Ilmu Komunikasi

Ilmu Komunikasi Universitas Halu Oleo (Ahmad)

Ilmu Komunikasi Universitas Halu Oleo (Ahmad)

Halo sobat intipers! Aku Ahmad Badaruddin dari Ilmu Komunikasi Universitas Halu Oleo angkatan 2019. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Halu Oleo seperti apa?

Sebelum kita bedah tentang jurusannya, baiknya kita tahu dulu pengertian komunikasi itu apa. Komunikasi itu proses penyampaian pesan dari sumber pesan atau komunikator kepada penerima pesan atau komunikan. Dalam proses penyampaian pesan itu ada unsur-unsurnya, ada sumber pesan, pesannya itu sendiri, media yang digunakan dan penerimanya. Jadi ilmu komunikasi itu ilmu yang mempelajari proses penyampaian pesan dan unsur-unsurnya itu sendiri. Kita juga belajar medianya, entah itu media massa atau media online. Selain itu kita juga belajar bagaimana orang-orang menerima pesan, dsb. Jadi ilmu komunikasi itu ilmu yang mempelajari bagaimana proses komunikasi. 

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Halu Oleo?

Ini bisa dibilang sedikit rancu karena saya dulu dari jurusan IPA. Alhamdulillah waktu sekolah saya berprestasi di bidang IPA, jadi waktu saya pilih jurusan ilmu komunikasi guru-guru IPA saya tuh bingung. Sebenernya ini berasal dari pengalaman saya yang Alhamdulillah waktu SMA pernah menjadi ketua OSIS. Dengan jadi ketua OSIS saya belajar banyak bagaimana saya menyampaikan pesan di depan orang. Melalui hal itu saya termotivasi untuk mendalami kemampuan saya berbicara di depan umum. Kemudian, setelah masuk di ilmu komunikasi, rupanya kajiannya jauh lebih luas daripada perkiraan saya. 

Banyak yang bilang masuk ilmu komunikasi itu harus yang udah punya keahlian berbicara. Sebenernya itu lebih ke mitos, maksudnya justru dengan masuk jurusan ini kita diajarkan untuk mengembangkan hal-hal tadi. Ilmu komunikasi itu kan luas, dengan diajarkan berbagai hal di jurusan ini kita akan mengembangkan kemampuan kita. Jadi kalau pas masuk pun kita belum punya kemampuan komunikasi yang baik, nanti juga kita belajar dan menggali kemampuan bersama-sama. 

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Saya di semester 4 belajar teori ilmu komunikasi. Di mata kuliah itu ada banyak hal yang kita pelajari dan juga belajar bagaimana adaptasi interaksi. Selain itu ada beberapa mata kuliah yang menarik. Waktu semester 1 kita belajar tentang bagian-bagian dari ilmu komunikasi. Kita belajar pengantar ilmu politik, pengantar jurnalistik, manajemen, public speaking.

Semakin jauh kita mengarah ke profesi ilmu komunikasi ke depannya. Seperti di semester 4 ini saya belajar mata kuliah yang menjurus ke profesi ilmu komunikasi. Ada mata kuliah film digital, fotografi, manajemen public relation. Buat saya mata kuliah public relation ini jadi salah satu yang menarik, soalnya tugas-tugasnya itu out of the box. Kita sering diminta untuk turun ke lapang, menjadi seorang PR di instansi-instansi. Saya pernah di Imigrasi Kendari, di sana kita belajar bagaimana PR bekerja, dsb. Selain itu, kita juga belajar tentang jurnalistik dan broadcasting tapi tidak terlalu fokus. Sekarang juga di semester ini kami ada mata kuliah tentang public speaking dan opini publik. Itu salah satu proses broadcaster itu sendiri. 

Kalau waktu semester 3 lalu ada mata kuliah tentang event organizer, karena online jadi kita sebatas bagaimana membuat proposalnya. Tidak bisa turun lapang karena pandemi. Alhamdulillah di semester 4 ini ada beberapa mata kuliah yang online dan beberapa offline. Jadi bisa kembali turun ke lapang. 

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Mulai tahun 2018 ke bawah, tapi konsentrasi ini dihilangkan karena dipecah jadi jurusan baru tersendiri di Universitas Halu Oleo. Jadi kita mahasiswa ilmu komunikasi itu lebih fokus ke bagaimana menjadi seorang public relation. 

Jalur masuknya ada apa aja?

Jalur masuk di Universitas Halu Oleo, itu umumnya ya ada 3 jalur. Ada SNMPTN, SBMPTN dan jalur mandiri. Saat ini jalur mandiri sedang dibuka, silakan kunjungi website universitas halu oleo. 

Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Halu Oleo ini juga sudah terakreditasi A. Jadi, jurusan ini jadi memiliki banyak peminat. Bahkan mahasiswa yang datang dari berbagai wilayah. Untuk adik-adik kalau tertarik di Ilmu Komunikasi Universitas Halu Oleo bisa nih bersaing dengan Ilmu Komunikasi di universitas lainnya. 

Lihat vlog dari ribuan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Ada tips buat mahasiswa baru Ilmu Komunikasi Universitas Halu Oleo?

Ilmu Komunikasi ini kan jurusan yang cakupannya luas, berdasarkan pengalaman saya kita perlu membuka mata terhadap trend-trend yang ada. Kita di komunikasi itu fokusnya pada tren-trend yang sedang berlangsung dan mengkaji itu semua. Istilahnya kita harus uptodate. Tugas-tugas kalau dirasa berat ya lalui saja, karena itu sudah menjadi bagian dari pahit manisnya dunia kampus. 

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Kalau prospek kerjanya itu luas karena cakupan ilmunya luas. Kita bisa menjadi PNS nantinya kita ditempatkan di humas instansi. Bekerja di perusahaan swasta juga bisa karena mereka pasti butuh humas. Ada bahkan alumni yang bekerja di perusahaan. Selain itu, kita juga bisa menjadi jurnalis, presenter, pembawa acara, broadcaster radio. Bahkan kita bisa menjadi seorang film masker. Jadi kalau kalian bertanya-tanya nanti bisa jadi apa, itu terbuka lebar tinggal tergantung kita aja. 

Rencana dan harapan setelah lulus?

Rencananya setelah S1 mau lanjut S2. Kalau tidak, saya sekarang ini sedang tertarik dengan penulisan skrip film. Jadi mungkin ke depannya bisa di bidang itu. 

Kode konten: C602

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *