Ilmu Komunikasi, Universitas Pejuang Republik Indonesia

Ilmu Komunikasi Universitas Pejuang Republik Indonesia (Irwan)

Halo sobat intipers! Aku Irwan dari Ilmu Komunikasi Universitas Pejuang Republik Indonesia angkatan 2018. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliahku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau berdiskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan di balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Pejuang Republik Indonesia itu seperti apa?

Secara garis besar jurusan Ilmu Komunikasi itu dimana kita belajar tentang komunikasi dan dari komunikasi itu sendiri merupakan salah satu proses penyampaian informasi dari komunikator ke komunikan sehingga menimbulkan timbal balik dari orang lain. Ilmu komunikasi itu sangat bermanfaat untuk orang secara sosial maupun pribadi, dan untuk aku yang sudah bekerja membutuhkan kemampuan komunikasi. Dalam karir sendiri ada empat hal yang penting yaitu kreatif thinking, kolaborasi, critical thinking dan komunikasi. Jadi belajar komunikasi itu bukan berarti kamu yang belum mahir berbicara dan introvert tidak bisa masuk jurusan ini, karena pada nyatanya semua bisa masuk jurusan ilmu komunikasi. Karena ada beberapa pekerjaan di Ilmu Komunikasi yang tidak perlu tampil di belakang layar seperti sutradara, penulis skrip dan lain sebagainya.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info live jurusan tiap minggu, TO Online, konsultasi jurusan, dan info seputar kuliah bisa gabung ke grup wa. Klik Disini

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Pejuang Republik Indonesia?

Alasan pertama aku memilih jurusan Ilmu Komunikasi itu dulu waktu masih kecil sampai SMA itu suka denger radio dan ketika mendengar penyiar radio itu merasa pengen suatu saat seperti mereka yang jago bicara, punya banyak kenalan dan bisa mempelajari banyak hal. Kemudian ketika masuk MA konsultasi dengan Ustadz untuk memilih jurusan yang ingin di ambil, dan ustadz saya merekomendasikan jurusan Ilmu Komunikasi

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Mata kuliah yang paling aku suka adalah komunikasi development dengan belajar mata kuliah ini yaitu bagaimana berbicara dengan orang lain, membangun personal branding diri kita dan tidak hanya itu aku juga belajar tentang copywriting dan public speaking.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Untuk di jurusan sendiri ada empat konsentrasi yaitu jurnalis, public relations, media kreatif dan juga kajian media. Di kajian media membahas peran media terhadap perkembangan dan budaya manusia. Hal yang sering dikaji dalam mata kuliah kajian media itu menyesuaikan dengan perkembangan zaman yang disukai oleh khalayak umum.

intipkuliah-web1

Apa saja jalur masuk untuk jurusan ini?

Untuk jalur masuknya yaitu jalur wawancara dan non wawancara.

Ada tips buat mahasiswa baru jurusan ini?

Untuk teman-teman yang masih belum berani berbicara di depan umum aku saranin masuk di jurusan Ilmu Komunikasi karena di situ teman-teman akan diajarkan bagaimana kalian menguasai materi, meningkatkan kepercayaan diri, mengenali audience. Karena kalau kita berbicara kita akan dihadapkan dengan tipe-tipe audience ada yang tipe mendengarkan, tipe banyak bertanya, tipe yang membawa aura negatif ada juga tipe yang pasif. Dengan mengetahui macam-macam tipe itu akan membantu teman-teman untuk memiliki kemampuan public speaking.

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Beberapa teman-teman aku yang sudah lulus ada yang bekerja sebagai juru bicara pemerintahan ada yang bekerja di radio, entrepreneurship, pembuatan iklan, humas dan bekerja sebagai pemandu wisata. Kalau teman-teman di jurusan komunikasi ada yang sudah mengembangkan start up.

Apa rencana dan harapan kamu setelah lulus?

Harapannya yaitu saya bisa melanjutkan studi dan memilih bekerja di akademisi kalau memang tidak sesuai dengan rencana ingin mengambil pekerjaan di bagian PR. Selama aku belum lulus aku mempersiapkan kemampuan untuk terjun di dunia pekerjaan.

Kode konten: C876

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published.