Perpustakaan

Ilmu Perpustakaan UNS (Dian)

Ilmu Perpustakaan UNS (Dian)

halo Intipers! piye kabare? Perkenalkan aku Dian dari jurusan Ilmu Perpustakaan UNS yang termasuk ke Sekolah Vokasi. Angkatan 2018. Ha? Ilmu Perpustakaan. memangnya ada kak? wahh.. mau tau ilmu perpustakaan itu seperti apa? Yuk, Simak Pengalaman aku.

Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Apa sih yang dipelajari di jurusan Perpustakaan UNS? Jaga buku doang?

Ets, jangan salah dong :v

Slide5

pasti banyak anggapan miring kuliah di ilmu perpustakaan itu nggak laku banget, bosenin dan cuma nata buku sama jaga perpus. memang pandangan itu udah nempel banget di luar kepala, apalagi anak-anak sekolah yang punya trauma diuber sama penjaga perpus karena minjem buku tapi diilangin wkakakak. lagi-lagi anggapan kalo perpustakaan itu ga ada masa depannya, punah gtu deh. zaman sekarang kan sudah praktis di google aja bertebaran informasi tinggal klik, copy paste langsung jadi katanya hah? yakin tuh sumber yang kau cari benar? hahh ramasok akal :v

Nah, secara garis besar, program studi ini mengelola suatu perpustakaan yang terdapat informasi yang harus di kelola secara terstruktur. dalam mengelola informasi juga harus pandai lo ga cuman langsung copy paste. dari sini prodiku ini banyak hal yang di pelajari dari Ilmu perpustakaan dasar seperti pengenalan pengadaan buku, klasifikasi , preservasi dan restorasi.

haa? cuman itu doang? belajar bersihin buku gitu juga ada ya? berarti sampul buku juga di pelajari dong? ets! jangan salah itu bagian dari prodi kita lo. memberikan informasi yang sangat terbaik bagi penggunanya. oia selain itu juga , aku belajar tentang pemograman, sistem komputer jaringan , teknik grafika, statistika dan lain sebagainya loo..

Eh bentar? Kok bisa si dapet mata kuliah gitu bukannya itu anak DKV? Gak harus anak  DKV dapet belajar desain. Perpustakaan juga dapet loh. Keren kan, macam pengelolaan informasi digunakan seperti hacker gtu. cielah keren ya. Bisa bikin buku sendiri pula ehehe.

Cuma nata buku aja kok harus kuliah si kak?

sederet pertanyaan yang sering aku temui denger mahasiswa jurusan ilmu perpustakaan semisal nih “alah nanti kamu bakal jadi pustakawan yang duduk di kursi kayak raja, kacamata tebel , muka galak, juddes, hobi marah kalo bukunya di berantakin. sik sebentar, kau pernah nemu quest sakjose  ini menjadi motivasi aku lur “Google can bring you back 100.000 answer a librarian can bring you back the right one” (Neil  Gaiman)

piye si maksudnya lur? pustakawan itu kaya informasi,, lah piye? kita ini dituntut buat up date semua informas. pustakawan itu penjaga peradaban sekaligus ilmu pengetahuan. pustakawan itu mata air ilmu pengetahuan. tanpa perpustakaan dapet dipastikan tidak ada peradaban dan kemajuan. apalagi ini sudah memasuki era 4.0 era milineal bos. semua teknologi itu juga nggak lepas dari peran perpustakaan, karena udah nyimpen ilmu-ilmu para ilmuan. hingga akhirnya di korelasikan sama zaman dan terjadilah teknologi yang keren sekarang.

kata dosen saya “ilmunya orang dulu itu lebih tajam dari orang sekarang soalnya semua perbuatan dilandasi sama ilmu kebatinan dan tentunya perpustakaan itu menyimpan semua teks-teks sejarah, dokumen penting dan beberapa produk masa lampau disimpan rapi di perpustakaan.

Dan di perpustakaan itu nyimpan file yang valid dan bisa di pertanggungjawabkan. generasi milineal yang cerdas harusnya bisa memilih sumber yang benar, nggak cuma copy paste asal terus bikin pemahaman baru tanpa rasa tanggung jawab. Baca juga artikel aku yang berjudul “Cuma Nata Buku aja Kok Harus Kuliah?”. Klik disini

Apa mata kuliah favorit aku di Ilmu Perpustakaan UNS ?

Di antara banyaknya mata kuliah, semuanya baik semua suka. tapi favoritku adalah mata kuliah Dasar Teknologi informasi. karena mata kuliah ini memberi pandangan kepadaku kuliah  di ilmu perpustakaan  itu justru malah sering belajar teknologi, mata kuliah teknologi jadi hal yang wajib. jadi nggak cuma melulu nata buku, melayani peminjaman, ngedenda kalo buku telat balik wkwkwk anak perpustakaan itu nggak ketinggalan jaman pokoknya.

Apa si yang bikin konsentrasi dalam ilmu perpustakaan UNS?

Apa ya? Hem.. tergantung dalam individu mu. sesuai seleramu lur. misal kalau kau suka cara mengelola perpustakaan dan di bekali ilmu komunikasi dan kepemimpinan suatu perpustakaan bisa kau ahlikan dengan mata kuliah “Kehumasan perpustakaan” atau kau bisa juga menyukai desain membuat suatu majalah , photobook , katalog bisa dengan mata kuliah “Teknik grafika” kemudian kalau kau suka dengan otak atik komputer sampe mampus bisa juga mendalami mata kuliah “Dasar Pemograman , Sistem jaringan komputer dan Teknologi informasi perpustakaan”. begitu juga kalau kau suka dengan mengelola sistem perpustakaan itu sendiri dengan mata kuliah “klasifikasi dan katalogisasi”

keren kan? Dan, orang yang emang nggak bener-bener nguasai perpus/sesuai jurusannya bakal kesusahan lo. karena nata buku itu nggak sepele, ada ilmunya. jadi stop bilang nata buku itu harus kuliah!

Tips Dan Trik Menjadi Mahasiswa Baru Ilmu Perpustakaan UNS?

Hemm.. Tips trik ala aku ya.

“Tuliskan rencanamu dengan pensil di atas kertas takdirmu dan berikanlah penghapusnya pada Allah, karena sesungguhnya Ialah yang berhak menghapus beberapa yang belum baik untuk kita dan menggantinya dengan yang lebih baik.”

jadi, ga usah takut jadi mahasiswa perpustakaan lo. keren pokoknya. di jamin deh kamu bakal menemukan kenikmatan Allah yang di berikan kepadamu. walau awalnya ga ikhlas karna di pilih ortu atau takut ga dapet kerjaan. lakoni sek lur. aku ning mburimu :v

Prospek kerja nanti gimana kak?

Profesi ini juga menawarkan sederet challange mengasyikkan. Bisa jadi motivator orang yang dateng ke perpus, menjadi edukator yang jago komunikasi juga menjadi fasilitator semisal pas acara bedah buku gitu. Pustakawan nggak cuma kerja di perpus sekolah. Banyak tawaran pekerjaan menarik semisal di instanti pemerintah, di perusahaan, jadi tenaga pengajar, jadi ahli administrasi atau kearsipan. Jadi apa? Ya bagian ngolah dokumen dong.  Bayangin jadi arsiparis. Apalagi instansi keren, nah kita bisa jadi juru kunci, waw. Karna dokumen itu ibaraturat nadinya instalansi atau perpustakaan. Nah dalam hal ini perlu seorang yang profesional dalam bidang arsip dan pengelolaan dokumen.

sebenarnya banyak hal yang menyenangkan di perpustakaan, buang jauh-jauh anggapan perpustakaan itu ruangan penuh buku berdebu dan horor karena gapernah ada yang ngunjungin, terus penjaga galak dan kenangan buruk perpustakaan lainnya.

Harapan setelah lulus?

jadi pustakawan dong. karena ingin berkonstribusi untuk negeri dan meningkatkan minat baca pastinya. dan perlu diingat juga perpustakaan yang bertahan adalah yang mau belajar dan beradaptasi dengan perubahan zaman. dan saya percaya setiap orang mempunyai cara tersendiri untuk melakukan perubahan. saya sendiri salah satunya dengan menulis.

well, terimakasih juga kepada kawan seperjuangan perpustakaan 2018 kelas B. Selalu menemani hari dimana sambatan itu selalu hal yang wajib bagi kita. Terima kasih kepada Adek tingkat ku yang selalu berdiskusi tentang mata kuliah yang mereka tidak mengerti. Semoga kalian selalu baik ya 🙂

Sekian Dari aku

Teman Curhatmu dari Perpustakaan.

Kode konten: X289

diiiaaannnnn
Teman Curhat Masih Mahasiswa Pintar Tanpa Rekayasa

Komen dibawah! 13

  1. Fahmi Yufrizal Yusuf

    Semangat terus ya kakkkk, tulisannya keren!

  2. Septi Wulandari

    Wadaww memotivasi saya sekalii kak. Penggunaan huruf kapitalnya diperbaiki yaa kak biar makin kecee

  3. Nafi'atul Fadlliyah

    Tulisannya keren kak, tp masih ada yg typoo..
    Keseluruhan oke kak.
    Lanjut terus ya kak.
    Semangat kak bentar lagi lulus.
    Semoga ilmunya barokah.
    Amiin

  4. mega urjuwan

    Kak btw aku dari smk nie kak kalo mau masuk ini pas ujian yg di pelajarin apa aja sih kak??

  5. Ani

    Kak ini jurusannya D3 kan ya?

  6. Rini wulansari

    Kak,, aku sih pengen masuk mata kuliah perpustakaan,, tapi aku takut klo gabisa

  7. Gehaaa

    Kak, di jurusan ini, kita bakal beli buku yang tebel2 gitu gak sih ? Kalo ada, rekomendasi nya dong kak hehe insyaallah pen lulus jurusan ini.

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *