Ilmu Politik

Ilmu Politik Universitas Jambi (Reinhadt)

Ilmu Politik Universitas Jambi (Reinhadt)

Halo intipers semua! Perkenalkan nama saya Reinhadt P. Antonio dari jurusan Ilmu Politik Universitas Jambi. Yah, Jambi sebuah provinsi yang tepat berada ditengah-tengah pulau Sumatera guys hehe. Kali ini saya mau berbagi pengalaman selama kurang lebih tujuh semester di Ilmu Politik Universitas Jambi. Konon katanya anak ilmu politik itu sering demo, nongkrong, ngopi, suka debatlahinilah, itulah. Yuk kita bahasa sama-sama! Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat saya balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok, pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Mas, gimana sih kuliah di jurusan Ilmu Politik Unja seram gak ya ? apa iya mahasiswanya cuman taunya demo-kritik pemerintah, demo-kritik pemerintah, demo lagi, demo lagi?

Betul kita juga kadang ngerasain stigma yang begitu, dibilang suka demolah, kritik pemerintah lah, suka nongkrong sana-sini. Soo, kita gak ambil pusinglah terkait hal itu, namanya persepsi ya belum tentu sama dengan fakta dilapangan. Karena politik itu gak harus selalu berkaitan dengan parpol, pemerintah, negara, anggota dewan dsb. kita beranggapan bahwa politik itu sebuah cara mencapai tujuan, jadi berkaitan dengan kehidupan sehari-hari kita. Misal, kita minta uang jajan lebih dengan orangtua kita gimana sih cara kita komunikasi, gimana strateginya supaya diberi uang jajan lebih itu udah termasuk proses politik. Contoh sederhananya kira-kira begitulah. Intinya ga seseram yang kita bayangkan deh, biasanya anak Ilmu Politik itu punya banyak teman, public speaking nya jago, punya jiwa kepemimpinan, tentunya idola deh. Kenapa bisa gitu mas? Pokoknya mahasiswa Ilmu Politik Unja itu beda banget deh dari mahasiswa jurusan lainnya. Yuk kita bahas lebih jauh!

Mas, apa aja sih yang dipelajari di jurusan Ilmu Politik Unja?

Ilmu Politik itu sebenarnya jurusan yang mempelajari proses sosial secara luas, gak kaku. Ada banyak hal menarik yang bakal kita temukan ketika kuliah di Ilmu Politik, secara sederhana Politik dapat diartikan sebagai cara atau seni seseorang maupun kelompok dalam mencapai tujuannya. Betul memang, secara ruang akademis kita selalu dikaitkan dengan pembahasan negara, partai politik, pemerintahan, perubahan sosial, pemilihan umum, kebijakan public, geopolitik, ekonomi, gerakan sosial, sosiologi dan antropologi bahkan filsafat pun kita bahas diruang kelas. Pastinya seru kan? Hehe.

promo-web

Disisi lain, kuliah di Ilmu Politik bakalan dekat dengan masyarakat, diajarin public speaking yang baik, analisis sosial, menulis opini/artikel yang berkaitan dengan fenomena sosial politik terhangat. Makanya enggak heran anak Ilmu Politik Unja itu terkenal banyak penulisnya, aktivis dan sosok berpengaruh di kampus. Ya walaupun terkadang di cap “mahasiswa sering demo”, demo itu menurut kita merupakan suatu keresahan tak terbendung deh terkait sebuah permasalahan atau fenomena sosial. Apalagi sekarang lagi nge-trend tu pembahasan Revolusi Industri 4.0.  Nah, kita anak politik pasti memikirkannya, bagaimana pengaruhnya terhadap pendidikan? Gimana efeknya dengan kaum buruh? Perubahan budaya politiknya? Banyak deh!.Sesekali kita juga diundang diskusi menyusun strategi pemenangan diorganisasi internal kampus (Badan Eksekutif  Mahasiswa, Partai Mahasiswa, MAM, Himpunan Jurusan, dsb). Asyik kan!

Terus mata kuliah favoritnya mas ceritain dong? Tugas kuliahnya gimana padat enggak?

Dari sekian banyak mata kuliah di Ilmu Politik Unja, ada beberapa mata kuliah yang paling aku sukai. Pertama, mata kuliah komunikasi politik. Dalam mata kuliah komunikasi politik kita mempelajari bagaimana cara berkomunikasi yang tepat, menganalisa siapa dan bagaimana lawan bicara kita, setelah dianalisa dan memastikan lawan bicara ikut dalam irama, baru kita memasukkan pesan politik apa yang menjadi tujuan kita. Asyik kan? Kemudian kita diajarin cara meyakinkan seseorang maupun kelompok, oleh karena itu anak Ilmu Politik dijuluki “joker” bisa masuk ke semua lini.

Kedua, mata kuliah perbandingan politik singkatnya mata kuliah ini menjelaskan perbandingan sistem politik pemimpin antar pemimpin dan negara antar negara. Kita dapat membahas kenapa sih Amerika menjadi menjadi negara yang berpengaruh?, kenapa negara Cina produk dagangnya bisa masuk dan diterima oleh banyak negara? Alasan kenapa tertarik dengan kedua mata kuliah tersebut selain mengasah kemampuan diri sendiri, kita bisa melihat situasi politik daerah tertentu tanpa harus datang kesana tentunya dengan banyak membaca buku ya!

Kalau bicara tugas kuliah, biasanya anak Ilmu Politik Unja itu tugasnya lebih santuy lah dari mahasiswa jurusan lain. Yah, namanya anak sosial gak pake praktikum di laboratium segala. Ya laboratium kita masyarakat. Tugasnya bisa berupa makalah, review jurnal, dan resume yang berkaitan dengan fenomena sosial politik terhangat.

Mas, gimana sih tipsnya jadi maba dan kuliah di jurusan Ilmu Politik Universitas Jambi?

Kalo diminta tips kuliah di Ilmu Politik? Mungkin aku bisa kasih pengalaman selama hampir 8 semester kuliah di Ilmu Politik Unja kali ya. Meski IPK ga tinggi-tinggi amat, tapi jadilah pernah ikut event nasional di Jogja karena Ilmu Politik hehe intinya selalu ikhtiar deh. Beberapa tipsnya :

  • Perbanyak diskusi antar teman fakultas lain dan senior, selain kita bisa bertukar pikir kita bakal dapat akses informasi duluan apalagi terkait perkembangan perkuliahan kedepannya. Ya gapapa deh nongki dikantin, asal pembahasan nya jelas.
  • Ikut event nasional atau lomba antar kampus, ini bisa mengembangkan diri dan menambah jejaring pertemanan kita. Oiya satu lagi lumayan kan jalan-jalan dibiayain kampus hehe.
  • Gabung organisasi internal atau eksternal kampus. Sebenarnya semua organisasi sama aja sih, cuman beda visimisi dan programnya saja. Ikut organisasi ini penting. Disana kita bisa praktik manajerial,kepemimpinan,daketika organisasi dan public relations. Ya kalo banyak  teman dan bisa ketemu tokoh penting itu sebagian dari  Yang terpenting itu mengembangkan diri!
  • Rajin baca buku dan update Jadi gini, politik itu kan gak berwujud nih beda dengan jurusan lain misal pertanian ya praktikum di lahan guna menghasilkan tanaman yang baik. Jelas beda, ranahnya kita ya seputar sosial politik, oleh karena itu kita dituntut update berita terkini. Kemudian, informasi terhangat yang sedang terjadi bisa kita analisa dari teori-teori dalam buku. Ya setidaknya bisa ngasih solusi sedikitlah tentang apa yang menjadi permasalahan sosial dan politik. Walaupun rajin baca buku jangan langsung berpuas diri ya, terus mengasah diri!

Prospek kerja ilmu politik universitas jambi dan Alumni biasanya dimana?

Prospek kerja lulusan Ilmu Politik sangatlah luas, bisa di instansi, perusahaan maupun organisasi sosial dsb. Kembali lagi, konsep sebuah politik adalah  cara merubah suatu keadaan tidak selalu berorientasi kepada kekuasaan. Kita anak ilmu politik itu fleksibel. Ada banyak sektor yang bisa kita masuki kedepannya; akademisi/dosen, peneliti sosial biasanya di lembaga think thank, konsultan politik,aktivis sosial. Bisa juga berkarir yang bersifat non-peneliti misalnya; ASN  (Aparatur Sipil Negara), Diplomat, BUMN, lembaga pemberdayaan masyarakat dan juga pengusaha. Jadi, lulusan Ilmu Politik itu gak selalu bicara politik praktis guys. Tak disangka-sangka perusahaan swasta membutuhkan lulusan Ilmu Politik loh, biasanya untuk mengisi bidang CSR (Corporate Social Responsibillity) mengurusi keharmonisan hubungan antara perusahaan dan masyarakat sekitar. Kebetulan saya baru selesai magang di Perusahaan Hutan Tanaman Industri bagian public relations atau humas. Jadi dapat bocoran dari pimpinan nya, ternyata lulusan sosial politik itu strategis loh. Bayangkan deh kita berkarir selalu berhubungan dengan masyarakat. Seru kan!

Harapan dan rencana setelah lulus?

Jujur ya, secara pribadi saya sendiri kurang tertarik begitu lulus langsung terjun ke politik praktis karena butuh pertimbangan yang matang. Jadi untuk prospek kedepan memulai berkarir dibidang public relations baik itu lembaga pemerintah maupun swasta. Selain itu, Ilmu Politik juga berkaitan dengan pemberdayaan masyarakat, jadi harapannya kedepan bisa berkarir di NGO yang fokusnya pemberdayaan masyarakat. Apalagi sekarang memasuki era Revolusi Industri 4.0 kompetisi semakin ketat, kita anak Ilmu Politik diharuskan bekerja dengan kedua tangan. Tangan kanan untuk investasi sosial dan materil, tangan kiri untuk berpolitik mewujudkan masyarakat yang sejahtera. Tentunya penuh integritas ya!

Kode Konten: X146

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *