Ilmu Lingkungan, Universitas Sebelas Maret

Ilmu Lingkungan Universitas Sebelas Maret (Sholiqin)

Ilmu Lingkungan Universitas Sebelas Maret (Sholiqin)

Halo sobat intipers! Aku Muhammad Sholiqin dari Ilmu Lingkungan Universitas Sebelas Maret Surakarta angkatan 2019. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Ilmu Lingkungan Universitas Sebelas Maret seperti apa?

Ilmu lingkungan itu termasuk prodi baru di UNS, jadi memang kita turunan dari MIPA UNS. Kita mempelajari terkait 3 pokok yaitu biotik, abiotik sama culture. Dalam lingkungan biotik dan biotik kita mempelajari tentang makhluk hidup, tumbuhan, dsb yang berkaitan dengan alam, baik secara fisik dan non fisik. Kalau yang culture ini kita mempelajari soal aktivitas manusia, keseharian manusia. Di lingkungan ini kan kita gak hanya mengacu pada alam, tapi kita juga mempelajari dari sisi sosial. Jadi, kajiannya luas dan fleksibel, artinya belajar dengan alam juga sosialnya. 

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Ilmu Lingkungan Universitas Sebelas Maret?

Dulu saya milih prodi Ilmu Lingkungan di UNS karena ini adalah prodi yang baru. Instansi itu membutuhkan suatu ilmu untuk dijadikan membuat terobosan bagi negara. Dulu saya mikirnya ilmu lingkungan itu dibutuhkan, bahkan permintaan pemerintah untuk sarjana lingkungan itu masih banyak. Jadi sangat dibutuhkan, apalagi nanti kaitannya dengan prospek kerja itu sangat bagus. Apalagi ilmu lingkungan ini pertama ada di UNS, makanya saya bangga masuk ilmu lingkungan karena memang nanti kita bisa berkontribusi bagi negara. Saat ini sarjana lingkungan itu masih sedikit, makanya peluang kerja nanti tersedia masih banyak, jadi ada pekerjaan yang menanti kita. 

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Kita mempelajari terkait ilmu lingkungan dasar, dipadukan dengan praktikum dan ilmu terapan yang dikaitkan dengan lingkungan. Mata kuliahnya ada tentang ilmu alam, rekayasa lingkungan, dan spasial seperti pemetaan. Jadi kita lebih kompleks belajar ilmu dasar dan terapannya. Selain itu masih banyak mata kuliah yang dipelajari. 

Praktikum di ilmu lingkungan itu seru karena kita gak terpaku harus di lab terus atau di luar kelas. Jadi kita tuh fleksibel, kita sering kali praktikum ke sungai, pantai, maupun gunung. Kita ada research, kemudian kita terapkan di laboratorium. Sangat seru dan menyenangkan nih terutama untuk temen temen yang seneng ke alam! Intinya praktikumnya itu perpaduan antara praktikum di laboratorium, lapangan dan sosial masyarakat. 

schooters

Tugasnya sih menyenangkan juga karena dosennya masih muda-muda. Kita jadi saling kolaborasi antara mahasiswa dan dosen. Jadi, gak ada dosen yang masih tugas terlalu over. Setiap tugas itu ada proporsinya masing-masing. Tugasnya itu gak terlalu berat jadi kita enjoy, serius sungguh-sungguh tapi kita santai.  

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Peminatan di ilmu lingkungan ada di semester 5 ke atas. Peminatan itu terkait dengan bidang yang akan kita tekuni, jadi kita bisa milih bidangnya. Misalnya minat ke bidang pariwisata, kalian bisa ambil mata kuliah ekowisata. Kalau suka dengan pemetaan, bisa ambil mata kuliah GIS atau ada juga manajemen big data. 

Kita di sini akan terprogram kemampuan masing-masing. Bisa juga di bidang konservasi dan industri. Nanti antara dosen dan mahasiswa saling mengarahkan sesuai minat dan kemampuan kita.  

Ada apa saja jalur masuknya?

Ada tiga jalur masuk, yaitu SNMPTN, SBMPTN dan ujian mandiri. Peminatnya itu 600-1000 orang lebih, jadi seleksinya untuk angkatan pertama diambil 36 orang yang sekarang statusnya masih menjadi mahasiswa aktif Ilmu Lingkungan UNS. Di angkatan kedua, yaitu angkatan saya itu mencapai sekitar 88 orang mahasiswa. Semakin kesininya semakin ditambah karena kinerja di prodinya sudah sangat bagus. Angkatan 2020 itu yang diterima 77 mahasiswa. Informasi untuk ujian mandiri bisa dilihat di web UNS. Bisa dilihat informasi dan tanggalnya lengkap disana.

Saya sendiri dulu masuk jalur SNMPTN atau jalur undangan dari SMA sudah saya program dalam memilih prodi yang benar-benar dibutuhkan terutama di pemerintahan. Alhamdulillah keterima dan sangat nyaman kuliah di sini. 

Lihat vlog dari ribuan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Ada tips buat mahasiswa baru Ilmu Lingkungan Universitas Sebelas Maret?

Tipsnya untuk adik-adik yang mau lanjut di jurusan ini, pertama yang penting kalian niat dulu. Di sini kalian nanti serius, sungguh-sungguh tapi santai, jadi jangan takut masuk ilmu lingkungan karena kita dibutuhkan. Ini juga bagus prospeknya untuk semua kalangan. Persiapan mentalnya juga penting karena peminat jurusan ini gak hanya dari Solo tapi juga dari luar daerah. 

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Prospek kerjanya sangat banyak dan fleksibel sekali. Pertama, untuk di pemerintahan, alumni sarjana lingkungan sangat dibutuhkan di kementrian, DLH, Bappeda atau instansi lain yang bergerak di bidang lingkungan. Kedua, menjadi konsultan, bisa jadi konsultan AMDAL, dsb. Selanjutnya menjadi auditor lingkungan, salah satunya nanti kita menilai AMDAL dari suatu pabrik atau bidang usaha. Selain itu, bisa juga jadi konservator, tepatnya di bidang organisasi lingkungan. Di bidang penelitian, kita bisa jadi peneliti lingkungan. Untuk saat ini masalah lingkungan yang terjadi di Indonesia itu jadi tugas kita dalam mengatasinya. Selanjutnya, tenaga pengajar di perguruan tinggi. Banyak permintaan dari berbagai universitas lulusan ilmu lingkungan.  

Kode konten: C520

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *