Ilmu Pemerintahan

Ilmu Pemerintahan Universitas Singaperbangsa Karawang (Claudia)

Ilmu Pemerintahan Universitas Singaperbangsa Karawang (Claudia)

Halo sobat intipers! Aku Claudia Herlina dari Ilmu Pemerintahan Universitas Singaperbangsa Karawang angkatan 2019. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampai beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Ilmu Pemerintahan Universitas Singaperbangsa Karawang seperti apa?

Jurusan Ilmu Pemerintahan adalah jurusan yang mempelajari pengelolaan organisasi publik dimana berfungsi dalam menjalankan fungsi negara. Mitos yang sering didengar olehku adalah lulusan Ilmu Pemerintahan itu merupakan calon PNS atau calon Ibu camat, ataupun calon Ibu lurah, padahal ga semuanya begitu. Namun kebanyakan orang selalu berfikir seperti itu, padahal prospek kerja di Ilmu Pemerintahan tidak hanya cakupan itu aja. Jurusan ini prospeknya bisa dibilang luas, karena semua hal di negara kita itu kan selalu berhubungan dengan pemerintahan; baik itu aspek sosial, ekonomi, dan lainnya pasti ada kaitannya dengan pemerintah. Jadi meskipun ga jadi PNS ya gak jadi masalah, kita masih bisa jadi staf pemerintah yang honorer, jadi pegawai kantoran di perusahaan, ataupun bisa juga jadi HRD karena kita belajar human resource di kampus.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini 

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Ilmu Pemerintahan Universitas Singaperbangsa Karawang?

Waktu masih SMP, aku memang sudah ingin bekerja sebagai abdi negara, alias pengen banget jadi pelayan publik. Itu semua mungkin karena faktor di keluarga aku sering banget bahas politik, diskusi tentang segala sesuatu hal yang terjadi di negara, sehingga makin lama aku makin tertarik dan seneng sama diskusinya. Selain itu juga, karena ada salah satu keluarga yang jadi pelayan publik, aku juga jadi terdorong ingin menjadi pelayan publik. Soalnya aku melihat passion aku yang seneng berdiskusi, berdebat dan ngomongin hal-hal politik. Selain itu, aku juga pengen banget ngasih kontribusi yang besar untuk pemerintah dan negara,  jadi aku berfikir sepertinya ini program studi yang cocok buat aku. Makanya gak susah sih buat aku ngeyakinin jurusan ini menjadi jurusan yang tepat buat ku saat kuliah. Karena faktor-faktor dari semuanya itu tadi.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Mata kuliah di Jurusan Ilmu Pemerintahan ini banyak banget yang khas. Aku pribadi ngerasa ga semuanya yang ada di jurusan aku dibahas di jurusan lain, contohnya seperti Etika Pemerintahan, Ekologi Pemerintahan, Pembangunan Politik dan masih banyak lagi. Kalo mau dibilang khusus, yang paling spesial dan sampai sekarang aku masih inget itu sewaktu praktikum kuliah Sistem Ekonomi Indonesia. Sewaktu itu aku bersama dengan teman-teman kelompok harus terjun ke lapangan untuk melakukan pemberdayaan UMKM di sekitar Karawang, tentunya ini terjadi sebelum pandemi. Selain itu juga, ada praktikum lain yang harus terjun ke lapangan. Di mata kuliah Manajemen Pemerintahan, kita meneliti pembangunan desa di sekitar Karawang. Sebenarnya tugasnya sudah diberikan sebelum pandemi, tapi karena pandemi tiba tiba menghampiri. Jadi untuk terjun kelapangannya hanya boleh dilakukan oleh teman-teman yang berada di sekitar Karawang. Sementara aku kan bukan orang Karawang asli, jadi aku diwakilkan sama temen-temen disana untuk ikut terjun ke lapangan lewat Zoom atau Video Call.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Untuk di kampus aku ga ada konsentrasi khusus, namun setahuku kalo di kampus lain ada beberapa yang mengkategorikan ilmu pemerintahan ke beberapa konsentrasi. Misalnya seperti ke arah tata kelola pemerintahan atau perilaku pemerintahan atau mungkin ke arah kekuatan politik. Di kampus ku lebih umum aja, tidak di konsentrasikan. Kita nanti mau fokusnya kemana (apakah legislatif, eksekutif atau yudikatif) itu dipelajari semua, dan pastinya nanti akan berpengaruh pada tugas akhir.

Apa jalur masuk yang ada di jurusan kamu?

Jalur masuk jurusanku di Kampus Universitas Singaperbangsa Karawang sendiri ada 3. Melalui SNMPTN, UTBK sama Mandiri. Aku sendiri masuknya lewat jalur mandiri di tahun 2019, dan saat itu UNSIKA masih belum ada uang IPI (atau uang gedung). Jadi biaya kuliahnya tergolong murah meskipun lulusan melalui jalur mandiri karena hanya cukup membayar UKT saja. Dulu aku pengen masuk Politeknik, karena aku gagal di UTBK dan juga SNMPTN. Biasanya kan Politeknik itu mengacu ke pengabdian negara semua jurusannya. Aku kurang tahu info tentang universitas-universitas negeri, bahkan gak tau jurusan Ilmu Pemerintahan itu ada. Lalu aku dapat informasi bahwa ada Jurusan Ilmu Pemerintahan di Universitas Singaperbangsa Karawang, jadi aku ikut tesnya lewat ujian mandiri. Saat ini, aku juga lihat informasi dari kampusku kalau di tahun 2021 ini ada jalur masuk khusus Ketua OSIS. Jadi ada 4 jalur masuk tahun ini.

 Ada tips buat mahasiswa baru Ilmu Pemerintahan Universitas Singaperbangsa Karawang?

Selalu mempelajari lebih dalam terkait info ter-update tentang pemerintahan, banyakin baca berita, baik di TV maupun media artikel yang terpercaya, kalo bisa kita juga analisis satu-satu karena biasanya topik yang dibahas di kuliah ga jauh dari itu. Atau bisa juga suatu saat informasi tersebut akan kita pakai di pembuatan tugas artikel atau jurnal kita. Informasi yang didapatkan harus akurat dan terpercaya. Jangan mudah terpengaruh berita hoax.

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Prospek kerja dari Jurusan Ilmu Pemerintahan sendiri ada banyak banget. Kita bisa bekerja sebagai pelayan publik di masyarakat. Atau jadi Biro Pemerintahan di daerah dan pusat, konsultan politik, penggiat pemberdayaan  masyarakat, anggota legislatif, anggota partai politik, tenaga pendidik, pegawai BUMN / BUMD, kerja di perusahaan. Prospeknya banyak. Karena yang dibahas dalam jurusan ini cukup luas mencakup ekonomi, budaya, manajemen, jadi prospek kerjanya yang berkaitan dengan pemerintahan dan human resource (masyarakat) kita pasti bisa masuk.  Beberapa alumni dari kampusku yang aku kenal biasanya kerja menjadi Perangkat Desa, Kementrian, Fraksi Partai, dan juga Dinas Badan Keuangan dan Aset Daerah.

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Apa rencana dan harapan kamu setelah lulus?

Rencanaku yang utama sebenarnya pengen lulus lebih cepat (3.5 tahun). Atau jika tidak, setidaknya aku lulus tepat waktu 4 tahun. Aku pengen banget kerja di Kementrian Luar Negeri bagian Divisi Staf Ahli Ekonomi dan Pembangunan. Harapannya semoga aku bisa menjadi pelayan publik yang ramah, sesuai visi misi, dan merubah birokrasi agar tidak gemuk, sehingga pelayanan untuk masyarakat akan lebih baik lagi dan Indonesia bisa maju. Aku pengen banget memanfaatkan Bonus Demografi di tahun 2024, semoga saat itu nanti aku bisa menemukan partner kerja yang sevisi dan semisi.

Kode konten: C590

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *