Ilmu Komunikasi

Ilmu Komunikasi Unsoed / Universitas Jenderal Soedirman (Faza)

Hai, Intipers, semoga sedang dalam kondisi yang baik ya. Kenalan dulu, yuk! Namaku Mochamad Faza Huda, seorang mahasiswa Ilmu Komunikasi Unsoed angkatan 2018. Kali ini aku ingin cerita tentang pengalaman kuliahku selama 4 semester ini, jeng jeng. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat aku balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok, pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Belajar Apa di Ilmu Komunikasi Unsoed

Namanya Ilmu Komunikasi pastinya belajar mengenai komunikasi ya. Lho, bukannya semua orang sudah bisa berkomunikasi, jadi kenapa musti kuliah di Ilmu Komunikasi? Itu pertanyaan yang sering ditanyakan oleh orang-orang ke aku, jawabannya sederhana sebenarnya. Semua orang bisa berkomunikasi, tapi tidak semua orang ahli berkomunikasi. Komunikasi dibutuhkan oleh semua orang dan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari hidup manusia. You cannot not communicate, komunikasi itu tidak terbatas pada bahasa verbal saja, bahkan diam juga merupakan komunikasi, lho.

Mata Kuliah di Ilmu Komunikasi Unsoed

Jurusan Ilmu Komunikasi berada di dalam Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Unsoed, jadi di semester satu akan belajar pengantar dari ilmu-ilmu sosial yang ada, seperti Pengantar Sosiologi, Pengantar Antropologi, Pengantar Ilmu Ilmu Politik, dan sebagainya. Di awal juga sudah diberikan mata kuliah Pengantar Ilmu Komunikasi jadi pada semester selanjutnya bisa fokus mendalami kajian komunikasi. Yang unik dari Jurusan Ilmu Komunikasi Unsoed itu tidak ada konsentrasi, jadi setiap mahasiswa akan belajar seluruh cangkupan dari ilmu komunikasi, mulai dari jurnalistik, hubungan masyarakat, manajemen komunikasi dan lain sebagainya. Kondisi tersebut bisa dipandang sebagai keunggulan karena dengan itu pemahaman dan pandangan mahasiswa akan luas. Perkuliahan tidak hanya berfokus pada penguasaan materi akademik saja, tapi penerapannya dari apa yang dipelajari di kelas juga diutamakan. Tugas penulisan ilmiah banyak dan praktikum juga banyak, jadi ada keseimbangan antar teori dan praktik langsung.

Mata Kuliah dan Dosen Favorit Aku

Kuliah di Ilmu Komunikasi Unsoed akan belajar dari berbagai jenis mata kuliah, ada Fotografi, Filmologi, Humas, Komunikasi Pembangunan, Komuniksi Siber, Sosiologi Komunikasi, Teknologi Komunikasi, Komunikasi Keluarga, Komunikasi Politik, Komunikasi Massa, dan masih banyak lagi. Mata kuliah yang sudah aku ambil hingga semester 4 ini ada beberapa mata kuliah yang memiliki kesan mendalam bagiku, Teori Komunikasi adalah salah satunya karena di dalamnya aku berkenalan dengan konsep-konsep ilmu komunikasi yang beragam. Teori-teori tersebut bisa membuatku memandang lingkungan sekitar dengan berbagai kacamata berbeda. Belajar teori komunikasi yang dihubungkan dengan kehidupan aku sehari-hari itu seru banget. Mata kuliah lain yang menarik perhatianku ada Psikologi Komunikasi, dalam mata kuliah ini kita belajar bagaimana untuk dapat memahami motif perilaku manusia dari kacamata psikologi. Kajian Media juga menarik buatku karena realitas media itu bisa dibangun, bisa dirancang, bisa dibuat sesuai dengan kepentingan tertentu. Pak Bekti merupakan dosen favoritku karena beliau saat mengajar di kelas tidak hanya berfokus pada materi saja, tapi juga sering memberikan motivasi dan nasihat yang ngena bagi mahasiswa, bukan berarti dosen yang lain tidak memberikan dukungan dan pesan ya, tapi frekuensinya tidak sesering yang dilakukan oleh Pak Bekti. Ada juga Bapak Petrus yang jadi favorit hampir semua mahasiswa Ilmu Komunikasi Unsoed karena gaya mengajarnya yang mantap.

Tips Buat Mahasiswa Baru

Pertama kalian harus luruskan niat, karena segalanya berawal dari niat. Jangan sampai berhenti di tengah masa perkuliahan karena ada rasa salah jurusan. Kuatkan tekad bahwa belajar ilmu komunikasi adalah panggilan jiwa kalian. Tips kedua itu cobalah segalanya selagi bisa dan sempat. Mencoba di sini berarti bahwa kalian bisa ikut kegiatan atau gerakan yang memang menarik minat kalian. Ada banyak kegiatan yang bisa kalian ikuti dari tingkat jurusan, fakultas, universitas, bahkan luar kampus. Tingkat fakultas FISIP saja ada banyak kegiatan yang seru, seperti FISIP TV, Radio FISIP, Teater Si Anak, English Society of FISIP, dan masih banyak lagi. Apa tidak mengganggu proses perkuliahan jika mengikuti banyak kegiatan? Kan aku bilang coba selagi bisa dan sempat, karena nanti semakin tambah semester maka beban akademiknya akan semakin banyak, jadi cepat atau lambat kalian hanya akan mengikuti kegiatan atau gerakan yang memang benar-benar diingini saja. Tips ketiga, jadilah pembelajar aktif, jangan menunggu untuk diarahkan belajar. Eksplorasi bidang yang memang kalian ingin untuk belajar. Tips yang keempat adalah keep it simple,

Prospek Kerja dan Alumni

Sepengetahuanku ini ya, lulusan Ilmu Komunikasi Unsoed itu ada yang bekerja di bidang media massa dan menempati berbagai posisi, contohnya ada yang bekerja sebagai penyiar radio di RRI Purwokerto, ada yang jadi pembawa berita di TVOne, wartawan di kompas dan surat kabar lainnya. Praktisi hubungan masyarakat di berbagai instansi, Konsultan, akademisi juga ada, aku tahu beberapa dosen yang lulusan S1 Ilmu komunikasi Unsoed. Pengusaha juga ada, bahkan beberapa temanku sebelum lulus dan masih berstatus mahasiswa itu sudah mulai merintis usahanya. Banyak juga yang bekerja lintas bidang, selama mereka memiliki kompetensi untuk bekerja di bidang tersebut. Pekerjaan kita tidak selamanya dibatasi dengan pilihan jurusan kita, harus berani untuk mengambil peluang yang ada.

Rencana dan Harapanku Setelah Lulus

Banyak rencana tersusun di kepalaku mengenai langkah ke depan yang akan aku ambil, tapi sepertinya aku hanya akan simpan sendiri saja. Dunia sekarang makin susah diprediksi, kedepannya akan ada banyak inovasi dan juga kesempatan baru yang akan muncul, jadi harus siap dengan segala kemungkinan yang ada.

Kode Konten: X160

Komen dibawah! 16

  1. Chessa

    Hai kak! Mau nanya dong jurusan peminatan setelah kita masuk ilmu komunikasi di unsoed ada apa aja ya kak? Kayak broadcasting atau jurnalistik gitu ada gak kak?? Makasih^^

    • mochamadfazahuda

      Halo, Chessa… Sayangnya tidak ada peminatan khusus, semua minat kita libas, hehe, akhirnya yang nentuin mau fokus ke mana ya kita pelajari mandiri, contohnya ngembangin diri di kegiatan kemahasiswaan seperti FisipTv, RadioFisip, dan sebagainya.

  2. Izza Kahla S

    Hai kak! Apakah anak yg dari jurusan IPA punya peluang atau bisa masuk jurusan ilmu komunikasi di UNSOED ini? Terimakasih!^^

  3. Eni

    Mau tanya dong ka kalau di Unsoed itu di semester 3 ada praktek buat project film atau engga ya ?
    Terimakasih ?

    • mochamadfazahuda

      Halo, Eni.. untuk praktikum projek Film ada di semester 4, nanti ada mata kuliah sinematografi, sebelumnya di semester 3 ada mata kuliah filmologi, tapi filmologi ga ada praktik buat filmnya, murni teori gitu. Minat di industri perfilman ya? Semangat

  4. Fitri dian trisandi

    Halo kak, aku masih kelas 12 smk. tapi jurusan aku tata busana ada peluang nggak klo aku ambil Ini? ato kk ada rekomend lain? Makasihh

    • mochamadfazahuda

      Halo, Titi… kalo ditanya peluang jelas ADA, tapi seberapa besar itu yang perlu dicari tahu, beberapa temen sejurusanku ada yang dari SMK kok, jadi pastinya ada peluang ya. Persoalan rekomendasi aku ga bisa jawab, yang lebih tahu minat dan kemampuan kamu ya dirimu sendiri, tetep semangat apapun yang kamu pilih karena ini pertama kalinya hidup di dunia bagi kita semua, hehe.

  5. Dina Aulia

    Hallo ka mau tanya, kalo ilmu komunikasi diunsoed ada berapa kelas yaa, btw minta doa juga buat temen² semua semoga taun ini aku bisa masuk unsoed jurusan ilmu komunikasi ?

    • mochamadfazahuda

      Hi, Dina. Aamiin, semoga bisa bergabung ke Keluarga besar Ilmu Komunikasi Unsoed, untuk kelas dibagi menjadi 2, yg NIM ganjil ke kelas A dan yg NIM genap ke kelas B. Kuota penerimaan mahasiswa tiap tahun bisa berbeda, jadi sebaiknya cari tahu dulu di website resmi Unsoed mengenai kuota yg disediakan untuk jurusan Ilkom pada tahun kamu mau mendaftar, kuota tahun kemarin sekitar 80an kursi. Semangat ya, aku menunggumu.

      • mochamadfazahuda

        Oh ya, tambahan informasi. Kuota 80 kursi itu kuota keseluruhan ya, nanti pembagian kuota berdasarkan jalur masuk tiap tahun bisa berbeda presentasenya, ada 3 jalur masuk, SNM, SBM, dan mandiri. Untuk rinciannya silakan cari tahu sendiri di website resmi Unsoed. Terima kasih.

  6. Salma Kamila

    Hallo kak, jadi gini kak saya pengen masuk jurusan ilkom tapi masalahnya saya susah kak kalo bicara didepan banyak orang langsung gerogi saran kaka biar ngga gerogi sama malu malu gimana ya ka

    • mochamadfazahuda

      Hi, Salma. Tidak masalah jika kamu belum jago public speaking ketika masuk ke Ilkom, saran saya mulai dari sekarang coba latihan public speaking sedikit demi sedikit hadapi ketakutanmu ya, karena public speaking merupakan salah satu keahlian yg sebaiknya dimiliki oleh orang yg mendalami ilkom, di semester 2 akan ada matkul public peaking yg membahas teori dan praktikum public speaking. Namun, jika memang tidak bisa ya tidak masalah, masih ada banyak keahlian lain yg bisa didalami, menulis, fotografi, sinematografi, dsb.

  7. Ilma

    hmm kak sy pengen masuk jurusan ilkom, tapi sy ga biasa, grogi, malu bicara depan banyak orang. Itu gimana ya kak? Oh ya jurusan ilkom kalo sudah lulus bisa jadi fotografer dsb ga kak? Ga harus jadi penyiar dsb kah?

    • mochamadfazahuda

      Hi, Ilma. Tidak mengapa ketika masuk jurusan Ilkom belum bisa public speaking, nanti akan ada mata kuliah dan praktikumnya di semester 2 yg khusus mengaji mengenai public speaking. Saran saya kamu bisa mencicil latihan mulai dari sekarang, karena mata kuliah itu 14 minggu, 7 minggu pertama sebelum uts untuk teori, 7 minggu terakhir untuk praktikum, semangat ya hadapi ketakutanmu. Namun, public speaking hanya satu keahlian dalam ilkom, kalau km memang tidak mau ahli di bidang itu ya tidak masalah, banyak keahlian komunikasi lain yg bisa kamu dalami, bisa menulis, fotografi, sinematografi, dll.

      Setelah lulus kamu bisa jadi fotografer kalau mau, nanti di semester 3 akan ada matakuliah fotografi yg setiap minggunya praktikum sampe UAS, nanti ada project UAS yg menuntut untuk menghasilkan suatu karya fotografi. Pilihan karier lain diperbolehkan, silakan mau menjadi apa.

      Tidak semua mahasiswa Ilkom fokus ke bidang penyiaran, masih banyak bidang lain yang bisa di dalami dalam ilkom.

  8. Pandu

    Hi saya pandu,saya mau tanya apa kalo dijurusan ilkom pelajaran nya ada broadchasting kaya dibalik layar gitu…atau disana ada organisasi nya sendiri buat mempelajari itu,,sebelum nya terimakasih dan mohon maaf jika pertanyaan kurang jelas.

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *