Perpustakaan, Universitas Indonesia

Ilmu Perpustakaan Universitas Indonesia (Sarah)

Ilmu Perpustakaan Universitas Indonesia (Sarah)

Halo sobat intipers! Aku Sarah Wiranti dari Ilmu Perpustakaan Universitas Indonesia angkatan 2019. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Ilmu Perpustakaan Universitas Indonesia seperti apa?

Jurusan yang mempelajari segala hal tentang perpustakaaan, kearsipan, segala hal bahan pustaka, IT dan manajemen dasar, dan masih banyak lagi. Karena jurusan ini masih jarang yang tau, perpustakaan itu sering di anggap hanya jaga perpus padaha ga, semoga penjelasan aku bisa merubah stigma masyarakat tentang jurusan ku ini. Sejauh ini, kalo aku bilang aku anak ilmu perpus, hah emang ada, lah ko mau masuk itu kan jurusannya jaga buku doang. 

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini 

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Ilmu Perpustakaan Universitas Indonesia?

Dulu karena kesenangan, hobi aku ngoleksi novel, aku mikirnya seru juga kalo aku punya perpustakaan mini di rumah dan pas SMA ada ga jurusan yang berhubungan dan membahas perpustakaan, terus aku search dan nemu beberapa jurusan perpustakaan walaupun ga banyak, pas aku cari lebih detail lagi, seru juga masuk perpus, apalagi prospeknya luas dan banyak banget, hal itu yang mendasari aku untuk mencoba milih jurusan ini.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Yang pertama itu ada klasifikasi atau pengklasifikasian bahan pustaka atau bahan bacaan, mata kuliahnya bisa di bilang susah susah gampang, soalnya sering bikin kepala mumet, sumbenya itu 4 buku tebel, kita harus paham isinya. Kedua ada kearsipan, belajar jenis-jenisnya, cara memperlakukan nya sendiri seperti apa, untuk di UI di bidang kearsipan anak ilmu perpustakaan di kasih kebebasan, kekhususan untuk magang di perpustkaan UI atau di kantor arsip UI, nama magangnya itu Wirada, magangnya kaya magang biasa kuliah dan di gaji juga, lumayan buat nambah pengalaman dan uang jajan pastinya.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Ga ada, karena kita belajar bnayk bidang ilmu dan ga ada yang di fokuskan, paling kita mengkupas tentang perpustakaan. 

Apa jalur masuk yang ada di jurusan kamu?

Yang pertama ada undangan atau raprort, jalur undangan ada 2 yang pertama SNMPTN, kebetulan aku lewat jalur ini, yang kedua ada jalur PPKB UI, kita semacam beli undangan, pada akhirnya nilai raport yang menentukan kita masuk atau ganya. Yang selanjutnya jalur UTBK SBMPTN, yang terakhir jalur mandiri yaitu Simak UI. Informasi lebih lanjut banyak banget akun sosial UI dan update banget tentang informasi masuk, facebook ataupun twitternya sendiri.

Ada tips buat mahasiswa baru Ilmu Perpustakaan Universitas Indonesia?

Untuk yang memang bener-bener niat masuk jurusan ini atau memang udah terlanjut “kecemplung” di jurusan ini. Jalani aja dengan ikhlas biar kedepannya itu kita mudah memahami materi kuliah. Jadi kedepannya kita ga nyusahin diri kita sendiri. Kita coba dengan ikhlas apa yang udah kita dapat, jalanin, karena diluar sana masih banyak yang pengen posisi kita. Kalopun ada yang berpikir ko aku masuk jurusan ini, jurusan buangan karenakan masih sedikit yang tau dan sedikit yang minat. Aku harap dibuang jauh-jauh pemikiran kaya gitu karena semakin kamu belajar mata kuliah di ilmu perpustakaan sejujurnya kamu bakal lebih terpukau dan bangga sama jurusan ini.

Jadi untuk yang udah masuk terus jalanin aja kalo emang nantinya di semester 2 atau 3 ga cocok ya mau tidak mau cari jurusan yang sesuai di inginkan. Aku harap semua yang udah masuk jurusan ini bisa terus sampai akhir ngejalaninnya, karena jurusan ini ga seburuk yang orang lain pikir. Prospek kerjanya juga luas dan banyak banget.

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Luas dan banyak banget, yang pasti ga cuma berpaku jadi perpustakawan di perpustakaan, tapi kita bisa kerja di lembaga informasi lainnya. Kita bisa jadi arsiparis di bidang kearsipan, kita bisa kerja jadi kurator di museum dan lembaga informasi lainnya. Lalu, kita juga bisa sebagai programer kalo nantinya mendalami IT, anak ilmu perpus belajar IT dan manajemen. Jadi semisal di masa depan atau udah lulus mau jadi programer kita udah ada sedikit ilmu, kita tinggal memperdalam lagi ilmu tersebut.

Alumni sendiri beragam kerjanya, banyak yang kerja di Perpustakaan Republik Indonesia. Banyak juga yang kerja di kantor ANRI Arsip Nasional Republik Indonesia. Lalu banyak yang kerja di kedutaan, aku dan temen-temen ku sering dapat undangan untuk ikut seminar di kedutaan dari alumni yang kerja di sana. Ada juga beberapa yang kerja di kantor shopee, ada juga yang di kantor, perpustakaan kementrian juga banyak.

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Apa rencana dan harapan kamu setelah lulus?

Berharap banget bisa kerja di Perpustakaan Nasional, ataupun di kantor Anri sendiri, itu udah mimpi dari kecil.

Kode konten: C450

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *