Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Negeri

Ilmu Komunikasi UIN Yogyakarta (Elva)

Ilmu Komunikasi UIN Yogyakarta (Elva)

Halo sobat intipers! Aku Elva Oktafiani dari jurusan Ilmu Komunikasi UIN Yogyakarta angkatan 2019. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, Jurusan Ilmu Komunikasi UIN Yogyakarta seperti apa?

Kalau ilmu komunikasi khususnya di UIN sudan kaljaga gak cuman bahas bagaimana cara berkomunikasi yang baik. Disini kita lebih banyak belajar tentang gimana cara kita bisa buat terjun ke masyarakat dengan beberapa konsentrasi. Ada konsentrasi public relation dan advertising. Banyak orang yang bilang kenapa sih ambil ilmu komunikasi?

unisa

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Sebenernya apakah komunikasi itu buat orang-orang yang pinter banget ngomong, ekstrovert gitu kan, padahal enggak juga, karena ilmu komunikasi itu luas banget sih, jadi enggak cuman bicara tentang orang yang pinter ngomong aja, sebenernya buat semua orang juga bisa buat masuk ilmu komunikasi, karena kita juga belajar tentang bagaimana caranya kita buat ngebranding suatu produk, desain, dan lain-lain, gitu sih.

Apa yang jadi alasan masuk Jurusan Ilmu Komunikasi UIN Yogyakarta?

Sebenernya dulu aku gak kepikiran buat ambil ilmu komunikasi, aku kepikiran ketika udah try out UN. Karena sebelumnya aku pengen HI kalau enggak manajemen. Terus aku searching lagi komunikasi itu belajar apa aja? Setelah aku liat, ternyata komunikasi itu gak cuman belajar bagaimana kita bisa ngomong, atau orang-orang mungkin mikirnya ‘ah entar jadi presenter’ emangnya kalau presenter di daerah itu emangnya laku ya? Kan di daerah enggak.

Sebenernya ilmu komunikasi bukan mau menghindar dari hitung-hitungan, cuman memang aku melihat basic aku tuh lebih kemana sih? Ternyata aku itu lebih menonjolnya di komunikasi, karena aku seneng banget kegiatan yang berorganisasi, ketemu orang banyak. Terus aku kepikiran buat ngambil komunikasi itu karena aku seneng banget ketemu sama orang baru, jadi otomatis aku ambil jurusan itu.

pmb2-min

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Konsentrasi yang ada di jurusan Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga ini ada 2 yaitu public relation dan advertising. Konsentrasi aku itu public relation membahas tentang gimana cara kita memanajemen sebuah perusahaan, manajemen krisis, manajemen komunikasi dari perusahaan.

Kemudian ada komunikasi advertising itu kalau temen-temen suka desain komunikasi visual, itu bisa masuknya ke konsentrasi advertising. Terus banyak yang nanya kok gak ada konsentrasi broadcasting, jurnalistik? Itu ada, tapi enggak di prodi ilmu komunikasi, tapi adanya di prodi komunikasi penyiaran islam di fakultas dakwah dan komunikasi.

Jadi kita gak belajar ngomong doang, atau gimana caranya melatih public speaking yang baik. Tapi kita juga ada belajar buat design, buat branding logo perusahaan, itu bisa belajar di konsentrasi advertising.

Mata kuliah yang khas di jurusan ini?

Sebenernya banyak sih, cuman kalau di komunikasi itu mungkin lebih ke istilahnya pengantar komunikasi itu udah wajib banget, penting banget, karena kan komunikasi itu gak belajar ngomong doang, atau komunikasi verbal, tapi kita juga belajar biar bisa berkomunikasi secara non verbal kaya branding-branding, logo.

Apalagi sekarang istilahnya lagi ngehype banget bisnis startup kan itu perlu banget branding perusahaannya lewat packaging yang bagus, menarik, nah itu kita belajar juga di konsentrasi advertising. Mungkin gitu sih, jadi misalkan mata kuliah sih semuanya sama kaya komunikasi masa, komunikasi politik, cuman tergantung dari konsentrasi itu sendiri.

Sebenernya kalau di ilmu komunikasi khususnya konsentrasi PR itu kita ada praktek table manner itu praktik khusus PR, itu gimana sih cara kita personal branding yang baik, ketemu sama klien, cuman karena kita online otomatis semuanya itu lebih ke praktik mandiri. Kita pernah punya acara, disana kita jadi persenternya, narasumber, kita istilahnya praktek offline nya kita mengaplikasikan skill PR nya didalam praktek mandirinya istilahnya kita waktu praktik offline nya.

Ada berapa jalur masuk di jurusan kamu?

Kalau di jaman aku, karena waktu itu belum ada pendemi, ada 5 jalur masuk. Karena ilmu komunikasi bukan berbasis keagamaan atau kemenag. Jadi ada SNMPTN, SBMPTN, kemudian ada CBT, PBT, dan portofolio prestasi. Tapi karena online, jadi PBT nya di hapus diganti jadi CBT 1 dan 2.

Portofolio prestasi itu tuh ketika kita SMA ada prestasi dari tingkat kabupaten sampai nasional, itu bisa kita masukin dan akan diseleksi oleh admisinya. Kalau temen-temen punya hafalan 30 juz itu bisa banget dapet beasiswa dari UIN sunan kalijaga.

Ada tips buat mahasiswa baru Ilmu Komunikasi UIN Yogyakarta?

Kalau dari aku sih untuk maba, apalagi ini pandemi ya jadi mereka belum bisa lihat kampus kaya gimana, kehidupan kampusnya juga. Jadi menurut aku banyak-banyak belajar, cari tahu, ikut event, kegiatan online. Asah kemampuan kalian dengan lomba, sekiranya yang bisa ngelatih skill komunikasi kalian, apalagi kalau kuliah online kan pasti kita bungung gatau ilmunya masuk atau enggak. Nah untuk tau ilmu kalian masuk atau enggak itu dengan ikut event atau lomba yang mengasah ilmu kalian.

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Prospek kerja di ilmu komunikasi luas banget, enggak cuman di perusahaan apalagi sekarang udah hype banget trend startup. Jadi temen-temen bisa banget kerja di startup, di instansi pemerintah, cuman kalau untuk prospek kerja, misalkan kita orang PR pas kit alulus enggak jadi seorang PR, misalnya jadi sales marketing, tapi tetep ilmu PR kita bisa digunain di sales marketing gitu.

 Apa harapan dan rencana setelah lulus?

Harapan aku sih, aku bisa mengapliaksikan ilmu PR aku dimana aja, meskipun aku besok gak jadi seorang PR, aku pengen skill komunikasi digunakan dan bermanfaat.

 

Q&A

  1. Ilkom itu belajarnya ngapain aja?

Ilmu komunikasi itu belajarnya banyak banget, kita belajar cara kita branding, personal branding, bernegosiasi juga. Kemudian kalau misalkan di konsentrasi aku, kita belajar cara menegosiasi media-media agar media itu tau tentang postingan kita, produk kita ke masyarakat. Apalagi kalau advertising itu gimana caranya produk kita laku dll. kita juga belajar menjaga relasi.

  1. Gelar di ilkom nanti apa ya kak?

Kalau gelar di ikom itu S.ikom, mau konsentrasi apapun, nanti sarjananya ilmu komunikasi

  1. Biaya kuliahnya dong kak di infokan?

Kalau untuk biaya kuliahnya karena kita negeri ya kita pakai UKT atau uang kuliah tunggal yaitu uang kuliahnya disesuaikan dengan penghasilan orangtua, jadi setiap mahasiswa beda-beda uang kuliahnya.

 

 Kode konten: C634

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *