Ilmu Komunikasi

Ilmu Komunikasi UI (Sylvia)

Ilmu Komunikasi UI (Sylvia)

Halo sobat intipers! Aku Sylvia Gusnanda dari Ilmu Komunikasi UI angkatan 2017. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat aku balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok, pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Ilmu Komunikasi UI itu seperti apa?

Kita itu mempelajari cara dan strategi komunikasi menyampaikan pesan ke orang lain baik itu secara lisan maupun tulisan. Jadi, nanti bisa kerja di bidang yang bergelut untuk merumuskan cara komunikasi suatu instansi dan bagaimana memberikan komunikasi dengan orang lain. Nanti itu kita juga belajar cara menyampaikan komunikasi, menyampailan informasi ke publik.

unisa

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Ilmu Komunikasi UI?

Aku juga bingung dulu waktu eksplor jurusan, cuma aku berusaha menggali potensi diri sendiri, misalnya memahami waktu SMA suka ngapain aja. Aku waktu SMA suka ikut kegiatan menulis, suka ngobrol dan presentasi. Aku tertarik sama media tentang apa yang terjadi di balik media terus aku juga cari informasi ke kakak kelas dan browsing sampai akhirnya aku ngerasa bakal cocok di jurusan ini.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan Ilmu Komunikasi UI?

Mata kuliah yang paling atas itu ada Strategi Komunikasi itu kita belajar buat strategi untuk menyampaikan pesan, ada kasus-kasusnya juga. Nanti kita buat analisis masalahnya seperti apa, tujuan komunikasinya apa, dan taktik apa yang bisa digunakan, misalnya dengan membuat campaign, atau challenge di media sosial, dan masih banyak lagi.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Ada 4 konsentrasi atau peminatan, pertama ada kajian media itu kebanyakan jadi akademisi, peneliti karena memang belajarnya itu lebih pada menganalisis dan mengkritisi media. Periklanan itu belajar copy writing, nulis iklan, merancang periklana dan banyaknya itu nanti kerja di agensi iklan. Peminatan ketiga itu Humas atau public relation yang bisa kerja di pemerintahan atau perusahaan. Terakhir, ada jurnalis yang nanti kerjanya jadi wartawan begitu.

pmb2-min

Apa saja jalur masuk untuk jurusan ini?

Ada 3 jalur masuk UI SNMPTN, SBMPTN/UTBK dan Simak UI. Tapi ada juga talent scouting kaya jalur prestasi yang diadakan UI itu diadakan sebelum SNMPTN. Info lanjut bisa cari ke penerimaan.ui.ac.id itu lengkap banget apalagi soal peminat dan daya tampung. Tahun ini kuota SBMPTN 20 orang dan Simak UI 40 orang.

Ada tips buat mahasiswa baru jurusan ini?

Aku dulu anak daerah yang dateng ke Depok jadi adaptasinya cukup susah gitu bingung, tapi jangan khawatir juga karena Departemen dari jurusan itu care sama anak-anak baru, dan ospeknya juga santai gak keras gitu ya buat kenal aja. Terus rata-rata orangnya ramah banget, kitanya juga harus belajar terbuka dan belajarnya pun harus lebih keras.

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Kan ada 4 peminatan ya nah itu tiap peminatannya punya prospek kerja masing-masing. Peminatan kajian media itu banyak alumni yang kerja sebagai akademisi, peneliti atau tim riset suatu perusahaan. Peminatan Periklanan itu banyak kerja di agensi iklan yang fokusnya ke cara penyampaian komunikasi ke publik, bisa kerja di start up juga. Kalau humas banyak yang kerja di pemerintahan atau NGO sebagai staf PR. Kalau peminatan jurnalistik banyak juga yang kerja sebagai jurnalis. Sebenernya gak harus selalu kerja di bidang yang sesuai dengan peminatan aja.

Apa rencana dan harapan kamu setelah lulus dari Ilmu Komunikasi Universitas Indonesia?

Aku pengen kerja di bagian PR kalau gak di NGO atau agensi PR.


Q&A

  1. Kira-kira kriteria yang diterima di Ilkom itu gimana dan peluang masuknya gimana?

Kalau kriteria itu mungkin ke stereotipe kali ya kalau kepribadian anak Ilkom itu harus yang jago ngomong atau yang berani tampil di depan, setelah aku masuk Ilkom sebenernya gak gitu ada juga yang cenderung pendiam dan introvert kan komunikasi juga gak selalu tentang lisan tapi ada juga tulisan. Kalau tentang peluang dilihat dari nilai itu ga ada informasi resmi, tapi untuk ketetatan bisa dicek di Simak.ui.ac.id

  1. Apa bedanya Ilmu Komunikasi dengan jurusan Manajemen Komunikasi?

Kayanya manajemen komunikasi itu bagian peminatan atau pemecahan dari ilmu komunikasi, aku sendiri kurang tahu lebih lanjut sebenernya.

  1. Skor minimal UTBK?

Seperti yang udah aku bilang gak ada info spesifik yang menyebutkan nilai UTBK, tapi mungkin bisa ditanyakan ke mahasiswa yang baru masuk di tahun sebelumnya.

  1. Apa masuk Ilkom itu dasarnya harus orang yang pede?

Iya seperti yang udah aku jawab juga, gak harus orang yang jago ngomong dan tampil terus bahkan banyak banget temen-temen yang introvert masuk Ilkom.

  1. Ilkom UI itu ada tes TOEFL gak? Minimal skornya berapa?

Tes TOEFL ada untuk kelas internasional, kalau yang kelas reguler itu gak ada. Untuk minimal skor TOEFLnya silaka cek langsung di web resmi UI ya.

Kode Konten: Y255

Komen dibawah! 5

  1. Arinii

    Kalo kerja di pemerintahan di bagian apa kak?

  2. Istiqomah

    Kalo biasanya tugas tugas gitu banyakan ke praktek apa makalah kak, tugas nya bnyak kelompok apa individu?
    Pingin masuk ilkom tapi kadang ngerasa introvert dan ga pede:’)

  3. Titin Suhartini

    Maaf mau tanya dong kak kalau misalkan kuliah di dkv desain komunikasi sama desainer itu beda nya apa ya

  4. Gloria

    Menurut kakak, pelajaran atau ilmu apa yang harus di perdalam anak SMA seperti saya untuk terjun ke jurusan ini?

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *