Ilmu Komunikasi, Universitas Muhammadiyah

Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Magelang (Naufaldi)

Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Magelang (Naufaldi)

Halo intipers. Perkanalkan saya Muhammad Naufaldi, mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Magelang angkatan 2018. Disini saya ingin membagikan pengalaman kuliah yang telah saya lalui setelah 5 semester di jurusan Ilmu Komunikasi. Yuk mari, simak pengalaman saya. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Apa yang dipelajari di Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Magelang?

Disini kita akan diajarkan tentang bagaimana berkomunikasi. Sebenarnya tidak hanya diajarkan bagaimana berkomunikasi saja tetapi juga tentang banyak hal. Contohnya saja public speaking, public relation, komunikasi pembangunan dan sebagainya. Nah, nantinya akan terdapat konsentrasi yang cukup banyak dan bercabang serta  sangat menarik pastinya. Sangat menyenangkan kuliah di Prodi Ilmu Komunikasi.

Selain itu, mata kuliah yang diajarkan di Ilkom UNIMMA merupakan hubungan media dan online serta perekembangan teknologi saat ini yaitu Perkembangan Teknologi AI. Pada semester 4  mata kuliah mengenai Public Relation atau Humas 4.0 juga sudah diajarkan. Mahasiswa harus menciptakan sebuah program dan acara untuk mengembangkan wisata berbasis teknologi internet. Oh, iya jurusan ilkom sendiri enggak sekedar mengajarkan tentang humas, jurnalistik, maupun broadcasting saja tetapi sangat luas outputnya nanti.

Terdapat beberapa mitos yang mana sering disimpulkan seperti “jurusan komunikasi itu hanya belajar ngomong ya ?” dsb. Tetapi percaya atau tidak mitos itu sedikit melenceng. Aebenarnya Ilkom sendiri memiliki banyak keluaran selain konsentrasi seperti PR dan Jurnalistik. Misalnya saja, Prospek pekerjaan Ilmu Komunikasi itu sangat luas dan bersaing seperti halnya Youtuber, penulis naskah film, seorang photographer, seorang desainer grafis, atau menjadi Influenser sekaligus. Hebatkan jurusan Ilmu Komunikasi ini.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Apa Alasan Masuk Di Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Magelang?

Jikalau ditanya ini, terdapat hal lucu waktu pertama kali memilih jurusan ilkom. Jadi, dulu setahu informasi yang didapat bahwa ilkom merupakan jurusan yang mengajarkan tentang humas saja. Waktu itu aku menyimpulkan bahwak jurusan ini merupakan jurusan yang berhubungan dengan telekomunikasi. Tetapi setelah berjalan sekitar 1 semester akhirnya aku menemukan sebuah passion dan pemahaman tentang jurusanku saat ini. Alasan lainnya aku memahami arti sebuah memperbesar relasi atau hubungan antara mahasiswa di kampus-kampus yang lainnya.

schooters

Apa mata kuliah yang paling khas ?

Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Magelang memiliki salah satu mata kuliah yang menurutku cukup khas yaitu Komunikasi antrapribadi, komunikasi organisasi, Intergrated Marketing Communication, Cinematografi, Reportase, Kepenulisan PR, fotografi, Desain Komunikasi Visual dan sebagainya.

Untuk tugas pasti presentasi, kemudian ada juga membuat paper, bahkan kalian  juga bisa ngerjain tugas kelapangan dan bisa refresing ketempat-tempat wisata, Selain itu, aku harus tetap tugas seperti berbicara depan umum, membuat berita, menganalisa isu dan krisis, dan sebagainya.

Tips Untuk Maba Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Magelang?

Tips dariku tidak begitu terlalu banyak, tetapi mungkin ada satu atau dua patah yang bisa digunakan untuk kedepannya. Jurusan Ilmu Komunikasi merupakan jurusan yang sangat dekat dengan kehidupan kita maksud aku tu relate bangetlah… hehe. Tetapi jangan pantang menyerah untuk selalu berkarya materi-materi perkuliahan yang selalu update dan berhubungan dengan keadaan saat ini menjadi salah satu pegangan maba. Bahkan jangan takut untuk mendaftar jurusan ilmu komunikasi karena output atau prospek pekerjaan itu sangat banyak Jurnalis, News Anchor, Public Relation, Graphic Desainer, Pengamat Isu, Fotografer, Konten kreator, bahkan menjadi influenser yang berwawasan atau Marketing Communication.

Kedua, Jurusan ini sudah membuatku merasakan jalan-jalan dan travelling untuk ngerjain tugas… Alias jurusan ini tuh sangat santai tapi tidak boleh diremehkan ya.. hehe.. Tips yang ini pasti akan membuat kalian senang jadi dalam pengerjaan tugas-tugas ini sangat dipermudah sekali, kalian bisa ngerjain tugas sambil refresing seperti contohnya pada mata kuliah fotografi dan sinematografi. Kedua mata kuliah ini diampu oleh dosen yang muda dan basic di mata kuliah ini, jadi kalau memberikan materi langsung terjun kelapangan. Ohh iya, walaupun beliau-beliau masih muda kita harus tetap menghormati ya.

Prospek Pekerjaan Jurusan Ilmu Komunikasi UNIMMA ?

Mungkin diatas sudah aku jelaskan begitu banyak hal mengenai prospek pekerjaan diatas, tetapi sebagai kaum milenial kita tidak boleh berhenti berkarya, inovasi, dan kreatif. Kalian yang sudah mengetahui passion kalian bisa kembangkan kok seperti contoh aku sendiri merupakan seorang freelancer menjadi penulis di blog ini merupakan salah satu prospek pekerjaan ya. Selain itu prospek pekerjaan di instansi-instansi saat ini tuh lagi dibutuhkan banyak seperti contohnya menjadi admin sosial media, atau menjadi seorang desainer grafis.

Lihat vlog dari ribuan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Harapan Untuk Saya Dan Teman-Teman Maba

Sekarang kita berada di era yang begitu cepat akan informasi bahkan teknologi juga bersaing untuk mejajari hal ini. Sebagai mahasiswa nanti aku berharap kalian bisa lebih memajukan bangsa tercinta ini dengan inovasi dan kreatifitas kalian sebagai mahasiswa Ilmu Komunikasi. Tak perlu takut untuk salah dalam mencoba inovasi, jangan takut gagal kalau belum mencapai keberhasilan. Selama kalian mau mencoba hal baru maka itu bukanlah hal mustahil. Ibarat Everett M. Rogers mempunyai teori adopsi inovasi, kalian sebagai adopter awal di era ini. Mengapa ?? iya yang pasti kalian sudah menggunakan android yang mungkin sistem operasinya sudah tinggi, bahkan kalian sudah mampu menerima setiap sosial media baru, atau teknologi smartphone baru secara cepat. Maka gunakan untuk berinovasi dan berkreatifitas.

Harapan untukku adalah saya bercita-cita menjadi seorang Humas karena bagi saya hal itu merupakan suatu motivasi dalam meningkatkan pemahaman mempertajam manajemen situas isu dan krisis. Dilain sisi, saya juga berharap mampu menciptakan sebuah karya buku yang nantinya bisa dibaca oleh kawan-kawan semua dan bermanfaat bagi bangsa serta masyarakat luas di Indonesia.

Rencana setelah lulus S1 saya akan bekerja dulu untuk mencari dana dan melanjutkan kuliah S2 mengambil konsentrasi komunikasi pembangunan.

Kode konten: X451

Komen dibawah! 2

  1. Amelia putri

    Kak kan sekarang sekarang sebagai contoh kecil informasi berita lebih mudah di dapatkan dari media sosial atau berbasis online walau bukan berarti tv ditinggalkan. Kira -kira dari contoh yang seperti itu semakin menambah lapangan kerja bagi para alumni jurusan komunikasi atau sebaliknya karena anak komunikasi sudah disiapkan untuk beradaptasi mengikuti perkembangan IT?

    • mhmfaldi

      Hai, Amelia Putri sebelumnya terimakasih sudah bertanya. Baik saya akan menjelaskan sedikit mengenai adanya perkembangan media online. Menurut saya, ini bisa menjadi peluang menambah lapangan pekerjaan. Begitu banyak lapangan pekerjaan yang dibidangi jurusan Ilmu Komunikasi. Selain itu, dengan adanya perkembangan teknologi ini mempermudah pekerjaan manusia dan mempercepat dalam mengakses informasi. Untuk itu, semakin laju perkembangan teknologi maka ilmu juga akan mengikuti. Mungkin yang sedikit ini mampu menjawab pertanyaan anda. Sekian dan terimakasih.

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *