Pendidikan Agama Islam, Universitas Pendidikan Indonesia

Ilmu Pendidikan Agama Islam UPI (Tia)

Ilmu Pendidikan Agama Islam UPI (Tia)

Halo intipers! Perkenalkan aku Tia Khotifah dari jurusan Ilmu Pendidikan Agama Islam UPI. Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (FPIPS). Yuk, simak informasi lainnya yang akan aku sampaikan tentang jurusan ini. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat aku balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok, pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya. Kalian juga bisa nonton versi videonya melalui link berikut. Klik Disini

Apa aja yang dipelajari di jurusan Plmu Pendidikan Agama Islam UPI?

Tentunya belajar perihal seluk-beluk agama islam, misalnya fikih, akidah, dan yang bisa kita temui di jurusan ini. lebih menyeluruh, tentang pendidikannya juga tentang agama islam sendiri. selain itu, ada basic life skill yang mempelajari tentang negosiasi yang baik, komunikasi yang baik, untuk bisa menderikan usaha kecil-kecil-an untuk bisa menjadi pelajaran untuk ke depannya.

Adakah mitos atau stereotip di jurusan ini?

Karena titlenya agama, jurusannya pasti hebat, tetapi, setiap orang atau setiap mahasiswa yang masuk sama saja, tetapi terfokus pada agama. Lalu, ada stigma bahwa di semester ganjil di jurusan ini tugasnya semakin berat dan lebih dari semester lainnya.

Tugas kuliahnya kaya gimana?

Tugasnya perihal makalah, presentasi, ada tugas observasi ke sekolah, juga observasi ke berbagai tempat agama lain. Bagaimana perihal peragamaan lain agama selain Islam. Untuk lulusan jurusan ini juga harus menghafal minimal 4 juz dan diwajibkan untuk untuk menjadi tutor pengajar BBQ di tutorial. Tutorial sendiri adalah sebuah kegiatan yang ada di UPI dan termasuk kegitan yang wajib seluruh mahasiswa UPI yang mengontrak mata kuliah PAI atau pendidikan agama islam.

Apa mata kuliah dan dosen favorit aku?

Mata kuliah favoritku adalah sejarah peradaban islam yang semester 4 dipelajari, jadi kita bisa mengetahui seluk beluk peradaban islam di masa lalu seperti apa yang bisa di jadikan pembelajaran untuk masa kini. Dosen Favorit semuanya memiliki kekhas-an yang menarik dan bisa menjadi contoh. Salah satunya Bapak Aam Abdulsalam, beliau termasuk ketua prodi, beliau sebelum memasuki pembelajaran, beliau selalu ,emberikan pandangan positif tentang apa yang kita pelajari, mengingat terlebih dahulu kepada Allah. Ketika beliau mngungkapkan ilmu atau pandangan tersebut, itu sangat menggugah hati sekali, memberikan muhasabah untuk diri kita.

Ada konsentrasi atau peminatan apa aja di jurusan ini?

Untuk konsentrasi tidak ada, namun ada mata kuliah setiap semester ada mata kuliha khusus yang harus di kontrak dan sudah direncanaan oleh prodi.

Apa tantangan terbesar kuliah di jurusan ini menurutku?

Lebih ke diri sendiri, harus lebih follow up lagi semangat dalam hal semangat, mengerjakan tugas yang tertunda, bagaimana kita mengatasi tantangan tersebut.

Apa harus dari lulusan pesantren untuk bisa masuk ke jurusan ini?

Yang masuk ke jurusan ini tidak terkhusus untuk yang pesantren saja, tetapi dari umum pun bisa, termasuk aku juga yang dari SMA bisa masuk ke jurusan ini. dan dari angkatanku sendiri pun, kebayakan ulusan SMA. Nah, untuk lulusan umum sendiri memang terdengar asing ketika belajar pertama kali di jurusan ini, tetapi dengan niat yang baik, dan mau berusaha, bisa menjadi acuan agar bisa belajar lebih baik lagi. Intipers tidak perlu minder, karena yang dari pesantren pun bisa membantu dan belajar bersama, juga membagikan ilmunya kepada mahasiswa yang lulusan SMA.

Prospek kerja / alumni kerja dimana aja?

Menjadi guru PAI di sekolah, tentunya di semua jenjang sekolah, SD, SMP, SMA, bahkan dosen pun bisa, dan tidak menutup kemungkinan dalam hal bisnis atau usaha.

Harapan aku setelah lulus

Harapanku ingin ilmu yang sudah didapatkan bisa menjadi berkah dan bisa bermanfaat untuk orang lain, ke depannya pendidik di sekolah, atau bisa memberikan ilmu di daerahku sendiri.

Tips untuk masuk ke jurusan ini

Niat dalam segala hal, jika niat awalnya sudah tidak tepat, ilmunya tidak akan dapat, juga harus bisa bergaul dalam hal apapun, karena bergaul pun akan ada hal baik di dalamnya.

Kode Konten: Y188

Komen dibawah! 14

  1. Holisoh

    Assalamualaikum kak, ijin bertanya. Ingin lebih jelas mengenai tutor pengajar BBQ di tutorial itu seperti apa? Diselenggarakannya satu kali saja apa bagaimana kak? Terimakasih.

    • tiakhotifah

      Wa’alaykumussalam wa rahmatullāhi wa barakātuh..
      Mhon maaf baru sempat tth respon pesannya.. mudah-mudahan bisa menjadi tambahan informasi yang bermanfaat ya??

      Singkatnya, BBQ (Bimbingan Baca Qur’an) itu adalah salah satu kegiatan yang wajib dilaksanakan oleh setiap Mahasiswa/i UPI yg mengontrak mata kuliah PAI di UPI.. yang biasanya dikontrak di semester 1/2 kuliah bergantung dari jadwal yang sudah ditentukan setiap fakultasnya..
      Waktunya di laksanakan diantara hari Sabtu/Ahad..

      Tapi untuk mahasiswa/i prodi IPAI UPI diwajibkan untuk menjadi tutor atau pembimbing di kegiatan BBQ tersebut.. sebagai syarat untuk sidang di akhir semester perkuliahan✨

  2. Chintia

    Assalamualaikum Kaka, izin bertanya.
    Untuk persiapan masuk ke jurusan IPAI khususnya dari SMA dari jurusan IPS itu apa saja ya kak?
    Syukron, mohon di jawab kaka

    • Tia Khotifah

      Wa’alaykumussalam wa rahmatullāhi wa barakātuh.. insyā Allāh.. baik dr jurusan manapun berkesempatan untuk diterima di IPAI UPI.. trs kuatkan ikhtiar dan doa yang sungguh².. mudah²an apa yg tmn² harapkan sesuai dengan rencana yg Allāh tetapkan✨

    • tiakhotifah

      Sedikit tambahan, mengenai ikhtiar diantaranya bisa dilaksanakan dengan memfokuskan diri ke hal² yg berhubungan dengan IPAI itu sendiri, entah itu dalam hafalan, bacaan sebagai tambahan pengetahuan maupun follow up diri untuk jd pribadi yang berproses dan berprogres.. Semangatt!

  3. Killa

    Assalamualaikum kak, izin bertanya. Apa memiliki hafalan alquran itu diharuskan bagi mereka yang ingin masuk ke jurusan ini? Karena saya belum ada hafalan, saya juga bukan lulusan pesantren tapi saya ingin masuk ke jurusan ini. Apa saya bisa lolos dan masuk ke jurusan ini?

  4. Ayu Wulandari

    Assalamualaikum kak, izin bertanya terkait hafalan yang minimal 4 juz itu juz berapa saja ya? Ditentukan oleh prodi nya atau bebas? Harus dari juz 1 atau boleh dari juz 30 dst. Terimakasih

  5. Yanti yulianti

    Assalamualaikum kak, izin bertanya terkait hafalan yang minimal 4 juz itu juz berapa saja ya? Ditentukan oleh prodi nya atau bebas? Harus dari juz 1 atau boleh dari juz 30 dst. Terimakasih

  6. Yanti yulianti

    Assalamualaikum kak, izin bertanya terkait hafalan yang minimal 4 juz itu juz berapa saja ya? Ditentukan oleh prodi nya atau bebas?Terimakasih sebelumnya kak

  7. Devi Atika

    Assalamu’alaikum kak, maaf izin bertanya.. saya dari jurusan IPA di Madrasah Aliyah apakah bisa mendaftar SNMPTN jurusan IPAI?

  8. FADILA BIYADIKA

    Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarokatuh Afwan kak izin bertanya…apa tdk ada masalah, jika alumni Aliyah jurusan IPA masuk ke PAI soshum?atau lebih baiknya kek gmn gtu? Kk banyak kendalanya gak masuk jurusan ini? Jazakillah Khayr sebelumnya;)

  9. Rosifah

    Assalamualaikum..ka ijin bertanya,untuk hafalan yang 4 juz,apakan bisa dicicil atau tidak? Dan bagaimana teknisnya? Apakah sebelum masuk jurusan ini kita harus hafal dulu atau nanti berproses pas udah masuk? Syukron

  10. Siti Nurlaeli Sariyah

    Assalamualaikum kak, izin bertanya, kakak masuk prodi ini lewat jalur apa? Apakah SNMPTN/SBMPTN/UM/ apa? Kemudian untuk prodi IPAI ini, masuk ke SAINTEK/SOSHUM kak? Saya dari jurusan IPA di sekolah, pengen ke prodi ini, mohon do’anya kak hehe, terimakasih..

  11. Laila

    Assalamualaikum kak. Ingin bertanya. Bagaimana jika kita tidak bisa berbahasa arab atau bahasa inggris tetapi minat di jurusan Pendidikan agama islam?

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *