Ilmu Politik

Ilmu Politik itu, Asik!

Ilmu Politik itu, Asik!

Hai! Kenalin, saya Alvira Agatha, Mahasiswi Semester IV Jurusan Ilmu Politik Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung. Ada yang satu kampus? atau satu jurusan? Semoga bertemu yaa!

Tulisan ini sebenarnya menjadi tulisan yang penuh dengan harapan dari saya, untuk siapapun yang baca mengenai Jurusan Ilmu Politik ini dimata orang orang. Semoga berkenan dibaca, ya.

unisa

Sebenarnya, Ilmu Politik itu tidak seperti apa yang selama ini dibayangkan loh. Ada banyak hal menarik yang terjadi dan di rasakan selama belajar Ilmu Politik, serius! Ilmu Politik, merupakan jurusan yang bagi saya itu Ilmu nya luas banget. Karena politik itu tidak berbentuk, jadi cakupannya luas banget. Apalagi, politik adalah hal yang melekat dalam setiap diri manusia. Apapun yang kita lakukan, sebenarnya saat itu juga kita sedang melakukan kegiatan politik.

Menjadi Mahasiswi yang berkesempatan menempuh pendidikan di Jurusan Ilmu Politik, membuat saya sendiri mengenal sisi baik dari Politik itu sendiri. ternyata, pada Hakikatnya politik tidak lah seburuk apa yang selama ini kita lihat. Walau terkadang, hakikat pada politik itu sendiri tak jarang bertentangan dengan praktik politik nya. tapi, Ilmu Politik menyadarkan saya bahwa Kehidupan perlu di telik lebih jauh, bahwa akan selalu ada segenap perjalanan hidup yang harus dipikir secara mendalam dengan resiko yang mau tidak mau harus di hadapi.

Tak hanya belajar tentang Perpolitikan seperti yang selama ini menghiasi layar kaca, tapi Ilmu Politik itu juga mengajarkan kita bagaimana kita menjadi ‘manusia’ seutuhnya, menjadi manusia yang memanusiakan. Hakikat politik, yang dianggap sebagai cara untuk mencapai kebaikan bersama ternyata menyadarkan saya, untuk terus berusaha menjadi manusia yang seutuhnya. Juga, memberi saya kesadaran untuk terus bisa belajar bagaimana menjadi manusia yang memanusiakan manusia lainnya, sesuai hakikat baiknya politik.

pmb2-min

mempelajari ilmu politik, ternyata justru menyadarkan saya bagaimana harusnya bisa menjadi manusia yang terus berfikir untuk menjadi manusia baik, Karena kodratnya manusia itu adalah baik. dan dunia Politik juga terus membutuhkan peran orang orang baik.

Mata kuliah yang didapat, tak selalu tentang politik praktis kok. Saya belajar tentang perubahan sosial, saya belajar tentang dunia antropologi, saya juga belajar bagaimana politik dalam hukum agama tanpa maksud mencapuradukan agama dengan politik. Di Ilmu Politik, saya mengerti bahwa Agama dan Politik harus berjalan bersama, bukan dicampuradukan seenaknya.

Kegiatan berkesan selama Menempuh pendidikan di jurusan Ilmu Politik, ngga hanya debat aja loh! tapi, saya merasakan bagaimana terjun langsung ke masyarakat yang masih menganut dan menghormati adat istiadat  ditengah tengah kota yang dianggap modern. saya juga mempunyai melakukan terjun langsung berdiskusi dengan para orang orang partai, menyampaikan aspirasi langsung, yang hal tersebut merupakan bagian tugas dari mata kuliah, loh!

dan Jadi mahasiswa politik tak selalu melelu akan menjadi anggota dewan, namun, lulusan lulusan Ilmu Politik Perlu menjadi anggota anggota di parlemen. Mengapa? Sebagai seseorang yang menempuh pendidikan, kita pasti dibutuhkan untuk membawa Bangsa dan Negeri kita menjadi lebih baik, dan berusaha semaksimal mungkin membawa perpolitikan Indonesia terutama kembali pada hakikat baiknya. Namun, menjadi anggota dewan bukan satu satunya tujuan dari generasi generasi Ilmu Politik!

Ilmu politik, sama keren dan sama hebatnya loh dengan jurusan jurusan lain. Saya percaya, Setiap jurusan tentu punya baik dan positifnya sendiri, begitu pun dengan Ilmu Politik. Ilmu Politik tidak hanya akan selalu belajar tentang perpolitikan, tapi juga tentang manusia, hubungan sosial, keadaan dan situasi suatu negara bahkan tempat. di Ilmu Politik, khususnya Universitas Islam Neger Sunan Gunung Djati Bandung, akan ada 4 fokus nantinya, yang insyaAllah akan ada Politik Indonesia, Politik Internasional, Politik Islam, dan Politik lokal. Hal hal tersebut juga pasti sebagai bentuk upaya untuk mencetak generasi yang melek politik, dan mau untuk berkontribusi kepada Bangsa dengan salah satunya, memahami politik dan mempraktikannya dengan baik.

Ilmu Politik, tidak pernah seburuk yang di bayangkan kok. Ditunggu ya!

Kode Konten: K0038

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *