Ilmu Komunikasi, Universitas Diponegoro

Ilmu Komunikasi Undip (Anin)

Ilmu Komunikasi Undip (Anin)

Apa yang dipelajari di Ilmu Komunikasi Undip?

Ilmu Komunikasi erat kaitannya dengan proses komunikasi yang dilakukan oleh perseorangan, kelompok maupun lembaga baik secara langsung maupun tidak langsung. Nah, dalam Ilmu Komunikasi Undip kita akan belajar mengenai bagaimana proses komunikasi itu berlangsung dan bagaimana pesan itu disampaikan, mulai dari komunikasi antar personal hingga komunikasi massa. Tidak hanya prosesnya dan pengemasannya, kita juga diajarkan untuk mengelola berbagai kegiatan komunikasi seperti kegiatan jurnalistik dan kegiatan public relations. Enaknya belajar Ilmu Komunikasi adalah kita bisa mengaplikasikan langsung apa yang kita dapatkan di kelas dalam kehidupan sehari – hari. Misalnya penyelesaian konflik yang terjadi di sekitar kita, dalam ilmu komunikasi ada beberpa pendekatan yang bisa kita jadikan rujukan untuk menyelesaikan permasalahan kita. Yang saya rasakan, ilmu komunikasi itu sangat dekat dengan kehidupan sehari – hari kita.

Ilmu Komunikasi Cuma Belajar Ngomong?!

Salah besar. Kadang saya mendapat cibiran dari beberapa orang, “Ngapain masuk jurusan Ilmu Komunikasi, cuma belajar ngomong doang gitumah gausah kuliah juga bisa.” Sering banget orang – orang bilang di Ilmu Komunikasi itu cuma belajar ngomong. Nyatanya, yang saya alami di Ilmu Komunikasi Undip mata kuliah yang diajarkan sangat kompleks dan lebih dari sekedar belajar ngomong. Belum lagi kegiatan – kegiatan komunikasi yang dijalankan, benar – benar kompleks seperti pengadaan event, penulisan artikel, broadcasting, kampanye sosial, dan msih banyak lagi. Jadi sangat tidak benar kalau Ilmu Komunikasi hanya belajar ngomong.

Mata Kuliah dan Dosen Favorit?

Materi kuliah di Ilmu Komunikasi sangat beragam. Seperti, Teori Komunikasi, Komunikasi Antar Pribadi, Psikologi Komunikasi, Riset Komunikasi,Komunikasi Gender, Komunikasi Antar Budaya,  Penulisan Kreatif, Teknik Lobby dan Negosiasi, Event Magement, dan masih banyak lagi. Mata kuliah favorit saya yaitu Komunikasi Antar Pribadi dan Komunikasi Gender. Di mata kuliah Komunikasi Antar Pribadi dibahas mengenai bagaimana manusia berkomunikasi dengan sesamanya secara interpersonal. Hal yang menarik bagi saya yaitu, hal ini sangat relevan dengan bagaimana kita berusaha untuk berkomunikasi dengan lingkungan kita. Hal lain yang membuat saya tertarik yaitu, pengemasan pesan yang berbeda ketika kita berhadapan dengan orang. Ini menambah pengetahuan saya bagaimana harus mengemas pesan tersebut menyesuaikan dengan sifat dan kepribadian orang tersebut. Dan bahkan kami pernah diajarkan bagaimana ketika kita berhadapan dengan lawan jenis yang kita sukai. Hehehe.

Mata kuliah Komunikasi Gender membahas tentang bagaimana kesetaraan gender dikemas dalam media komunikasi. Hal ini begitu menarik bagi saya. Melalui mata kuliah ini ada banyak pengetahuan baru yang saya dapatkan terkait framing media (pengemasan artikel di media) yang tidak menunjukkan kesetaraan tersebut. Apalagi ditambah dengan studi kasus yang langsung kita lihat bagaimana media mengemasnya baik secara penulisan, penggambaran visual dan lainnya.

Dosen favorit saya yaitu Mas Turnomo Rahardjo. Beliau merupakan dosen yang sangat sabar dan ke-bapak-an. Mas Hardjo merupakan salah satu dosen senior di Ilmu Komunikasi dan beliau sering membagikan pengalamannya kepada mahasiswa. Pada saat mengajarkan di kelas pun beliau mengajarkan dengan jelas dan sangat terbuka pada mahasiswa. Inilah yang membuat saya merasa sanat senang ketika diampu oleh beliau. Oh iya, di Ilmu Komunikasi Undip kami memanggil dosen dengan pangggilan Mas dan Mbak, walaupun kebanyakan dosen merupakan pengampu senior namun kami tetap memanggil dengan panggilan mas dan mbak. Hal ini dikatakan para dosen untuk semakin mendekatkan relasi kami seperti kakak dan adik.

Konsentrasi di Ilmu Komunikasi Undip?

Konsentrasi di Ilmu Komunikasi Undip terbagi menjadi dua, Ada Jurnalistik dan public relations. Ketika kami semester empat, kami diarahkan untuk mengambil konsentrasi berdasarkan passion kami. Perbedaan kedua konsentrasi keduanya yaitu Jurnalistik fokus pada kegiatan media seperti broadcasting, pembuatan majalah, pembuatan mata acara, dan masih banyak lagi, sedangkan public relations lebih menjurus pada kegiatan informasi dan komunikasi perusahaan seperti manajemen public relations, kampanye public relations, manajemen pemasaran sosial, komunikasi pemasaran, dan masih banyak lagi.

Tips untuk Maba Jurusan Ilmu Komunikasi Undip

Belajar di jurusan Ilmu Komunikasi banyak berkaitan  dengan media. Jadi paling tidak kita harus terbiasa dan cakap dengan media yang ada sebagai saluran komunikasi. Hal ini akan sangat memudahkan kita untuk menempuh mata kuliah – mata kuliah yang ada. Tips lainnya yaitu, tumbuhkan kepekaan sosial. Apa yang terjadi di masyarakat dan dunia saat ini merupakan jendela bagi pengetahuan kita. Dari permasalahan – permasalahan sosial kita bisa menyandingkannya dengan materi yang dipelajari untuk menemukan titik persoalan atau bahkan solusi dari permasalahan yang ada. Selain itu melalui kepekaan sosial kita juga jadi tahu kebiasaan para pengguna media yang berpengaruh besar dengan bagaimana komunikasi itu dikemas. Tips terakhir yaitu perbanyak kegiatan sampingan di luar kuliah utama, seperti organisasi, lomba, dan kegiatan lainnya. Kegiatan diluar kuliah utama membuat kita bisa lebih mengatur diri dan tentunya mempraktikkan langsung apa yang kita dapatkan dalam perkuliahan Ilmu Komunikasi.

Prospek Kerja ?

Sejauh ini, prosepek kerja dari mahasiswa Ilmu Komunikasi sangat luas. Lulusan dari Ilmu Komunikasi bisa bekerja di media, membuka pelatihan public speaking, industri kreatif, event organizer, menjadi public relations di perusahaan, dan masih banyak lagi. Alumni dari Ilmu Komunikasi Undip ada yang bekerja di media ternama di Indonesia seperti Kompas, MetroTv, bahkan sampai ada yang ke luar negeri. Tidak hanya itu, beberapa alumni pun ada yang bekerja di perusahaan start-up dan perusahaan – perusahaan besar negara. Banyak juga loh lulusan Ilmu Komunikasi yang menjadi konsultan, tapi kita harus memperdalam ilmu kita lagi di studi lebih lanjut Ilmu Komunikasi dengan konsentrasi tertentu.

Harapan dan rencana setelah lulus?

Setelah lulus, saya berniat untuk  melanjutkan studi S2 sambil mencari pekerjaan. Namun hingga saat ini saya masih memikirkan kemana saya akan melanjutkan pendidikan tersebut. Harapnnya, semoga niat saya ini dimudahkan dan dilancarkan. Amin.

Kode Konten: X225

aninisabela
Mahasiswi Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Diponegoro

Komen dibawah! 12

  1. binbin06

    Terima kasih banyak mbak Anin untuk informasinya seputar prodi Ilmu Komunikasi di UNDIP. Jadi gak sabar buat tahun ini jadi maba UNDIP 🙂

  2. ol

    halo kak, aku mau tanya kalo penulisan kreatif dan komunikasi gender itu mata kuliah di semester berapa ya? terimakasih!

    • aninisabela

      hai, aku jawab yaa..
      kalo penluisan kreatif itu di semester 3 dan komunikasi gender itu di semester 5 itu di zamanku loh ya, kemungkinan bisa berubah sesuai dengan kebijakan yang baru. 🙂

  3. Cindy

    Hai kak.
    Aku mau tanya kalo gak bisa bahasa Inggris bisa nggak sih masuk jurusan ilmu komunikasi ?.
    Apa malah menghambat? .
    Terimakasih semoga dijawab

    • aninisabela

      Halo Cindy..
      Tenang aja, ttep bisa kok. Tp ttep sambil dilatih yaa, krna ada banyak literatur bahasa inggris juga nih yg harus kita pahami. Dan beberapa praktek mata kuliah ada yg pakai bhs inggris. Jd ya memang mau gamau bahasa inggris tu memang harus kita latih.
      Semangat Cindy ??

  4. Ananda Clarissa

    halo kak anin! thankyou udah sharing. btw i wanna ask you. jadi aku kan rencananya mau ambil komunikasi undip, tapi aku ipa otomatis lintas jurusan. kira2 yg harus dipersiapin tuh khususnya di pelajaran apa ya? dan kira2 peluang nya besar gak sih?

  5. Muhammad Sakha

    hallo kak anin, mau tanya dosennya galak² ga ya hehe??

  6. Widia

    Hy kak anin,
    Terimakasih banyak atas sharingnya ya. Bagus tulisannya.
    Aku dari jurusan multimedia nih, berniat untuk masuk ilmu komunikasi, UNDIP.
    Kalo Peluang SMK sama SMA kira-kira besar mana ya?

  7. Gloria

    Hai Kak Anin, makasih ya review menariknya semangat ku sedikit terbangun setelah jatuh haha.
    Mau nanya nih, kak. Skill” megang camera atau alat-alat yang biasanya dipakai media itu sangat diperlukan atau sekedar saja, kak? Apakah nanti akan dipelajari atau harus mempelajarinya secara mandiri?
    Satu lagi hehe… dari pengalaman kakak saja nih, ketika masih di bangku SMA pelajaran apa yang harus lebih difokuskan agar bisa berkecimpung di jurusan komunikasi?

    Sebelumnya, terimakasih (✿^‿^)

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *