Ilmu Pemerintahan, Universitas Islam Negeri

Ilmu Pemerintahan UIN STS Jambi (Roza)

Ilmu Pemerintahan UIN STS Jambi (Roza)

Tak kenal maka Ta’aruf . Hai,,, Assalamu’alaikum wr.wb. sahabat intipers. Perkenalkan nama saya Roza Fitria, mahasiswi jurusan Ilmu Pemerintahan, Fakultas Syariah, Universitas Islam Negeri Suthan Thaha Syaifuddin Jambi (UIN STS Jambi) angkatan 2018. Disini saya akan berbagi pengalaman kuliah yang telah saya lalui setelah 4 semester di jurusan Ilmu Pemerintahan. Kuy simak pengalaman saya ya guys.

Apa aja sih yang dipelajari di Ilmu Pemerintahan UIN STS Jambi?

Kita mempelajari tentang teori, manajemen atau pengelolaan organisasi publik. Seperti diantaranya lembaga legislatif, eksekutif, yudikatif, dan lembaga lainnya yang berfungsi dalam menjalankan fungsi negara, yang diatur dalam undang-undang. Disini kita akan memahami tugas-tugas administrasi, manajemen, dan organisasi pada badan-badan publik. Kita akan dibekali dengan skill public speaking, negosiasi, dan pengetahuan politik.

unisa

Biasanya jurusan ilmu pemerintahan sering dianggap negatif oleh sebagaian kalangan. Karena ilmu pemerintahan yang terjun langsung dengan pemerintahan dan dunia politik terkenal dengan banyaknya kasus-kasus seperti korupsi. Sebenarnya dunia pemerintahan dan perpolitikan itu bersih dan suci ya guys hanya saja beberapa oknum yang salah menggunakannya. So, yang negatif berarti oknumnya ya guys jangan salah lagi. Jangan khawatir juga karena di UIN STS Jambi akan mencetak lulusan yang memiliki keunggulan kompetitif di bidang Ilmu Pemerintahan secara umum dalam persaingan global yang memiliki sikap pengabdian masyarakat disertai wawasan ke-Islaman jadi kita belajar ilmu pemerintahan yang berbasis umum dan islami.

Apa bedanya jurusan Ilmu Pemerintahan dengan Ilmu Politik?

Sebenarnya saya kurang tau persis apa saja yang dipelajari di jurusan Ilmu Politik. Perbedaan yang sangat terlihat yakni ilmu poitik lebih menekankan pada pola interaksi struktur sementara ilmu pemerintahan orientasinya lebih pada pelayanan publik. Pusat perhatian ilmu politik lebih kepada proses pembuatan keputusan politik untuk memenuhi kebutuhan dari suatu hubungan politik yang dikembangkan. Berbeda dengan titik tekan ilmu pemerintahan yang lebih mengedepankan focus kerakyatan dimana sebuah pemerintahan dibangun oleh rakyat, dari rakyat dan untuk rakyat.

Terus Mata kuliah dan Dosen favorit?

Mata kuliah yang dipelajari banyak. Seperti Dasar-dasar Ilmu Pemerintahan, Pengantar Administrasi Negara, Birokrasi Indonesia, Komunikasi Pemerintahan, Pemerintahan Nasional, Hukum Tata Negara, Tata Kelola Pemerintahan, Hadist Ahkam Pemerintahan, Etika Pemerintahan, Ekologi Pemerintahan, Ilmu Perundang-undangan dan masih banyak lagi.

pmb2-min

Mata kuliah favorit saya Pemerintahan Desa dan Pemerintahan Nasional. Hal yang menarik di mata kuliah ini yaitu saya dapat mengetahui tata cara pemetaan desa, kondisi siklus pemerintahan desa, mengelola BUMDES. Maklum karena saya tinggal di desa jadi saya harus bisa memahami teknik-teknik untuk memajukan desa saya dan berbagi ilmu dengan desa lainnya. Kedua hal yang menarik di mata kuliah Pemerintahan Nasional yaitu diajarkan proses terjadinya suatu negara. Didalamnya terdapat suatu pemerintahan dan susunan organisasi, politik, partai dan sebagainya. Khusunya di indonesia dari berbagai teori dan sumber,  bisa mengetahui antara anggota birokrat dan anggota politik yang berbeda sekali ya guys.

Sementara Dosen favorit saya Ibu Ida dan Bapak Novi. Menurut saya beliau sangat memahami kejenuhan dan kebutuhan mahasiswa. Beliau menggunakan proses belajar mengajar tidak hanya monoton dengan tulisan tetapi, dengan drama dimana mahasiswa bisa langsung mempraktikkan dan mudah diingat. Kuis berhadiah yang menumbuhkan semangat dan paksaan belajar agar dapat menjawab dan memenangkan. Serta dapat menyampaikan hal rumit menjadi sederhana dan mudah dipahami.

Bagaimana ya konsentrasi di jurusan Ilmu Pemerintahan UIN STS Jambi?

Ilmu Pemerintahan UIN STS Jambi diarahkan pada penguasaan tiga kompetensi yakni kompetensi teoritis, kompetensi legalistik, dan kompetensi empiris. Hal tersebut didasarkan pada pemahaman bahwa ilmu pemerintahan yang menjadi ilmu dasar dikembangkan berdasarkan kaidah-kaidah teoritis seperti ilmu-ilmu lainnya. Pada sisi lain, ilmu pemerintahan perlu pula dikaji dari berbagai dasar hukum yang melandasinya, karena objek forma ilmu pemerintahan adalah kewenangan atau kekuasaan yang sah. Selanjutnya ilmu pemerintahan juga perlu dikaji secara empiris agar membumi, karena praktek-praktek pemerintahan di satu tempat akan berbeda dibandingkan tempat lain.

Konesekuensi logisnya, kajian ilmu pemerintahan tidak dapat sepenuhnya bersifat bebas nilai (value-free), tetapi justru sarat dengan nilai-nilai (value-ladden). Oleh karena itu Ilmu pemerintahan UIN STS Jambi melakukan kerjasama dengan lembaga maupun instansi pemerintah yang ada dalam lingkungan provinsi Jambi  dan kerjasama internasional dengan Kolej Dar al-Hikmah, Selangor, Malaysia, dan lainnya. tidak hanya berada di kelas dengan teori-teori yang tersaji, tetapi akan diperbanyak dengan kuliah lapangan sehingga mahasiswa Ilmu Pemerintahan dapat melihat secara langsung kesesuaian, ketepatan, dan keefektifan teori, serta kendala yang terjadi di lapangan. Selain itu, program ini dapat memberikan pengalaman langsung kepada mahasiswa Ilmu Pemerintahan. Penyediaan laboratorium Multimedia sehingga mahasiswa memiliki pengetahuan dan keahlian serta familiar dengan aplikasi-aplikasi pengelolaan pemerintahan atau sistem informasi pengelolaan pemerintahan.

Tips-tips dong untuk Maba di Jurusan Ilmu Pemerintahan UIN STS Jambi!

Mata kuliah di Jurusan Ilmu Pemerintahan banyak berkaitan dengan masalah sosial dan pemerintahan yang sedang berjalan baik di Indonesia maupun di negara lain. Maka diharuskan untuk adik-adikku selalu update berita tentang dunia pemerintahan terkini ya, yang setiap harinya akan kita temui permasalahan di sosial media dan lingkungan. Perbanyak baca buku fasilitas perpustakaan univ dan perpustakaan jurusan ada ya jadi mudah untuk mendapatkan buku sesuai jurusan kita. Mengikuti iven baik nasional, antar kampus maupun didalam kampus.

Ketika kita menghadapi dosen yang bisa dibilang killer dan banyak tugas maka ikuti saja alurnya. Jika sulit maka berusahalah dan kerjakan. Jaga sikap dan kedisiplinan kita, karena Akhlak dan etika lebih diprioritaskan dibandingkan dengan kepintaran adik-adikku walaupun sepintar apapun itu jika tidak berakhlak dan beretika maka kegagalan dimata kuliah sudah didepan mata. Ketika sudah menjadi Mahasiswa di UIN STS Jambi maka kalian harus mengikuti semua peraturan dan prosedurnya.

Mengikuti Organisasi dan Magang yang Seru dan berkualitas!

Tips untuk adik-adikku ikutilah organisasi dan Magang yang Seru dan berkualitas. Ada banyak kegiatan yang ditawarkan di Universitas UIN STS Jambi. Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ), BEM Fakultas, BEM Universitas, UKM, dan Magang. Beranikanlah untuk memulai dan mengambil sebuah keputusan. Berani untuk keluar dari zona nyaman dengan mengambil posisi sebagai ketua maupun perangkat penting lainnya. Hal ini akan mengasah soft skill, menambah wawasan, pengalaman, dan pertemanan. Ikutilah kegiatan yang sesuai dengan niat dan kemampuan. Jangan lupa manajemen waktu antara kuliah.

Prospek kerja dan Alumni Ilmu Pemerintahan biasanya kerja dimana?

Profesi yang diutamakan bagi para lulusan jurusan Ilmu Pemerintahan biasanya terkait dengan birokrasi dan administrasi pemerintahan. Biasanya alumni lulusan jurusan Ilmu Pemerintahan berkarir sebagai aparat pemerintahan pusat maupun daerah, staf atau anggota legislatif, dan anggota partai politik. Lulusan Ilmu Pemerintahan juga dapat terjun sebagai konsultan atau pengamat politik dan pemerintahan, menjadi aktivis di berbagai LSM dan Ormas, bahkan tidak tertutup kemungkinan untuk menjadi jurnalis politik.

Harapan dan Rencana setelah lulus?

Harapan ketika lulus dari ilmu pemerintahan menginginkan para alumni dan saya menjadi pekerja yang kompeten dan mahir di dunia pemerintahan. Mengimplementasikan ilmu-ilmu dan teori yang diperoleh selama perkuliahan dalam ruang lingkup pemerintahan. Rencana setelah lulus adalah melanjutkan S2 Ilmu Pemerimtahan dengan beasiswa, bantu do’akan ya guys. Jujur jika langsung terjun di dunia kerja pemerintahan belum melirik karena perlu pertimbangan yang matang harus mempunyai bekal yang matang dan sigap untuk kepentingan masyarakat dan kesejahteraan masyarakat. Pesan untuk sahabat Intipers selalu semangat ya, jangan lupa do’a, usaha, ikhtiar, dan tawakal jangan minder kita berasal dari mana. Awali harimu dengan Basmallah, dan ingat kejarlah akhirat maka dunia akan mengikutimu. Hidup Mahasiswa! Wassalamu’alaikum wr.wb sahabat intipers.

Kode Konten: X215

rozafitria
Hai.... Assalamu'alaikum wr.wb. Perkenalkan nama saya Roza Fitria, dari Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Syaifuddin Jambi, Jurusan Ilmu Pemerintahan, Alhamdulillah mempunyai hobbi menulis puisi dan memasak, Salam kenal ya teman-teman.

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *