Ilmu Komunikasi

Ilmu Komunikasi Stikosa AWS (Melina)

Ilmu Komunikasi Stikosa AWS (Melina)

Hay sobat intipers, semoga semesta selalu melindungimu. Sebelumnya mari berkenalan terlebih dahulu biar makin akrab. Perkenalkan saya Melina Ayu Agustin, mahasiswi yang baru lulus jurusan Ilmu Komunikasi dari Stikosa-Aws angkatan 2015. Stikosa-AWS adalah singkatan dari Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi-Almamater Wartawan Surabaya. Bidang kosentrasi yang saya ambil waktu kuliah adalah Jurnalistik. Di sini saya akan membagikan pengalaman saya sebagai mahasiswa di jurusan Ilmu Komunikasi. Jadi, mari simak pengalaman kuliah saya. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat aku balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok,pastiin kalian baca sampe beres dulu artikel ini.

Apa saja yang di pelajari Jurusan Ilmu Komunikasi Stikosa AWS?

Ilmu Komunikasi yang ada di Stikosa-AWS sangat menitik beratkan pada dunia media. Kalian bisa mempelajari bagaimana media menyampaikan informasi kepada khalayak. Mulai dari pra produksi, produksi, pasca produksi hingga evaluasi produksi. Bukan hanya itu, kita juga diajarkan untuk membuat suatu berita yang relevan. Berita tersebut harus memenuhi syarat nilai berita dan sesuai kode etik jurnalistik. Mahasiswa juga diajarkan bagaimana pengoperasian kamera, mengambil angle yang tepat. Serta apa saja larangan yang tidak di perbolehkan sebagai seorang pekerja di media. Pembekalan ini telah mahasiswa terima ketika mereka masuk di semester pertama. Mahasiswa diberikan pengajaran dan pendidikan berdasarkan pengetahuan, hard skill dan soft skill. Bukan hanya itu saja, mahasiswa juga diberikan pengalaman langsung secara praktik. Hal ini bertujuan agar mahasiswa memiliki kreatifitas, inovatif dan berjiwa wirausaha di bidang ilmu komunikasi.

Mata Kuliah di Ilmu Komunikasi Stikosa AWS?

Kalau bicara soal mata kuliah yang dipelajari, pastinya banyak sekali. Seperti Accademic Writing, Komunikasi Internasional, Komunikasi Politik, Sistem Pers, News Editing, Psikologi Komunikasi, dan masih banyak lagi. Mata kuliah yang jadi favorit saya waktu itu ada dua. yang pertama Wawancara Jurnalistik dan Teori KomunikasI. Hal yang paling berkesan dari mata kuliah wawancara adalah bagaimana saya harus berinteraksi dengan masyarakat. Bagaimana saya harus mewawancarai seorang ojek online, pedagang dan orang sekitar. Bukan hanya itu, saya lebih tahu adanya berbagai hak yang dimiliki narasumber. Seperti contohnya ketika narasumber tidak ingin di sebutkan namanya. Sebagai pewawancara, saya harus menghormati hak narasumber.

promo-web
ilmu komunikasi

Praktikum manajemen dan produksi siaran televisi di lab tv

Mata kuliah favorit saya yang kedua adalah Teori Komunikasi. Di mata kuliah ini lebih di ajarkan tentang bagaimana teori di aplikasikan atau diterapkan dalam kehidupan manusia. Ketika saya mempelajari mata kuliah ini, saya banyak mengetahui banyak sekali teori yang telah saya terapkan. Seperti teori Djarum Suntik, dimana teori ini merupakan suatu efek dari terpaan media. Contohnya, ketika seseorang sering melihat film kekerasan. Semakin sering ia melihat film tersebut, bisa saja dia akan terpengaruh dan meniru adegan-adegan kekerasan di lingkungannya.

Konsentrasi Program Ilmu Komunikasi Stikosa-AWS Apa Saja?

Konsentrasi yang ada di Ilmu Komunikasi Stikosa-AWS ada tiga. ketiga konsentrasi tersebut meliputi Jurnalistik, Penyiaran dan Hubungan Masyarakat. Mahasiswa dapat mengambil konsentrasi ketika masuk semester tiga. setiap semester, ada satu hingga tiga mata kuliah pilihan konsentrasi. Masing-masing mahasiswa dapat memilih mata kuliah yang telah di sediakan oleh kampus. Mata kuliah peminatan yang di ambil juga harus memenuhi syarat yang telah di tentukan. Bukan hanya sesuai konsentrasi, namun juga sesuai dengan syarat mata kuliah sebelumnya. Contohnya ketika mahasiswa semester 6 yang ingin mengambil Marketing Humas. Maka mahasiswa tersebut terlebih dulu harus lulus mata kuliah Manajemen Humas. Syarat ini wajib dan harus di penuhi oleh mahasiswa. Karena mata kuliah sebelumnya merupakan dasar dari apa yang akan mereka ambil.

Tips untuk Maba Ilmu Komunikasi

Semua mata kuliah Jurnalistik di Stikosa-AWS, lebih banyak untuk turun langsung ke masyarakat. Maka untuk kalian yang ingin menjadi seorang jurnalis yang handal. Mulai dari sekarang perbanyaklah koneksi dan berhubungan langsung dengan masyarakat sekitar. Serta perbanyaklah menulis di sela-sela waktu luang. ini akan menambah keahlian kalian dalam menulis berita dan topik yang menarik.

Untuk mata kuliah penyiaran, lebih ke arah produksi film, berita, dan editing. Konsentrasi ini lebih ke arah belakang layar. Namun juga menjadi penyebab berhasil atau tidaknya sebuah siaran berlangsung. Untuk itu, kalian harus lebih banyak tahu tentang tata cara penyiaran dan cahaya.

Terakhir, untuk humas atau hubungan masyarakat. Lha kalau humas sih lebih ke arah masyarakat yang luas. Bagaimana mereka membangun sebuah hubungan baik kepada masyarakat. Membangun sebuah citra dari sebuah perusahaan. dalam kata lain, kosentrasi humas paling berat. Mahasiswa harus bisa membangun publik speaking dan mempunyai kecakapan dalam berkomunikasi. Jadi saranku kalau mau masuk Humas di Stikosa-AWS, harus belajar publik speaking terutama bahasa.

Ikut Organisasi dan Magang yang Oke Punya itu Wajib

Ketika kalian ospek, saya sangat menyarankan untuk mengenal organoisasi yang ada di Stikosa-AWS. Ini menjadi tips yang sangat saya anjurkan. Ikutlah organisasi yang sesuai dengan bakat, minat dan skill kalian. Mengikuti organisasi tidak ada salahnya, kalian akan mendapat banyak relasi. Di Stikosa-AWS ada beberapa organisasi yang dapat kalian ikuti. Seperti BEM, AWS Tv, AWS Radio, Acta Surya, dan masih banyak lagi. Jangan takut ikut organisasi dan keluar dari zona nyaman. Ini akan menanmbah pengalaman yang berkesan dan mengasah kemampuan soft skill. Untuk magang, di serahkan sepenuhnya ke mahasiswa pada semester tujuh selama tiga bulan. Tapi saya sebagai alumni, sangat menyarankan untuk memilih tempat magang sesuai dengan konsentrasi dan kemampuan kalian. Lebih baik lagi, jika tempat magang itu membuat kalian aktif. Ini bertujuan agar kalian mempunyai pengalaman yang banyak selama kalian di tempat magang.

Prospek Kerja dan Alumni Kerja Dimana?

Sebagian besar alumni lulusan Ilmu Komunikasi dari Stikosa-AWS paling banyak bekerja di media. Sebagian besar dari mereka menjadi penyiar radio/Tv, jurnalis, kameraman, dan Voice Over. Namun ada juga alumni yang bekerja sebagai Marketing PR di beberapa hotel berbintang, Staf CSR dan manajer perusahaan, ada juga yang menjadi CEO radio lokal di Surabaya. Tapi jika kalian ingin berwirausaha, kalian bisa juga membuka jasa event organizer atau biro periklanan. Untuk kalian yang mempunyai hobi menulis, bisa saja kalian menjadi penulis naskah, berita atau penulis film. Wah, hebat kan…..

Harapan dan Rencana Setelah Lulus?

Kali ini saya harus mengakui. Sebenarnya saya tidak terlalu suka bekerja di industri media. Rencana saya setelah 1-2 tahun lulus, ingin mengembangkan bakat saya. saya juga ingin mencari informasi tentang skill apa saja yang di butuhkan di era sekarang. Namun, saat ini saya sedang mengeplorasi kemampuan saya dalam menulis artikel dan berita. saya juga mencari peluang usaha yang bisa sekiranya bisa saya bangun di era sekarang. Saya berharap ada banyak dan prospek kerja baru di dunia Ilmu Komunikasi kedepannya.

Kode Konten: X134

elynna.arsr
Seorang perempuan kelahiran Surabaya, 25 Agustus 1996. Perempuan lulusan Program Ilmu Komunikasi bidang Jurnalistik dari Stikosa AWS. Bisa di hubungi melalui surel elynnaayu@gmail.com dan instagram @elynna_arsr atau via Whatsapp 082231345134 .

Komen dibawah! 2

  1. Jessica Rosemelba

    Hai kak! perkenalkan, saya Jessica Rosemelba. Saya mau tanya, emang iya kehidupan kampus di Stikosa AWS suram? Kok yang saya lihat akhir2 ini mahasiswanya suka protes gitu? Apakah banyak problem di dalam kampus dengan tenaga pengajar? makasih.

    • elynna.arsr

      Hay Jessica, salam kenal yaa…
      Mengenai kehidupan kampus Stikosa-AWS, saya akui memang pernah ada aksi protes mahasiswa. Aksi tersebut sekitar tahun 2014, tentu saja sebelum saya menjadi mahasiswa hehehe. Titik masalahnya pun sudah di tuntaskan. Protes mahasiswa tersebut karena adanya salah paham antara pihak BEM dengan salah satu Staff divisi di kampus.

      Jangan khawatir, terlebih lagi sejak tahun 2019, Stikosa telah memperbarui sistem akademik dan managemennya. Tentu saja menjadi lebih baik dari sebelumnya.

      Terima kasih atas komentarnya 🙂

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *