Ilmu Pemerintahan, Universitas Haluoleo

Ilmu Pemerintahan Universitas Haluoleo (Nurhikmah)

Ilmu Pemerintahan Universitas Haluoleo (Nurhikmah)

Halo sobat intipers! Aku Nurhikmah Farian Ningrum dari jurusan Ilmu Pemerintahan Universitas Haluoleo 2018. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, Jurusan Ilmu Pemerintahan Universitas Haluoleo itu seperti apa?

Jadi jurusan ilmu pemerintahan ini jurusan yang mempelajari seluk beluk di ilmu pemerintahan. Ilmu pemerintahan ini mengkaji manajemen, organisasi, administrasi publik, kemudian permasalahan kepemimpinan dalam suatu lembaga organisasi badan publik dalam melaksanakan kekuasaan sebagaimana diatur dalam perundang-undangan.

unisa

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Di ilmu pemerintahan sendiri kita mempelajari sistem politik Indonesia, ilmu administrasi, hukum juga kita mempelajari, sampai ekonomi juga. Kemudian kita diajarkan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi, negosiasi, analisis berpikir kritis.

Mitos dan stigma jurusan?

Sering ngomong setelah lulus, nanti bakal jadi apa? Apakah cuman dari PNS aja? Pokonya stigma di masyarakat awam setelah lulus dari ilmu pemerintahan bakal cuman jadi PNS aja, padahal gak cuman itu aja.

Apa yang jadi alasan masuk Ilmu Pemerintahan Universitas Haluoleo?

Sebenernya kalau ceritanya, aku ingin lebih peka terhadap isu politik dan ilmu pemerintahan. Sebenernya masuk ilmu pemerintahan itu ada di pilihan ketiga aku pada saat SNPTN, karena aku pengennya dulu masuk ke jurusan lain, tapi alhamdulillah masuk ke pilihan ketiga. Aku juga pengen lebih tau ilmu pemerintahan, bagaimana sih cara kerja ilmu pemerintahan.

pmb2-min

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Jadi sebenernya di ilmu pemerintahan di semester awal itu, kita mempelajari mata kuliah pengantar seperti pengantar ilmu politik, hukum pemerintahan administrasi dan lain-lain. Kemudian masuk ke jenjang semester selanjutnya udah mulai pelajari ada mata kuliah sistem kepartaian, komunikasi pemerintahan, disitu kita belajar komunikasi internal dan eksternal dalam suatu lembaga.

Ada mata kuliah menarik banget yaitu sistem teknologi informasi egovernment, yaitu aplikasi pemerintah yang bertujuan keterbukaan pemerintah. Sebenernya di ilmu pemerintahan kebanyakan PKL, kebetulan kita barusan ini yang angkatan 2018 turun langsung ke lapangan dengan mata kuliah isu kontemporer pemerintahan. Kita meneliti isu yang terjadi di pemerintahan, kebetulan kita melaunching buku hasil karya dari mahasiswa ilmu pemerintahan. Sebnernya banyak banget mata kuliah yang menarik, ada sistem pengendalian dan pengawasan, kita mengawasi pemerintah. Mata kuliah proses legislasi, kita bisa tau bagaimana terciptanya suatu aturan, bagaimana implementasi aturan itu. Itu mata kuliah ilmu pemerintahan secara umum.

Untuk mata kuliah yang paling berkesan itu mata kuliah sistem politik, aku paling berkesan di mata kuliah itu. Di ilmu pemerintahan itu banyak konsep-konsep, kalau ada mata kuliah ilmu politik itu cuman sebagian kecil aja. Ilmu politik ini kita mempelajari ilmu politik, aku terkesannya lebih ke mata kuliah itu, jadi lebih tau gitu.

Waktu kita disuruh praktik ke lapangan meneliti di pemerintah desa untuk meneliti bagaimana pengembangan SDM di desa, pengembangan aparatur desa itu, kita lebih turun ke lapangan meneliti kesitu. Kita disuruh meneliti mewawancarai, menganalisis, kita mencocokan dengan teori yang sudah kita pelajari.

Kita mempelajari juga hubungan pemerintah pusat dan daerah, karena biasanya pemerintah pusat memberi kewenangan ke pemerintah daerah untuk mengatur daerahnya, tetapi realita di lapangan gak sesuai, sebenernya itu menjadi permasalahan, dan itu pekerjaan terbesar untuk lulusan ilmu pemerintahan.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Untuk saat ini karena prodi ilmu pemerintahan di universitas haluoleo sendiri masih baru, jadi belum ada konsentrasinya.

Ada berapa jalur masuk di jurusan kamu?

Pada saat tahun 2019 itu ada jalur SNMPTN, SBMPTN, dan SMMPTN, untuk informasi ada di website www.uho.ac.id untuk tatacara pendaftarannya bisa diliat di websitenya.

Ada tips buat mahasiswa baru Ilmu Pemerintahan Universitas Haluoleo?

Pertama untuk adik-adik yang masih bingung mau jurusan apa, aku saranin sih jangan terlalu berpacu sama jurusan yang jarang diambil sama orang, pokonya pilihlah jurusan yang kamu mau dan butuhkan, dan jangan minder.

Untuk adik-adik yang sudah masuk jurusan ilmu pemerintahan, pesanku adik-adik bisa lebih memperbanyak bacaan, dan ingat membaca itu bukan cuman baca buku, karena di ilmu pemerintahan kita harus membaca situasi dan kondisi. Untuk mahasiswa baru, perbanyak pengalaman organisasi internal dan eksternal, kita bisa dapet skill komunikasi dari situ.

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Untuk prospek kerja secara umum, pasti lulusan ilmu pemerintahan bisa jadi PNS, bisa jadi pengajar, dosen, paling banyak sih, bisa jadi konsultan pemerintahan. Intinya di sektor-sekto publik, kemudian selain itu bisa juga berwirausaha. Sebenernya lulusan ilmu pemerintahan gak selalu di sektor publik, itu sepengetahuanku.

 Apa harapan dan rencana setelah lulus?

Kalau rencana dan harapan, rencana akan bakal lanjut ke S2 atau kerja dulu, tergantung kedepannya. Harapanku apa yang aku pelajari di ilmu pemerintahan bisa di implementasikan.

 

 

Q&A

  1. Apa bedanya ilmu politik sama ilmu pemerintahan?

Sebenarnya enggak beda jauh, mungkin secara garis besarnya ilmu politik itu mempelajari kekuasaan di pemerintahan, teori-teori politik, hubungan internasional, hubungan-hubungan politik, kemudian kalau ilmu pemerintahan, ruang lingkupnya itu lebih ke asas-asas ilmu pemerintahan, jadi kesimpulannya, ilmu politik itu lebih kepada kekuasaan kemudian kalau pemerintahan bagaimana hubungan pemerintah ke masyarakat.

  1. Bagamana cara kakak mengimbangi antara organisasi yang diikuti dengan perkuliahan yang dijalani?

Cara mengimbanginya itu kembali ke diri kita, bagaimana memanaje waktu kita, aku berorganisasi dari semester 3. Aku sempet sih ngerasa sibuk, sempet gatau gimana cara bagi waktu, sempet dilema, tapi alhamdulillah semakin kesini, aku udah bisa manaje waktu, kapan organisasi dan kapan perkuliahan.

  1. Di pemerintahan diajar juga tentang bisnis?

Jadi di ilmu pemerintahan ada mata kuliah kewirausahaan di semester 2, jadi kita diajarkan bagaimana cara berusaha, berdagang, kita kan gak tau kedepannya akan berwirausaha, atau gimana, jadi udah diajarkan dari perkuliahan.

 

Kode konten: C649

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *