Perpustakaan, Universitas Diponegoro

Ilmu Perpustakaan Universitas Diponegoro (Virginia)

Ilmu Perpustakaan Universitas Diponegoro (Virginia)

Halo intipers! Perkanalkan saya Virginia Emmanuela Kristin, mahasiswi jurusan Ilmu Perpustakaan Universitas Diponegoro angkatan 2018. Supaya lebih akrab, teman-teman bisa panggil saya Jinny kok. Aku bakal jelasin tentang jurusanku nih.

“Aihh gak akan lah kak. Sepertinya masa depannya lumayan suram ya.” Atau… memang ada teman-teman yang memiliki niat suci nan murni untuk memperoleh gelar sarjana Ilmu  Perpustakaan? (Semacam panggilan hati gitu). Hayoo ngaku hehe. Yahh apapun alasannya, pasti para mahasiswa Ilmu Perpustakaan di seluruh Indonesia mempunyai 1 kesulitan yang sama. Yap! Yaitu ketika orang-orang mempertanyakan keseriusan program studi unik ini. Tapi apakah benar lulusan Ilmu Perpustakaan memiliki masa depan yang suram? Bagaimana dengan kompetensi lulusan Ilmu Perpustakaan? Apa saja sih yang dipelajari? Lalu prospek kerja apa saja yang dapat diraih? Aiss daripada kepoo terus, yukk simak terus cerita saya!

Cerita singkat tentang Ilmu Perpustakaan Universitas Diponegoro

Kebetulan nih sob, Ilmu Perpustakaan berdiri dibawah naungan Fakultas Ilmu Budaya Univrsitas Diponegoro. Memang sih, dulu terdapat dua peminatan di prodi ini, yakni Perpustakaan dan Kearsipan. Tapi sayangnya sekarang sudah tidak diberlakukan lagi  (Maklum kurikulum baru hehe). Mau cerita sedikit nih. Jadi gini, pada jaman dahulu (treng dung tak teng teng), tepatnya tahun 2001, sebenarnya pendirian program studi Strata 1 Ilmu Perpustakaan sudah dirilis. Tapi, ada saja lah kendala yang dihadapi oleh para panitia sehingga pendirian Ilmu Perpustakaan baru dapat disetujui oleh Dirjen Dikti pada tahun 2005 (tahun ajaran 2006/2006). Dibandingkan dengan program studi lain di Universitas Diponegoro, Ilmu Perpustakaan tergolong sebagai program studi yang masih muda ya? Bisa dibilang begitu hehe. Ilmu Perpustakaan ada di Perguruan Tinggi mana saja sih? Nah, di Indonesia sudah ada 30 Perguruan Tinggi yang telah berhasil mendirikan prodi ini, beberapa diantaranya ialah Universitas Diponegoro, Universitas Indonesia, Universitas Padjajaran, Univeritas Airlangga, dan Universitas Pendidikan Indonesia.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Apa yang diperlajari di Ilmu Perpustakaan Universitas Diponegoro?

Nah sebelum kita membahas lebih jauh, ada baiknya kita mengetahui apa saja sih yang dipelajari ketika kita masuk di prodi ini ya. Jadi, prodi ini tidak melulu belajar tentang penataan buku ataupun perpustakaan secara fisik. Kok bisa? Iya dong. Di sini kita bisa belajar ilmu-ilmu lain yang masih berkaitan, yakni:

A. Pengelolaan dokumen sebagai media dan pengelolaan informasi.

Nah pasti intipers penasaran nih. Lah, apa hubungannya sama perpustakaan kak? Perpustakaan adalah pusat informasi ya sob. Jika kita membahas tentang informasi, maka kita akan menemukan banyak sekali jenis dan bentuknya. Jika intipers berkunjung ke perpustakaan, maka koleksi yang perpustakaan miliki bukan hanya koleksi tercetak. Ada juga rekaman suara, rekaman video, bahan grafika, serta koleksi elektronik. Tentunya hal tersebut wajib dipelajari untuk menunjang pelayanan terbaik bagi pemustaka. Pelajaran ini dapat kita jumpai di mata kuliah Ilmu Dokumentasi, Administrasi Perkantoran, Penerbitan Media, Manajemen Arsip, Bibliografi, serta masih banyak lagi.

B. Pemanfaatan aplikasi teknologi informasi yang dapat digunakan untuk mengelola dokumen dan informasi

Wah ternyata hal-hal yang berbau teknologi informasi juga dipelajari di Program Studi Ilmu Perpustakaan loh! Nih, intipers bisa mengintip beberapa mata kuliah prodi ini, diantaranya Teknologi Informasi, Database, Automasi Pusdokinfo, sampai Multimedia.

C. Perilaku informasi masyarakat

Tidak hanya berfokus pada buku saja. Ternyatat mahasiswa Ilmu Perpustakaan dibekali dengan kemampuan mengidentifikasi perilaku informasi masyarakat. Kita bisa menemukan materi tersebut di mata kuliah Temu Balik Informasi dan Sumber Jasa Informasi

D. Pendidikan literasi informasi

Ini nih salah satu kompetensi yang wajib calon pustakawan punya, yakni memberikan pendidikan literasi informasi bagi masyarakat atau pengguna. Kita bisa memperoleh ilmu tersebut dari mata kuliah Pendidikan Pemakai dan Literasi Informasi

E. Manajemen perpustakaan secara umum

Nah lohh seru juga kan? Sebenarnya masih banyak materi yang akan Intipers dapatkan jika masuk di jurusan Ilmu Perpustakaan. Yakin, masih ada yang bilang kalo prodi ini bosenin? Hehehe

Foto ini diambil waktu kami mendapatkan tugas membuat katolog buku

Prospek Ilmu  Perpustakaan gimana tuh kak?

Lulusan Ilmu Perpustakaan diharapkan dapat menjadi ahli Informasi yang mampu melayani pemustaka dengan sepenuh hati, mengelola informasi secara profesional, memasarkan informasi dengan benar (anti hoax hoax club), menjamin kesinambungan dan ketersediaan informasi dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi informasi. Lalu lulusannya bisa jadi apa saja kak? (Sepertinya ini pertanyaan inti yang dari tadi belum saya bahas ya. Memang  sih. Sengaja hehe). Okehh. Lulusan Ilmu Perpustakaan bisa tuh berkecimpung di dunia perpustakaan, arsip, dan Informasi loh sob. Nih yaa, teman-teman bisa jadi pustakawan, arsiparis (itu loh orang yang ahli dalam hal arsip-mengarsip. Kalo arsip kenangan dari mantan gimana kak? #ehh), dokumentaris, dosen, pembuat sistem informasi perpustakaan, PNS, peneliti, ataupun konsultan informasi. Hmm pada engga kepikiran kan? HAHA! *tertawa jahat.

Tips untuk Mahasiswa Baru Ilmu Perpustakaan Universitas Diponegoro

Program Studi Ilmu Perpustakaan bisa dikatakan sebagai program studi yang menuntut kita supaya tekun. Kenapa bisa gitu? Iya. Di awal perkuliahan kita diperhadapkan dengan mata kuliah yang tergolong santai. Seperti tidak ada beban saja. Saya dan teman-teman saya merasa bahwa kehidupan perkuliahan ini seperti daun yang mengalir di sungai. “Oh Ilmu Perpustakaan cuma gini doang ya, jalan-jalan di perpustakaan, bisa tiduran pula. Enak ya”. Eits. Tetapi itulah yang membuat kita harus ekstra tekun dan tidak memandang sebelah mata!

Jika sudah masuk ke semester dua keatas, teman-teman akan sadar jika cakupan Ilmu Perpustakaan itu luas sekali. Kita juga akan berkenalan dengan mata kuliah klasifikasi, dimana kita harus bisa memahami notasi-notasi yang jumlahnya bisa mencapai ratusan. Setiap genre buku, asal buku, serta tipe buku memiliki penomorannya sendiri loh Intipers. Dari sinilah ketekunan dan kesabaran akan diuji. Tetapi jangan khawatir. Saya percaya jika teman-teman dapat melalui hal tersebut dengan baik. Asal jangan mudah putus asa dan pesimis ya!

Lihat vlog dari ribuan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Harapan dan rencana setelah lulus

Wahh, ada satu kerinduan saya nih setelah mendapatkan gelar sarjana Ilmu Perpustakaan. Yap. Jadi tenaga pengajar alias dosen Ilmu Perpustakaan. Pastinya saya harus menempuh pendidikan lanjutan dahulu sebelum mencapai mimpi yang sellau tergiang-ngiang di pikian saya itu. Kenapa harus jadi dosen? Iya nih. Menurut saya, tenaga pengajar di jurusan Ilmu Perpustakaan masih terbatas dan tidak sebanyak prodi lain. Selain itu, mengajar adalah passion saya dari dulu. Nah itu harapan saya sobat!

Bagaimana dengan sobat Intipers?

Kode konten: X422

Komen dibawah! 2

  1. Febrianti manalu

    Hy kak nama saya febrianti manalu dari medan
    Kak mau cerita sedikit
    Saya sma jurusan ipa saya salah memilih jurusan kmrn nah skrg saya tidak begitu paham untuk biologi,fisika kimia
    Ada beberapa yang ingin saya tanyakan kepada kakak saya harap kk bisa menjawab?
    Saya ingin kuliah jurusan ilmu perpustakaan di undip kak yang saya tau itu bagian anak soshum(ips)
    Kak saya ingin bertanya -jika saya UN saya ambil jurusan apa ya kak? Lintas minat nya?
    Pertanyaan kedua saya kak – kalau saya mengerjakan TO dari aplikasi kak saya pilih prodi soshum ya kak? Berarti saya harus ulang belajar geografi,sejarah,sama ilmu sosiologi ya kak?
    Saya harap kk berkenan menjawab karna tidak ada orang yang bisa saya tanya kak
    Trimakasih kak?

  2. yasmin

    kak kira-kira klo mau masuk prodi ini nilai apa saja ya yg dipertimbangkan/diperlukan agar diterima?

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *