Ilmu Komunikasi, Universitas Negeri Yogyakarta

Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Yogyakarta (Arif)

Halo sobat intipers! Aku Arif dari Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Yogyakarta angkatan 2018. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliahku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau berdiskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan di balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, mitos di jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Yogyakarta itu seperti apa?

Dalam jurusan Ilmu Komunikasi di Universitas Negeri Yogyakarta sendiri mungkin bagi kita yang masih awam terkait Ilmu Komunikasi akan beranggapan kalau Ilmu Komunikasi itu anak-anaknya pinter banget lo public speaking nya, interaktion mahasiswanya yang jago banget. Nyatanya dalam kelas kita menemui mahasiswa yang masih belum memiliki kemampuan public speaking yang bagus, tapi di jurusan ini kita bakal belajar ilmu terkait public speaking.

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Yogyakarta?

Jadi alasan saya mengambil Ilmu Komunikasi jadi flashback waktu SMA saya itu backgroung pendidikannya IPS jadi kalau mau ambil Jurusan yang berbau IPA itu agak sulit, karena persaingannya juga lumayan. Karena latar belakang itu dan saya juga memiliki ketertarikan di Ilmu Komunikasi sejak duduk di kelas 2 SMA, karena saya sendiri punya basic dalam public speaking dan saya juga suka menulis dan hal itu related dengan beberapa mata kuliah di jurusan Ilmu Komunikasi.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Jadi di Ilmu komunikasi khususnya di Universitas Negeri Yogyakarta itu banyak sekali hal-hal yang nantinya di pelajari di Ilmu Komunikasi. Jadi kita tidak hanya belajar tentang public speaking dan materi lain yang berkaitan dengan kamera dan lain sebagainya, tapi lebih dari itu. Mungkin saat kita masih mahasiswa baru kita masih materi MKU kita belajar tentang marketing, komunikasi interpersonal, komunikasi masa, komunikasi politik dan lain sebagainya. Di ilmu komunikasi itu banyak sekali yang dipelajari tinggal nanti kita mau fokusnya kemana.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info live jurusan tiap minggu, TO Online, konsultasi jurusan, dan info seputar kuliah bisa gabung ke grup wa. Klik disini

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Ilmu Komunikasi di Universitas Negeri Yogyakarta itu terdapat dua konsentrasi yaitu konsentrasi strategis dan konsentrasi media. Nah kebetulan saya masuk di konsentrasi strategis, kalau di konsentrasi ini kita akan lebih terbuka terkait public relations, marketing dan juga lobbying. Kalau misalnya teman-teman memiliki ketertarikan di bidang media itu nanti ada pembelajaran terkait jurnalistiknya dan lain sebagainya. Intinya banyak hal-hal yang berbau komunikasi banget yang mana saat SMA kita belum mempelajari secara mendalam.

intipkuliah-web1

Apa saja jalur masuk untuk jurusan ini?

Jadi kebetulan saya di Universitas Negeri Yogyakarta di terima melalui jalur prestasi unggul, dimana di jalur prestasi unggul ini kita syaratnya kalau misalnya teman-teman punya sertifikat hasil lomba atau mungkin kompetisi teman-teman bisa ikutkan sertifikat ini untuk mendaftar. Kalau jalur di UNY itu banyak seperti SNMPTN, SBMPTN, Mandiri, unggul akademis kalau disini memakai nilai rapor kemudian jalur Skor UTBK dan juga jalur kerja sama.

Ada tips buat mahasiswa baru jurusan ini?

Jadi tips untuk mahasiswa baru karena sekarang proses pembelajaran di lakukan secara daring, mungkin untuk teman-teman nikmati aja momentnya. Kalau bisa saat kita cari jurusan usahakan untuk tidak ikut-ikutan dan sesuaikan dengan pasion teman-teman. Karena nantinya yang menjalani kita sendiri, bukan orang lain. Kalau misalnya kita hanya ikut-ikutan kita akan merasa terhambat saat mengikuti proses perkuliahan, walaupun dilakukan secara daring. Kampus yang kita pilih juga nantinya berpengaruh dengan kualitas perkuliahan yang kita dapatkan dan semangat untuk belajar.

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Untuk prospek dari jurusan Ilmu Komunikasi itu banyak sekali prospeknya, teman-teman bisa masuk ke sekolah, instansi, perusahaan atau ingin membuka sendiri usahanya. Teman-teman bisa menjadi reporter, jurnalistik, writing, dosen, bagian IT dan lain-lain. Dan hal itu tergantung dengan pasion teman-teman sebelumnya.

Apa rencana dan harapan kamu setelah lulus?

Untuk rencana selanjutnya yaitu saya ingin lanjut s2, nanti persiapan toefl dan cari beasiswa. Karena kalau dapat beasiswa itu enak dan bisa di biaya perusahaan. Untuk saat ini masih coba-coba daftar kerja sesuai dengan kemampuan yang dimiliki.

Kode konten: C865

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published.