Ilmu Komunikasi, Universitas Andalas

Ilmu Komunikasi Universitas Andalas (Vania)

Halo sobat intipers! Aku Vania dari Ilmu Komunikasi Universitas Andalas angkatan 2020. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliahku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau berdiskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan di balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, Ilmu Komunikasi Universitas Andalas seperti apa?

Sebelum teman-teman pengen masuk di Ilmu Komunikasi teman-teman harus tau apa itu jurusan Ilmu Komunikasi. Kalau dari perspektif vania Ilmu Komunikasi itu adalah sebuah prodi yang mempelajari mengenai pola komunikasi dan public speaking. Saat kita sudah masuk di jurusan ini kita tidak hanya belajar tentang public speaking dan nulis, tapi kita juga belajar mengelola agar pesan yang kita sampaikan kepada komunikan dengan tepat.

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Andalas?

Jadi pasti tertarik banget, karena jurusan ini adalah jurusan impian banget dan Alhamdulillah dulu lulus di jalur pertama. Padahal dulu pas SMA anak sains dan kuliah akhirnya memilih jurusan komunikasi karena memang benar-benar tertarik dan keinginannya itu muncul sejak SMA.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Jadi yang menjadi pembeda antara Ilmu Komunikasi dengan program studi lainnya yaitu kalau teman-teman pengen masuk PR mata kuliah yang akan didapatkan yaitu pengantar Public Relations di dalam materi ini kalian akan belajar bagaimana kerja sama antara Public Relations dan perusahaan yang menjembatani dengan klien. Kedua jurnalistik hubungannya dengan kepenulisan, wartawan, jurnalis dan materi ini juga termasuk yang paling sulit karena programnya banyak di lapangan. Ketiga yaitu manajemen komunikasi akan belajar tentang teori-teori komunikasi. Yang terakhir yaitu belajar tentang editing video dan gambar.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Kalau Komunikasi di Unad itu ada empat kalau kalian pengen fokus disalah satunya bisa aja kok, konsentrasi itu meliputi public relations, manajemen komunikasi, jurnalistik dan media tv dan film. Dan dari keempat ini punya keunikannya masing-masing yang tergantung dari skill dan minat kalian. Sebelum kalian milih konsentrasi nanti kalian akan belajar tentang materi komunikasi secara umum dan baru bisa memilih konsentrasi di semester lima. Dalam menulis konsentrasi ini teman-teman harus memilih yang sesuai dengan kemampuan dan tujuan karir kalian.

intipkuliah-web1

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info live jurusan tiap minggu, TO Online, konsultasi jurusan, dan info seputar kuliah bisa gabung ke grup wa. Klik Disini

Apa saja jalur masuk untuk jurusan ini?

Untuk jalur masuknya sendiri ada SNMPTN, SBMPTN, jalur Mandiri dan jalur Internasional

Ada tips buat mahasiswa baru jurusan ini?

Untuk tips ini aku bagi dua buat anak SMA dan buat mahasiswa ILKOM. Buat adik sma kuncinya harus bisa meningkatkan nilai teman-teman di materi yang berhubungan dengan sosial. Dan ketika masih SMA perbanyak relasi dan prestasi akademik dan non-akademik, kalau mau ambil di jalur SNMPTN kalian harus ambis untuk belajar materi soshum. Untuk anak komunikasi kalian jangan pernah berpikir kalau ILKOM itu gak ada hitung-hitungannya karena ilmu itu selalu dibutuhkan, kalian juga diminta untuk menghitung saat menyelesaikan skripsi. Selanjutnya kalian harus berlatih public speaking dan kepenulisan.

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Banyak banget prospek kerja di jurusan komunikasi, dari kakak tingkat mereka diterima di perusahaan BUMN, Kominfo dan semua bidang yang mengharuskan kalian tampil di depan umum. Ada juga jurnalis yang bekerja di belakang layar, selanjutnya yaitu bisa menjadi founder, praktik pendidikan dan bisa juga menjadi seorang pengusaha.

Apa rencana dan harapan kamu setelah lulus?

Harapan saya bisa menghadapi persaingan di dunia kerja, untuk saat ini saya ingin memperbanyak kemampuan dengan mengikuti pelatihan.

Kode konten: C885

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published.