Ilmu Lingkungan

Ilmu Lingkungan Universitas kuningan (Maryam)

Ilmu Lingkungan Universitas kuningan (Maryam)

Halo sobat intipers! Aku Siti Maryam dari Ilmu Lingkungan Universitas kuningan angkatan 2020. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Ilmu Lingkungan Universitas Kuningan seperti apa?

Jurusan Ilmu Lingkungan sebenarnya mencakup berbagai aspek, terutama mencakup 3 unsur ABC yaitu abiotik, biotik dan cultur dimana ketiganya saling berkaitan dengan lingkungan menjadi satu keterpaduan.  

unisa

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini 

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Ilmu Lingkungan Universitas Kuningan?

Saya itu dulunya mau ikut SNMPTN dan SBMPTN tertarik sekali dengan yang berhubungan dengan alam, khususnya geografi tapi ketika hasilnya tidak sesuai, saya mencari jurusan yang lebih menspesifikasikan dan ketemulah dengan program dan jurusan ini yang merupakan jurusan pertama yang ada di Jawa Barat, dan itulah yang menjadi alasan saya. Dan saya juga sangat prihatin dengan keadaan lingkungan sekitar, yang seperti kita tahu lingkungan kita itu sudah banyak yang tercemar, rusak, sehingga kita sebagai generasi muda harus bisa memperbaikinya, harus bisa berpartisipasi dan berperan aktif dengan masyarakat.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Untuk yang ciri khasnya itu yang pertama mengenai dasar-dasar dulu, dikita dikasih tau harus punya modal awal misalnya mengenai pencemaran dan juga ilmu tanah, terutama di semester awal itu saya sangat di gembleng yang namanya ilmu tanah, terus berbau pencemaran yang ada di sekitar, terus kalo untuk ciri khasnya sendiri itu pasti ada dasar-dasar lingkungan yang berbau dengan undang-undangnya, dasar hukum dan yang mengaturnya. Yang sangat menarik bagi saya yaitu isu lingkungan tentang climate change atau iklim, karena kita tuh sekarang tentang GRK, rumah kaca dimana-mana, perubahan iklim sangat signifikan, kita bahkan bisa ngerasain di indonesia itu secara stabil iklim biasnya 6 bulan musim kemarau 6 bulan musim panas, sekarang seperti kita tahu sendiri hari ini hujan besok musim panas, besoknya lagi hujan lagi, besoknya lagi panas lagi, kalo kita tahu inti permasalahanya jadi kita tahu ada yang harus dirubah. 

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Konsetrasi lebih pada pengolahan sendiri, apa sih bedanya teknik lingkungan dengan ilmu lingkungan. Konsentrasinya lebih ke sumber daya, pengelolahannya bagaimana, cara mengelola isu lingkungan menjadi lebih baik. Saat ini dua atau tiga konsentrasi, kalo semester awal lebih pada dasar-dasar lingkungan, kedua terhadap biologi karena sangat berkesinambungan. Penjurusan ada di semester 2 lebih spesifikasi lebih ke pencemaran. Aku sendiri konsentrasinya ke iklim.

Apa jalur masuk yang ada di jurusan kamu?

Jalur khusus dan reguler, khusus lebih pada siswa berprestasi akademik dan non akademik, baik itu olahraga, kesenian dan ada juga beasiswa kuliah. Kebetulan saya masuk lewat jalur reguler tahap terakhir karena waktu itu masih bimbang mau lanjut kuliah apa kerja dan alhmadulillah sampai saat ini masih bertahan. Untuk informasi jalur masuk lebih lengkap di website resminya www.uniku.ac.id.

Ada tips buat mahasiswa baru Ilmu Lingkungan Universitas Kuningan?

Saran saya semangat aja, karena sekarang itu masa-masa pandemi dimana belajar secara daring atau online, belum bisa ketemu dengan dosen dan kakak-kakaknya, jadi harus lebih aktif lagi dan lebih memahami materi dan memanfaatkan waktu sebaik-baiknya.

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Luas ya, kita mau ambil cakupan apa. Kita bisa juga ambil tata ruang, PUPR, KLHK, kementrian lingkungan hidup sangat dibutuhkan. Di perusahaan-perusahaan banyak juga diperlukan, karena setiap perusahaan diperlukan analisis dampak lingkungan atau Amdal jadi sangat dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan besar.

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Apa rencana dan harapan kamu setelah lulus?

Saya ingin merubah pola kehidupan di masyarakat terutama di lingkungan saya sendiri, lingkungan paling kecil, ingin merubah pola perilaku masyarakat terhadap lingkungan yang bisa berdampak terhadap lingkungannya, jadi saya sekolah di lingkungan tidak sia-sia, di lingkungan masyarakat itu ada sedikit perubahan. Untuk diri saya sendiri, saya akan mulai mencari pekerjaan, merealisasikan ilmu yang saya dapatkan.

Kode konten: C367

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *