Perpustakaan

Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam IAIN Tulungagung (Novi)

Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam IAIN Tulungagung (Novi)

Halo Intipers. Perkenalkan saya Novi Nur Ariyanti akrab disapa Novi, mahasiswi jurusan Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam IAIN Tulungagung angkatan 2018. Disini saya ingin membagikan pengalaman kuliah saya selama 4 semester di jurusan Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam. Yuk, simak pengalaman saya.

Apa yang Dipelajari di Ilmu Perpustakan dan Informasi Islam IAIN Tulungagung?

Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam (IPII), sesuai namanya kita dibentuk untuk menjadi pustakawan. Namun, kita tidak hanya diajarkan bekal-bekal untuk menjadi pustakawan saja. IPII IAIN Tulungagung berda di bawah naungan Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah, apabila dikampus lain fakultas tersebut terbagi menjadi 3 fakultas besar (Fakultas  Ushuluddin, Fakultas Adab, dan Fakultas Dakwah).

Nah di kampus saya 3 fakultas disatukan menjadi satu, bingung bukan? Karena kita special yaitu dibawah Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah, kita juga mempelajari mata kuliah yang berhubungan dengan keagamaan – pada semester 1 dan 2. Namun, tidak mengurangi kiprah kita untuk dibentuk sebagai pustakawan. Apa itu pustakawan? Secara mudah, yaitu seseorang yang bekerja di perpustakaan (biasanya pegawai yang melayani ketika temen-temen meminjam buku di perpustakaan atau pegawai yang ditempatkan dikantornya, sebagai admin, kepala perpustakaan, atau bagian administrsi lain).

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Stigma

Jurusan saya tidak jarang juga dibilang “jurusan yang kerjanya Cuma menata buku, tidak kuliahjuga bisa”, iya menata buku tapi, menatanyapun juga tidak semudah yang orang lain lihat.  Kenapa? Cuma menata buku! Aku jelaskan sedikit yaa! Banyaknya masuk sja jurusan Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam IAIN Tulungagung, hehe.

Di jurusan Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam kita juga diajarkan penomoran buku (supaya mudah ditemukan apabila dibutuhkan bukunya). Penomorannya tidak hanya di urut atau sesuka hati tapi, memang da pembagiannya. Misal: nomor pada buku novel tentunya berbeda dengan buku matematika nah perbedaan itu sudah ditentukan secr internasional tidak boleh asal. Contoh lain nah kalau temen-temen meminjam buku di perpustakaan daerah atau di perpustakaan sekolah di bukunya ada barcode kan. Kita juga diajari bagaimana membuat barcodenya itu, fungsi barcodenya itu ialah supaya buku tidak dibawa lari sebelum di cek oleh petugas. Kaya di toko-toko gitu barang yang belum dibayar terus dibawa lari kan bunyi. Masih panjang lagi prosesnya sampai buku dapat di tata di rak untuk dibaca sama temen-temen. Tapi mudah kok ga serumit teorinya. Jadi, pandangan miring masyarakat umum itu kurang benar.

schooters

Mata Kuliah yang Dipelajari di Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam IAIN Tulungagung?

Mata kuliah yang dipelajari tentu saja banyak karena kita program S1. Seperti, Pengembangan Minat Baca, Kearsipan dan Dokumentasi, Literasi Informasi, Katalogisasi, Perpustakaan Digital, Desain Web Perustakaan, Psikologi Pustakawan, Teknologi Informasi dan Media, Analisis Sistem Perpustakaan, Analisi Subjek, Preservasi dan Konservasi, Penerbitan dan Pendistribusian informasi, dan masih banyak lagi. Jika temen-temen perhatikan terdapat mata kuliah Arsip, nah Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam juga mempelajari materi Arsip juga, seru bukan.

Matkul Favorit

Mata kuliah yang menurut saya menarik ada 4. Pertama, Pengembangan minat baca. Di matakuliah ini saya dijari mengembangkan minat baca pada orang lain (mulai balita hingga usia sekolah atau SMA). Jadi menumbuhkan rasa prihatin sekaligus tnggung jawab untuk turut mengembangkan minat baca di masyarakat sekitar. For your information Indonesia termasuk dalam urutan bawah mengenai minat baca. Kedua, Teknologi Informasi dan Media. Nah pada matakuliah ini sya mempelajar mengenai teknologi yang berhubungan dengan perpustakaan. Salah satunya ialah membuat aplikasi e-book yang digunakan untuk membaca di perpustakaan.

Ketiga, Penerbitan dan Pendistribusian Informasi. Hal menarik pada matakuliah ini kita diajarkan seluk-beluk menerbitkan buku. Dimulai dari penulisan naskan hingga buku memiliki izin untuk diterbitkan. Selain itu disini saya dapat menerbitkan buku pertama saya dengan tema menumbuhkan literasi pada masyarakat yang buta aksara. Keempat, Analisi Subek. Nah di matakuliah ini kita diajarkan bagaimana memberikan nomor dan memilah buku di perpustakan. Pada mulanya saya pkir rumit karena terdapt banyak nomor ternyata, tidak karena nomor-nomor tersebut dikelompokkan dalam satu aplikasi khusus. Jadi tidak perlu dihafal cukup mampu menjalankan aplikasi tersebut.

Tuga-Tugas

Tugas kuliah yang lumrah di jurusan Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam yaitu menuliskan jurnal mulai dari penelitian sederhana hingga penelitian yang rumit. Karena kita dari semester awal sudah dibiasakan dengan dunia kepeulisan jadi, menulis jurnal merupkan hal yang mudah. Buat temen-temen yang belum jago atau asing dengan dunia menulis tenang saja karena kita beljar bena-benar dari awal jadi tidak perlu insecure.

observasi matakuliah Desain dan Marketing perpustakaan

Konsentrasi di Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam IAIN Tulngagung?

Di Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam dibagi menjadi 2 yaitu Kearsipan dan Informasi. Konsentrasi di ambil selama 2 semester yaitu semester 5 dan 6 yang bersifat linier (berhubungan). Konsentrasi ini bertujuan untuk memetkkan ketika observasi. Contoh mengambil konsentrasi Arsip, maka observasi juga dilakukan di kantor arsip dan hal yang diteliti ialah perihal arsip, mulai dari cara merawat arsip, cara menata arsip, dan lain sebagainya. Begitu pula dengn informasi, maka observsi di lakukan di perpustakaan baik perpustakaan daerah maupun sekolah atau TBM (Taman Baca Mayarakat), mengulik seputar informasi pada perpustakaan atau TBM yang dijadikan tempat Observasi.

Tips-tips Buat Mahasiswa Baru Jurusan Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam IAIN Tulungagung

Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam merupakan jurusan baru baik di IAIN Tulngagung maupun di kampus lain, tidak semua kampus memiliki jurusan ini. Dengan demikian belum banyak buku rujukan untuk kita gunakan. Perbanyak banyak mebaca jurnal untuk dijadikan bahan rujukan. Tips selanjutnya Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam merupakan ilm social maka, kita harus banyak berlatih dalam bersosial, pada observasi-observasi yang berhubungan dengan masyarakat, maupun pada observasi di perkantoran perpustakaan atau kearsipan wajib ramah dengan pegawai disana. Tips ketiga, mengikuti organisasi atau magang merupakan hal wajib selain untk mengsah kemmpun juga untuk menjalin relasi, kita juga di ajarkan administrasi pada perpustakaan maka organisasi sewaktu kuliah sangat membantu sebagai bekal kita ketika di dunia kerja.

Lihat vlog dari ribuan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Prospek Kerja dan Alumni Biasa Kerja?

Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam IAIN Tulungagung merupakan jurusan baru, dengan angkatan pertama 2017, jadi belum memiliki alumni. Namun, sesuai dengan planning dari jurusan diharapkan lulusan Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam dpat bekerja di perpustakaan umum, perpustakaan sekolah, pengelola Taman Baca, Penggelola arsip pada kantor arsip, pengelola arsip perusahaan, pengelola arsip rumah sakit, menjadi Dosen, dan lain sebagainya.

Rencana dan Harapan Setelah Lulus?

Rencana setelah lulus saya melanjutkan S2. Harapan kedepannya memiliki dan mampu mengelola taman baca sehingga dapat mengembangkan minat baca terutama pada anak-anak di lingkungan sekitar rumah.

Kode konten: X428

 

novinura9
Mahasiswi semester 1 Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *