu sesuai dengan basic yang kita miliki. Kita juga bisa bekerja di bidang periklanan, copy writing, ataupun public speaker.

Apa rencana dan harapan kamu setelah lulus?

Mungkin ini angan-angan aku aja, aku pengen banget bekerja di salah satu perusahaan start up yang ada di Indonesia, gajinya lumayan besar dan menarik banget. Jadi pengen nyoba terjun dan bekerja di perusahaan itu. Kalau sekarang aku ingin menciptakan komunitas dimana aku bisa memberikan dampak yang positif bagi orang lain.

Kode konten: C884

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published.