Ilmu Komunikasi, Universitas Jenderal Soedirman

Ilmu Komunikasi Universitas Jenderal Soedirman (Devina)

Halo sobat intipers! Aku Devina dari Ilmu Komunikasi Universitas Jenderal Soedirman angkatan 2019. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliahku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau berdiskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan di balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Jenderal Soedirman itu seperti apa?

Dalam ilmu komunikasi itu mempelajari tentang cara untuk menyampaikan pesan secara efektif dari komunikator kepada komunikan. Jadi komunikasi itu bisa dilakukan melalui berbagai media, baik secara langsung maupun tidak langsung. Dalam ilmu komunikasi tidak semua mahasiswa diwajibkan untuk jago bicara, karena kita akan mempelajarinya di dalam mata kuliah.

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Jenderal Soedirman?

Alasan masuk komunikasi dulu belum ada bayangan masuk jurusan ini. Awalnya dulu ingin masuk ke administrasi bisnis, namun ada teman lain yang nilainya jauh lebih tinggi. Dulu juga masih bingung mau ambil jurusan apa dan akhirnya coba searching di google tentang beberapa jurusan yang ingin diambil. Dan akhirnya memutuskan memilih Ilmu Komunikasi karena mata kuliah yang dipelajari mencakup semua keilmuwan yang saya inginkan seperti Psikologi, Bisnis dan Sosiologi. Ambil Ilmu Komunikasi di Universitas Jenderal Soedirman karena ada peluang dari kakak kelas yang juga ambil jurusan yang sama.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Mata kuliah yang khas itu ada beberapa seperti Retorika atau Public Speaking. Dalam ilmu retorika kita belajar cara untuk berbicara di depan umum dan merupakan mata kuliah praktikum, jadi nanti tugasnya akan dikerjakan secara berkelompok yang dipilih secara acak. Waktu itu mendapat tugas sebagai host wisata alam di desa, jadi tugasnya buat video dan dikirimkan kepada dosen. Bukan hanya jadi host saja, namun beberapa role yang tampil di depan umum. Dan di mata kuliah retorika akan dinilai penampilan dari atas sampai bawah dan akan diberikan komentar tentang penampilan kita. Selanjutnya di semester tiga akan mendapat mata kuliah sinematografi yaitu membuat film secara berkelompok, bisa bermacam-macam ada film pendek dan film dokumenter.  Selanjutnya kita belajar fotografi yaitu belajar untuk pegang kamera, cari angle atau foto objek di lingkungan sekitar. Ada juga Jurnalistik dan Teknik Ke-Humasan

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Untuk di Ilkom UNSOED itu kita belajarnya general, jadi kita belajar semua matkul pilihan yang ada di matkul Ilmu Komunikasi. Tapi pilihannya kita lebih mengarahkan diri sendiri. misalnya ingin mengarah Humas jadi nanti milihnya matkul yang mengarah ke Humas. Untuk bidang spsifiknya kita yang mengarahkan diri sendiri.

Apa saja jalur masuk untuk jurusan ini?

Buat teman-teman yang ingin masuk jurusan Ilmu Komunikasi bisa melalui SNMPTN atau jalur rapot. Jadi ada tiga jalur untuk masuk jurusan ini yaitu SNMPTN, SBMPTN dan Ujian Mandiri. Untuk ujian mandiri di UNSOED ada dua yaitu menggunakan nilai UTBK dan Non UTBK.

Klik Gambar Di Bawah Jika Tertarik Masuk Grup Whatsapp untuk info konsultasi jurusan, info TO online, live jurusan, dsb.

iklan-wa-min

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info live jurusan tiap minggu, TO Online, konsultasi jurusan, dan info seputar kuliah bisa gabung ke grup wa. Klik disini

Ada tips buat mahasiswa baru jurusan ini?

Kalau untuk tips buat teman-teman yang sudah masuk jurusan Ilmu Komunikasi teman-teman jalani dulu dan nikmati prosesnya, karena setiap jurusan punya tantangan masing-masing ketika mendapatkan banyak tugas. Jadi kita itu punya fasenya masing-masing dan gak perlu merasa minder atau iri dengan teman-teman dari jurusan lain. Teman-teman harus mengetahui karakteristik dari dosen, agar kita mendapatkan nilai yang maksimal. Dan juga punya relasi sama kakak tingkat, karena kalau kita bingung bisa bertanya dengan kakak tingkat yang sudah berpengalaman.

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Untuk prospek kerja itu banyak banget, karena tidak ada perusahaan yang tidak membutuhkan komunikasi. Buat teman-teman yang tidak suka tampil di depan umum bisa ambil back office, dan bila senang untuk tampil di depan umum bisa ambil front office misalnya seperti reporter, penyiar, analis media, humas, content creator, video grafis, penulis script dan setiap pastinya perusahaan di butuhkan

Apa rencana dan harapan kamu setelah lulus?

Untuk rencana kedepannya ingin ilmu yang didapatkan bukan hanya digunakan untuk diri sendiri tapi juga ingin berbagai dengan teman-teman semuanya. Dan aku berminat di bidang Humas jadi nanti bisa menjadi Public Relations di perusahaan dan bangun bisnis sendiri.

 

Q&A

  1. Kalau untuk snmptn ada batasannya tidak untuk kita bisa memilih?

Untuk SNMPTN pas zaman aku dengan yang sekarang itu punya banyak perbedaan. Jadi untuk kamu jika tidak bisa memilih prodi yang kamu inginkan melalui SNMPTN kamu boleh mencari peluang lain yang memang diminati dan jangan asal memilih. Tapi jangan lupa untuk membuat plan A dan plan B, pertimbangkan juga Universitas dengan Jurusan yang diambil.

 

  1. Bedanya ilmu komunikasi dengan manajemen komunikasi itu apa?

Bedanya kalau ilmu komunikasi itu kita membahas secara general, jadi kita bisa membahas jurnalis, tv, film dll. Kalau manajemen komunikasi itu sudah terfokus ke manajemen komunikasi kita belajar untuk mengatur cara menyampaikan pesan, nanti outputnya bisa berupa project.

 

  1. Dalam ilmu komunikasi apakah ada materi hitungannya?

Kalau dalam ilmu komunikasi sendiri tidak ada, tapi karena saat ini syarat untuk lulus kuliah itu harus membuat skripsi dan dalam pembuatan skripsi kita juga belajar metode penelitian kuantitatif yang mengharuskan kita untuk belajar hitungan.

Kode konten: C861

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published.