Ilmu Komunikasi

Ilmu Komunikasi Universitas Teknologi Yogyakarta (Dwiyana)

Ilmu Komunikasi Universitas Teknologi Yogyakarta (Dwiyana)

Halo sobat intipers! Aku Dwiyana Wijayanti dari Ilmu Komunikasi Universitas Teknologi Yogyakarta angkatan 2019. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Teknologi Yogyakarta seperti apa?

Ilmu komunikasi belajar tentang teori, filosofi, dari gerakan, belajar dari basic, dari kata-kata non verbal, semuanya kita pelajari, seperti komunikasi publik, komunikasi masa, dari komunikasi terdekat dari hati ke hati sampai ke publik. 

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini 

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Teknologi Yogyakarta?

Aku gap year 3 tahun, dulu SMK multimedia. Satu tahun memutuskan untuk berhenti terus kuliah, ternyata di tengah perjalanan, ibu ku tidak merestui untuk kuliah. Aku tetap ngotot dan aku daftar saja di salah satu sekolah tinggi di daerah Magelang karena aku asalnya di sana. Lalu aku masuk di jurusan ekonomi, tapi saat itu kondisi keluarga ku tidak memungkinkan untuk kuliah, tapi aku tetap mau kuliah sampai nangis. Kata ibuku kamu bakal kuliah tapi ga sekarang, kamu bisa dapat kerjaan baik tanpa kamu kuliah.

Kebetulan bener satu hari sebelum ospek di sekolah tinggi jurusan ekonomi, malamnya aku dapat panggilan kerja di Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Magelang dan benar-benar tidak disangka. Ternyata benar ridho Allah ya ridhonya orang tua. Aku ngambil kesempatan emas tersebut dan diberi kesempatan belajar lebih banyak, 2 tahun di hubungan masyarakat dan teknik. Ya udah aku mau cari jurusan yang linear sama  SMK dan dikerjaan aku, karena aku suka ngomong juga dan akhirnya memilih masuk ke jurusan ini. Hal itu pun banyak sekali pertimbangannya, karena aku dari Magelang dan aku harus ke Jogja, aku banyak tanya ke mentor dan orang tua ku, bagaimana kehidupannya di sana, gimana karir aku, dan memang jalannya di sini dan dapatnya di UTY.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Mata kuliahnya ada komunikasi massa, lebih mendalami itu di semster 4 ke atas. Kalo semester 1-4 belajar basic, dasar-dasar logika, teorinya, pengenalan komunikasi interpersonal. Prakteknya ada fotografi, teknik lobi dan negosiasi, layanan kualitas prima. Disitu kita benar-benar ngelobi karena diperlukan komunikasi yang baik. Layanan kualitas prima kita melakukan wawancara, studi kasus ke PR hotel dan perusahaan-perusahaan, prakteknya happy. Untuk tugas-tugasnya beragam dari yang paling ringan sampai terberat ada, kalo terberat sudah masuk ke penelitian, statistik, banyak bahan yang perlu di kaji, untuk praktek mata kuliah biasa kaya foto, MC protokoler praktek seru, tidak menyusahkan, justru tertantang jadi lebih baik ga ada alasan untuk mengeluh. Hitungan dan teori yang memberatkan nya, metode penelitian dan statistika.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Ada, ada sinematografi, PR, jurnalistik dan banyak lagi, peminat terbesarnya di situ, karena aku belum ngambil konsentrasi jadi belum tau lebih, tapi sependek yang aku tahu di UTY konsetrasinya lebih ke situ.

Apa jalur masuk yang ada di jurusan kamu?

Ada jalur beasiswa, nilai, mandiri, kalo frash graduate itu ada jalur nilai, masuk ga pakai tes dan itu ada potongan SPK, terus jalur beasiswa ada tapi kita tes, kalo mandiri kita tes dan ga ada potongan.

Ada tips buat mahasiswa baru Ilmu Komunikasi Universitas Teknologi Yogyakarta?

Pertama fokus dan belajar bukan hanya di kelas, tapi ikutlah organisasi-organisasi seperti UKM, kita akan belajar banyak ketika praktek, ketika teori ga praktek, kita belajar apa, bakal lupa, tapi kalo learning by doing akan teraplikasikan, banyak UKM yang bisa di masukin, kaya fotografi, sinematografi, film, campur seni, jadi bisa eksplore kemampuan, tetaplah berkarya karena itu ga jauh dari creator. Ikut organisasi di kampus sangat menunjang kita untuk belajar, jangan banyak main, jangan terpengaruh sama teman-teman yang suka ngajak nongkrong, mending dihabiskan waktunya untuk belajar, nongkrong bisa kalo udah sukses dan banyak uang.

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Prospek kerja luas, setiap perusahaan atau instansi butuh ilmu komunikasi, dari Public relation, fotografer, apalagi sekarang banyak perusahan banyak banget yang membutuhkan konten creator, kita belajar ilmu komunikasi jadi prospeknya banyak banget, apalagi untuk webinar kaya moderator, ilmu komunikasi itu kunci dari kesuksesan, sehebat apapun hard skills kita ketika kita tidak punya kemampuan komunikasi yang baik kedepannya juga kan tidak baik.

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Apa rencana dan harapan kamu setelah lulus?

Selama kuliah tetap berkarya, setelah lulus tentunya bekerja.

Kode konten: C572

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *